Wednesday, February 3, 2010

Lelang Buku Harian Josef Mengele, 'Sang Malaikat Kematian'!

Foto Josef Mengele sebelum perang


Foto langka Josef Mengele (kiri) bersama para perwira SS yang bertugas di Auschwitz tahun 1944, di antaranya Rudolf Höss (2 dari kiri) dan komandan kamp Josef Kramer (2 dari kanan)


Lelang benda-benda bersejarah memang selalu menarik perhatian. Tak terkecuali barang-barang peninggalan Nazi. Nah, rencananya Rumah Lelang Alexander Autographs di Connecticut, berencana melelang buku harian Josef Mengele, bulan Maret 2010.

Mengele yang mempunyai julukan 'Malaikat Kematian', adalah dokter yang bertugas di Kamp Konsentrasi Auschwitz. Selama bertugas di Auschwitz, Mengele beberapa kali melakukan eksperimen terhadap tahanan Yahudi, tanpa sekalipun melakukan proses anastesi atau pembiusan terhadap pasiennya. Hasil eksperimen tersebut kemudian Mengele tulis dalam buku hariannya.

Mengele disebut-sebut bertanggung jawab atas tewasnya sekitar 400.000 tahanan Yahudi di Auschwitz. Paska Perang Dunia II, Mengele kabur ke Brasil dan menetap disana. Mengele kemudian menjadi buronan Nazi paling dicari selama beberapa dekade.

Mengele akhirnya wafat tahun 1979 akibat serangan stroke saat sedang berenang. Namun 13 tahun kemudian, hasil test DNA meragukan kesahihan identitas Mengele!

Juru lelang Alexander Autographs sendiri menolak membeberkan nama penjual buku harian Sang Malaikat. Namun menurut sang juru lelang, si penjual mempunyai hubungan dekat dengan Sang Malaikat, dan saat ini tinggal di Jerman.

Bill Panagopulos, Presiden Rumah Lelang Alexander mengatakan, dirinya tidak bersimpati sama sekali terhadap Sang Malaikat. Meski begitu, "Buku harian tersebut menjadi sangat penting sebagai saksi bisu dari suatu sejarah," imbuh Panagopulos.

Pelelangan buku harian Sang Malaikat ini, diharapkan mampu menarik minat kolektor benda-benda Nazi untuk membelinya dengan harga tak kurang dari $ 40.000 atau sekitar Rp 600 juta.


Sumber :
www.holocaustresearchproject.org
www.kontan.co.id
www.thattheboneyouhavecrushedmaythrill.blogspot.com


No comments: