Saturday, June 22, 2013

Album Foto Eksterior/Bagian Luar U-Boat

Foto ini diambil di dok St. Nazaire dan memperlihatkan sebuah kapal selam Jerman tipe VII C dengan tambahan Flak (senjata anti pesawat udara) dengan detail yang bisa kita telaah lebih lanjut: persenjataan ini terdiri dari sebuah senjata Flak 20mm laras tunggal, dua pasang Flak 20mm laras ganda, dan dua senapan mesin MG 81 Z di menara pengawas bagian depan. Disini kita juga bisa melihat botol-botol udara bertekanan tinggi yang berfungsi untuk menerbangkan balon pengumpan "Aphrodite" di bagian belakang boks berlapis baja dan lapisan metal berlubang di bagian ujung platform


 Foto ini diambil dari bagian haluan kapal selam VII C Snorkel tipe akhir dan memperlihatkan beberapa detail yang menarik: gambar cutout kontainer apung penyelamat bertekanan tinggi terlihat jelas di kanan depan. Kontainernya sendiri sebenarnya tidak terlihat dan bukaannya tertutup oleh plat metal. Nampak di belakangnya adalah batang snorkel deflektor ombak yang tidak didapatkan di banyak U-boat berjenis Snorkel. Perhatikan juga ketiadaan bantalan rel di tempat dimana meriam dek sebelumnya berada


 Foto dari kapal selam VII C Snorkel tipe akhir dengan logo “hantu malam” di atas sampai saat ini tidak diketahui identitasnya, dan logonya sendiri bisa dibilang tidak terdapat dalam daftar logo-logo U-boat yang lebih populer! “Snorkeller” satu ini dilengkapi dengan empat buah kontainer apung penyelamat bertekanan tinggi di depan batang snorkelnya, meskipun tidak ditemukan bantalan rel di tempat dimana meriam dek sebelumnya berada. Dudukan untuk kompas magnet Askania, yang berbentuk lebih kecil dari biasanya dan berdiri sendiri, bisa kita lihat dengan jelas berada di depan menara pengawas. Modifikasi ini diperintahkan untuk ditambahkan kepada kapal-kapal baru mulai tanggal 15 Oktober 1942, juga ke sebagian kapal-kapal lama. Perhatikan bahwa sebagian besar awak U-boat yang Nampak dalam foto ini memakai jaket penyelamat serta topi wol


U-4701, kapal selam tipe XXIII yang pertama kali dibuat oleh galangan kapal Germania di Kiel, mulai “mencicipi” lautan pertama kali tanggal 10 Januari 1945. Kapal satu ini menyediakan contoh yang bagus mengenai masalah kecepatan yang menjadi beban para “pemangku harapan” bagi satuan U-boat tersebut di fase-fase akhir peperangan. Pengerjaannya mulai dilakukan tanggal 19 Oktober 1944 dan selesai tanggal 14 Desember. Kurang dari empat minggu setelahnya, tanggal 10 Januari 1945, kapal tersebut sudah mulai dipersiapkan untuk berlayar di bawah komando Oberleutnant zur See Arnold Wiechmann (Kru X/39). Pelatihan para awaknya dimulai di pangkalan 5. Unterseebootsflotille di Kiel. Sayangnya, pelatihan ini masih belum selesai saat peperangan di Eropa keburu berakhir. Akibatnya, beberapa saat sebelum menyerah, kapal yang dibuat dengan susah payah ini ditenggelamkan oleh awaknya sendiri di lepas pantai Höruphaff (Horuphav), Denmark, demi mencegahnya jatuh ke tangan musuh! Foto di atas, yang diambil saat panji komandan serta bendera perang Reich sedang dikibarkan, jelas memperlihatkan pola rivet lapisan kulit baja menara pengawasnya serta fairing lampu posisi yang lekuknya disesuaikan dengan bodi kapal. Dari semua peralatan di bagian belakang menara pengawas yang dapat ditarik masuk, hanya peilring (DF loop) yang kelihatan. Snorkelnya kemungkinan ditarik masuk demi alasan keamanan. Hanya satu dari dua tiang antena (ASTA-Hand) yang bisa dipanjangkan secara manual yang terlihat nongkrong di dudukannya. Antena tersebut mempunyai panjang 1,8m dengan bagian bawah yang dilapisi karet. Dudukan bagian kirinya tampak kosong. UAK-Kennung (Kode UAK) terdapat di bagian lempengan kecil berbentuk horizontal, dan merupakan cirri pengenal dari ke-47 kapal selam Jerman dari tipe ini


Sumber :
Majalah "U-Boot Im Focus" no.2 tahun 2007

No comments:

Post a Comment