Friday, August 26, 2011

Foto Mobil Mercedes-Benz Era Third Reich

MERCEDES-BENZ TYP STUTTGART 260 (1929-1934)


Oberstleutnant Georg Zwade (Kommandeur II.Bataillon / Infanterie-Regiment 76 / 20.Infanterie-Division) memberi hormat sambil berdiri di atas mobil
Mercedes-Benz Typ Stuttgart (W11) dalam sebuah acara parade yang diselenggarakan di Hamburg-Altona tahun 1938. Tidak ada keterangan kapan persisnya parade ini diadakan, tapi yang jelas Zwade sendiri menjadi Komandan Batalyon Kedua dari tanggal 12 Oktober 1937 s/d 10 November 1938. Nantinya dia mengakhiri perang dengan pangkat Generalmajor

-----------------------------------------------------------------------------------

MERCEDES-BENZ 170


Penampakan mobil Mercedes Benz 170 v dalam sebuah foto yang dibuat pada tahun 1942. Perwira Wehrmacht yang duduk bersebelahan dengan seorang warga sipil di jok depan mobil adalah Generalmajor Franz Krätzer (Kommandant Mühlhausen / Alsace), jenderal Heer keturunan Austria yang menghabiskan sebagian besar karir militernya di Wehrmacht sebagai perwira di wilayah pendudukan Jerman

-----------------------------------------------------------------------------------

MERCEDES-BENZ 230 CABRIOLET B



 SS-Untersturmführer dan SS-Kriegsberichter Franz Seraphicus Roth (5 April 1911 – 17 Maret 1943) adalah seorang fotografer asal Austria yang pernah bekerja sebagai reporter foto lepas di Associated Press. Karir militernya sendiri telah dimulai dari sejak sebelum perang, saat dia - sebagai seorang jurnalis Austria yang bekerja pada suratkabar Jerman - meliput peristiwa invasi Italia atas Ethiopia serta Perang Saudara Spanyol. Roth bergabung dengan SS tak lama setelah Anschluss (penyatuan Jerman-Austria), dan ketika Perang Dunia II pecah dia memutuskan untuk menjadi seorang SS-Kriegsberichter (Koresponden Perang SS). Pada saat itu dia juga nyambi bekerja di dua tempat: Kementerian Propaganda Goebbels dan sebagai editor foto Associated Press, kantor berita Amerika Serikat (Departemen Foto AP menjalin kerjasama resmi dengan pemerintahan Nazi Jerman di tahun 1930-an, dan bekerja di bawah lindungan Kementerian Propaganda Jerman). Roth bergabung dengan Kriegsberichterstatter-Zug dari Leibstandarte SS, dan ditugaskan untuk mengiringi SS-Aufklärungs-Abteilung LSSAH (SS-Sturmbannführer Kurt Meyer) dalam kampanye militer di Yunani dan Uni Soviet tahun 1941. Roth juga ikut meliput Leibstandarte saat masa pemulihan di Prancis di pertengahan tahun 1942, dan akhirnya dalam pertempuran di sekitar Kharkov di awal tahun 1943. Atas keberaniannya bertugas di front terdepan pertempuran, Roth dianugerahi medali Eisernes Kreuz II.Klasse pada tahun 1941, dan dipromosikan menjadi SS-Untersturmführer (Letnan Dua) pada bulan September 1942. Franz Roth tewas pada tanggal 17 Maret 1943 setelah mengalami luka serius dalam Pertempuran Kharkov. Pada saat itu dia sedang meliput Kampfgruppe "Meyer" pimpinan Kurt Meyer (Meyer sendiri menyebutkan tentang kematian Roth dalam buku memoarnya, "Grenadiere"). Roth meninggalkan lebih dari 120 rol film, yang kemudian menjadi salah satu rujukan utama para sejarawan Perang Dunia II, dan kini tersebar luas di banyak publikasi serta media massa lainnya. Album peninggalannya mengandung lebih dari 600 buah foto, yang kini disimpan oleh National Archives (NARA) di Washington D.C., Amerika Serikat. Jenazah Roth sendiri dikebumikan di pemakaman Heldenfriedhof Askold yang terletak di pinggiran sungai Dnieper di Kiev, Ukraina. Secara anumerta dia mendapatkan Eisernes Kreuz I.Klasse pada tanggal 25 Maret 1943. Foto berwarna asli ini memperlihatkan Franz Roth saat Unternehmen Barbarossa (penyerbuan Jerman atas Uni Soviet) di musim panas tahun 1941. Mobil yang dikendarainya adalah Mercedes-Benz 230 Cabriolet B

-----------------------------------------------------------------------------------

MERCEDES-BENZ 320 PULLMAN LIMOUSINE

6 Juli 1940: Rakyat Jerman menyambut dengan penuh sorak-sorai para pemimpin mereka yang berdiri di balkon bangunan Neue Reichskanzlei (Berlin) yang menghadap Wilhelmplatz, yang baru saja meraih kemenangan gilang-gemilang di Front Barat melawan pasukan Sekutu. Hitler sendiri baru saja balik ke Berlin dari masa tinggalnya di Führerhauptquartier Tannenberg, Schwarzwald, yang berlangsung selama seminggu (28 Juni s/d 5 Juli 1940). Dari kiri ke kanan: Generalfeldmarschall Hermann Göring (Oberbefehlshaber der Luftwaffe), Adolf Hitler (Führer und Reichskanzler), Großadmiral Erich Raeder (Oberbefehlshaber der Kriegsmarine), Generaloberst Walther von Brauchitsch (Oberbefehlshaber des Heeres), Joachim von Ribbentrop (Reichsminister des Auswärtigen), dan Generaloberst Wilhelm Keitel (Chef Oberkommando der Wehrmacht). Dua orang yang berada di ujung kanan kemungkinan adalah awak kamera. Sebuah mobil terlihat nangkring di bawah balkon. itu adalah Mercedes-Benz 320 Pullman Limousine (1937)

-----------------------------------------------------------------------------------

MERCEDES-BENZ L1500


Generalleutnant Hermann Balck (Führer Panzergrenadier-Division "Großdeutschland") duduk di kursi depan mobil Mercedes-Benz L1500A-s Kfz 70 dalam sebuah perjalanan di wilayah Kharkov, Ukraina, akhir musim semi tahun 1943. Kendaraan multi-fungsi ini telah mendapat sentuhan cat kamuflase dari jenis Dunkelgelb RAL 7028 yang disemprotkan di atas cat dasar abu-abu gelap. Ritterkreuzträger (peraih medali Ritterkreuz des Eisernen Kreuzes) di belakang Balck adalah Oberstleutnant Karl Lorenz (Kommandeur Grenadier-Regiment "Großdeutschland"). Balck sendiri menjadi Führer (Komandan sementara) Panzergrenadier-Division "Großdeutschland" dalam kurun waktu antara 19 Mei s/d 10 Juni 1943


Benda-benda di atas adalah kepunyaan dari seorang veteran tentara Amerika dalam Perang Dunia II yang berasal dari New Mexico. Dia mencabut benda-benda ini dari sebuah mobil Mercedes-Benz Wehrmacht di akhir perang, yang di antaranya terdiri dari : panji, simbol Mercy (bukan Partai Demokrat!) dan ornamen atap

----------------------------------------------------------


Para anggota Kriegsmarine yang memakai seragam tropis sedang duduk-duduk di atas Mercedes-Benz 170V

Para polisi di atas truk Mercedes-Benz (kemungkinan model N-46). Perhatikan nomor polisi Polizei-nya!

Polizei berpose dengan Mercedes-Benz 170 V Offener Tourenwagen yang langka!


Foto-foto ini diambil dari album seorang perwira yang berasal dari 16.Infanterie-Division (motorisiert). Mobil Mercedes-Benz 170V Cabrio-Limousine yang ada di foto ini telah menempuh perjalanan yang begitu panjangnya sampai mencapai Kalmykia di Rusia Selatan. Foto di atas sendiri diambil di bulan Juli/Agustus 1942 dalam perjalanan ke Kaukasus



Mercedes-Benz L3750


Mercedes-Benz 170 Kabrio-Limousine


Mercedes-Benz L6500. Truk ini adalah kendaraan yang biasa digunakan oleh GTR (Grosstransportraum) dan mempunyai kapasitas mesin diesel 135 bhp dan 12528 cc


Mercedes-Benz L1000. Mobil jenis ini diproduksi dari tahun 1929 sampai dengan 1936


Mobil truk Mercedes-Benz versi awal dari provinsi Hessen-Nassau (perhatikan nomor mobilnya: IT). Foto ini diambil tahun 1920-an atau awal 1930-an, yang jelas sebelum Nazi naik ke tampuk kekuasaan


Mercedes-Benz L3000 S


Mercedes-Benz L3000 sedang ditarik keluar dari jebakan lumpur Rusia yang ganas


Mercedes-Benz 170 V Cabriolet-Limousine. Nomor Polisi IM menunjukkan Provinz (propinsi) Sachsen


Mercedes-Benz 200 Lang Cabriolet B. Ini adalah kendaraan dengan wheelbase mulai dari 3050mm. Nomor polisinya menunjukkan bahwa mobil Mercy ini berasal dari Bayern, Reg-Bezirk Pfalz (IID)


Mobil Mercedes-Benz ini berasal dari tipe Limousine 230 atau 260D, kedua tipe yang bagian luarnya sama persis sehingga sulit diketahui perbedaannya!


Seorang prajurit Wehrmacht berpose bersama dengan Mercedes-Benz 290 Cabriolet B (perhatikan spatbor di belakang bemper depannya!). Tutup mesin mobil dan kaca jendela depannya berbeda dengan jenis Mercedes lain, juga potongan coraknya yang tampaknya telah dimodifikasi sehingga berbeda dengan sindelfinger (bodi) asli keluaran pabriknya


Masih Mercedes-Benz 290, meskipun tidak jelas apakah dia dari jenis 290 (1933-36) atau 290 Lang (1934-37)


Adolf Hitler di atas mobil Mercedes-Benz Grosser W07 Offener Tourenwagen. Mobil jenis ini diproduksi dari tahun 1930 s/d 1938, dengan total jumlah produksi 117 buah. Hitler menggunakan beberapa buah mobil jenis ini dengan nomor polisi yang identik (IIA-19357). Mobil pertama dia gunakan pada tahun 1934 dalam perayaan ulang tahunnya saat dia memimpin konvoy, juga di Leipzig, Berlin dan di Nürnberg. Mobil kedua (foto di atas) dia gunakan pula di tahun 1934 dan tahun berikutnya. Tahun 1936 dia menggunakan mobil ketiga tapi dengan nomor polisi IZ-57501, dan mobil keempat (Berlin 1936) dengan nomor polisi IIA-19356. Mobil terakhir dia gunakan juga di Stuttgart tahun 1938


Adolf Hitler di atas Mercedes-Benz G 4 (6x4), diikuti oleh bodyguardnya yang juga menaiki mobil jenis yang sama

General der Infanterie Siegfried Haenicke (61.Infanterie-Division) di atas mobil staff Mercedes-Benz


Sumber :
Foto koleksi pribadi Larrister
Foto koleksi pribadi S.PaK (Patrick)
Foto koleksi pribadi Tim de Craene
www.autogallery.org.ru
www.ebay.de
www.wehrmacht-awards.com

www.ww2colorfarbe.blogspot.com

No comments:

Post a Comment