Tuesday, August 21, 2012

Foto ZG 1 (Zerstörergeschwader 1)


Para perwira dari I.Gruppe / Zerstörergeschwader 1 (I./ZG 1) berfoto bersama di masa-masa awal pembentukan unit mereka, bulan Mei 1939. Beberapa calon Ritterkreuzträger (peraih medali Ritterkreuz des Eisernen Kreuzes) yang bisa diidentifikasi adalah: (5) Oberleutnant Walter Ehle (Staffelkapitän 3. Staffel. Ritterkreuz tanggal 29 Agustus 1943 sebagai Major dan Gruppenkommandeur II.Gruppe / Nachtjagdgeschwader 1); (6) Oberleutnant Martin Lutz (Staffelkapitän 1. Staffel. Ritterkreuz tanggal 1 Oktober 1940 sebagai Hauptmann dan Staffelkapitän 1. Staffel / I.Gruppe / Zerstörergeschwader 1); (10) Leutnant Max-Hellmuth Ostermann (Flugzeugführer di I. Gruppe. Ritterkreuz tanggal 4 September 1941 sebagai Leutnant dan Flugzeugführer di 7.Staffel / III.Gruppe / Jagdgeschwader 54 "Grünherz", Eichenlaub #81 tanggal 12 Maret 1942 sebagai Oberleutnant dan Staffelkapitän 7.Staffel / III.Gruppe / Jagdgeschwader 54 "Grünherz", serta Schwerter #10 tanggal 17 Mei 1942 sebagai Oberleutnant dan Staffelkapitän 7.Staffel / III.Gruppe / Jagdgeschwader 54 "Grünherz"); (16) Leutnant Wolfgang Schenck (Flugzeugführer di I. Gruppe. Ritterkreuz tanggal 14 Agustus 1941 sebagai Oberleutnant dan Staffelkapitän 1.Staffel / I.Gruppe / Schnellkampfgeschwader 210, serta Eichenlaub #139 tanggal 30 Oktober 1942 sebagai Hauptmann dan Gruppenkommandeur I.Gruppe / Zerstörergeschwader 1); serta (18) Leutnant Reinhold Knacke (Flugzeugführer di I. Gruppe. Ritterkreuz tanggal 1 Juli 1942 sebagai Oberleutnant dan Flugzeugführer di 3.Staffel / I.Gruppe / Nachtjagdgeschwader 1, serta Eichenlaub #190 secara anumerta tanggal 7 Februari 1943 sebagai Hauptmann dan Staffelkapitän 1.Staffel / I.Gruppe / Nachtjagdgeschwader 1)


Sebuah Messerschmitt Me 210 dengan marking unit “1E+JC” (Werknummer 120013). Sampai dengan saat ini, marking “1E” diperuntukkan bagi Ergänzungsstaffel Zerstörergeschwader 1. Dalam hal tersebut seharusnya huruf keempatnya adalah “E”, sementara pesawat di atas berhuruf “C”. Hal ini menandakan bahwa dia berasal dari Stab II. Gruppe. Kemungkinan bahwa dia dipindahtangankan dari Ergänzungsgruppe ke II./ZG 1 dan hanya huruf terakhirnya yang dirubah. Pita badan kuning memperkuat teori ini karena II./ZG 1 merupakan satu-satunya unit Me 210 yang beroperasi di Front Timur (mereka beroperasi dari Januari s/d Maret 1942 dan berpangkalan di Briansk). Perhatikan pula ukuran berbeda-beda dari huruf markingnya. Huruf pesawat “J” kemungkinan berwarna hijau


Kemungkinan besar karena “lunaknya” benteng karung goni ini sehingga membuat pesawat Messerschmitt Me 210 A-1 “2N+LT” werknummer 0205 (gelb L) dari 9.Staffel / Zerstörergeschwader 1 (ZG 1) tidak menderita lebih dari 40% kerusakan. Pesawat tersebut mendarat darurat dengan sebab yang tidak diketahui saat sedang tinggal landas tanggal 4 Maret 1943 di Gerbini. Kalau saja pagar benteng dalam foto ini terbuat dari bahan yang lebih keras, maka bisa dipastikan para awaknya tidak akan seberuntung itu! Me 210 di atas dilengkapi dengan strip besar putih di bagian badan yang diperuntukkan bagi pesawat-pesawat Luftwaffe di Mediterania. Asal-usulnya sehingga bisa masuk ZG 1 sendiri tidak diketahui. Lapangan udara Gerbini terletak sekitar 10 kilometer sebelah barat Catania, Sisilia (Italia). Benteng karung goni merupakan keumuman di lapangan udara yang terbuka tersebut karena ketiadaan alat pelindung yang lain. Perhatikan bahwa karung goninya mendapat cat kamuflase! III.Gruppe/ZG 1 menggunakan Gerbini sebagai markas terdepan mereka dari bulan Februari s/d Maret 1943


Sumber :
Majalah "Luftwaffe im Focus" edisi No.1 tahun 2002
www.forum.axishistory.com

No comments:

Post a Comment