Saturday, January 31, 2009

Obersturmführer Horst 'Hans' von Reichardt (1926- ), Prajurit SS Dengan Nama Samaran!

Divisi Panzer SS ke-12 Hitlerjugend


Horst von Reichardt sebagai seorang kadet Waffen-SS


Horst von Reichardt di rumahnya yang nyaman, memakai seragam pasukan Panzer SS, 1998


Oleh : Alif Rafik Khan

 

Horst von Reichardt dilahirkan pada bulan Maret 1926 di Stettin, Jerman. Dia bergabung dengan Waffen-SS saat usianya masih 17 tahun. Setelah menyelesaikan latihan dasarnya, dia dikirim ke Sekolah Pelatihan Panzer di Sennelager dimana dia dilatih menggunakan Panzerkampfwagen V Panther. Selanjutnya, Reichardt ditugaskan di sebuah unit Panzer yang bertempur di front Timur. Seiring dengan semakin memburuknya situasi di sana dan tentara Jerman terdesak dimana-mana oleh pasukan Rusia, banyak unit-unit Jerman yang tercerai berai karena situasi yang kacau dan juga karena kehilangan banyak anggotanya, termasuk unit tempat Reichardt bergabung. Unitnya kemudian ‘disisipkan’ ke dalam Divisi Panzer SS ke-12 Hitlerjugend dimana mereka bertempur mati-matian dalam usahanya untuk mencapai Austria dan garis pertahanan Amerika.


Setelah menyerah, Reichardt dikirim ke penjara Flossenberg dimana disana dia menjadi saksi akan ribuan kameradennya yang meninggal akibat sakit dan kelaparan di tangan Sekutu yang memperlakukan pasukan SS seakan sebagai ‘sampah’. Tapi Reichardt berhasil mengatasi semua itu meskipun ketika dibebaskan setahun kemudian, tubuhnya telah kurus kering akibat kurang gizi. Setelah gagal berkali-kali dalam pekerjaan yang dilakukannya, dia bersama istrinya akhirnya dipaksa oleh keadaan untuk meninggalkan Jerman demi mencari penghidupan yang lebih baik di negara yang dulu menjadi musuh beratnya, Amerika. Sampai sekarang Reichardt masih tinggal bersama keluarga dan keturunannya disana, dan menjadi anggota kehormatan dan juga penasihat sebuah grup latihan perang bernama ‘Kampfgruppe 12th SS Hitlerjugend’.


Horst von Reichradt pun sebenarnya merupakan nama samaran demi untuk melindungi keselamatan diri dan keluarganya di tanah yang masih memendam permusuhan terhadap Nazisme dan orang-orangnya. Yang kita ketahui hanyalah nama pertamanya, Hans...


Melihat dari foto di masa tuanya, saya berkesimpulan bahwa Reichardt adalah penerima Eiserne Kreuz 2 & 1 klasse (Iron Cross 2nd & 1st class, atau Salib Baja kelas kedua dan pertama), Panzer Badge, dan Verwundetenabzeichen (Wound Badge, atau Lencana Luka). Satu lagi medali di sebelah Panzer Badgenya terlalu kabur untuk diketahui, walaupun gambarnya telah saya besarkan jutaan kali sampai sebesar mikroskopik (hehehe... becanda)!!! Yang jadi pertanyaan adalah : apakah itu medali yang benar-benar dia peroleh hasil dari kepahlawanannya di medan laga ataukah hanya sekedar dekorasi di seragam hari tuanya? Menurut saya, itu hanya penghias saja, soalnya seragam yang dia kenakan adalah seragam perwira (Sturmbannführer, atau Mayor), sedangkan pangkat tertingginya dalam peperangan hanya sampai Obersturmführer (Letnan  Satu). Entahlah!



 

No comments: