Monday, September 12, 2016

Foto Adolf Hitler dan Kereta Api Pribadinya (Führersonderzug)

FÜHRERSONDERZUG "AMERIKA"

Pada tanggal 3 September 1939 pukul 21:00 Führersonderzug "Amerika" meninggalkan Berlin dan berangkat menuju perbatasan dengan Polandia. Pada pukul 4 September pukul 01:56 kereta tiba di stasiun Bad Polzin (Połczyn-Zdrój). Hitler lalu mengadakan kunjungan ke front terdekat dengan menggunakan mobil. Pada pukul 08:00 paginya, Generaloberst Fedor von Bock (Oberbefehlshaber Heeresgruppe Nord) bersama dengan Generalmajor Erwin Rommel (Kommandeur Führer-Begleit-Bataillon) melapor pada Hitler, dan bertiga mereka lalu pergi melakukan kunjungan ke wilayah sekitarnya. Hitler menaiki Mercedes-Benz W31 tipe G4 beroda enam, sementara staff dan pengawalnya menggunakan enam mobil bertipe sama. Tidak kurang dari 70 mobil yang berada dalam konvoy kendaraan sang Führer yang diisi oleh para perwira tinggi dan pejabat partai Nazi! Kunjungan pertama diarahkan ke markas 4. Armee pimpinan General der Artillerie Hans-Günther von Kluge, dilanjutkan ke markas II. Armeekorps pimpinan General der Infanterie Adolf Strauß yang masih merupakan bagian dari 4. Armee


Lagebesprechung (Perundingan militer) para petinggi Wehrmacht yang berlangsung di dalam kereta api pribadi Hitler yang juga berfungsi sebagai markas berjalannya, Führersonderzug "Amerika", yang saat itu sedang berada di dekat Vistula/Wista (Polandia), 5-6 September 1939. Dari kiri ke kanan: Generalmajor Alfred Jodl (Chef des Wehrmachtsführungsamt), Generaloberst Wilhelm Keitel (Chef der Oberkommando der Wehrmacht), dan Adolf Hitler (Führer und Oberster Befehlshaber der Wehrmacht). Foto oleh Heinrich Hoffmann 



  
Perundingan militer para petinggi Wehrmacht yang berlangsung di dalam kereta api pribadi Hitler yang juga berfungsi sebagai markas berjalannya, Führersonderzug "Amerika", yang saat itu sedang berada di Illnau (Polandia), 12 September 1939. Dari kiri ke kanan: Generalfeldmarschall Hermann Göring (Oberbefehlshaber der Luftwaffe), Generalmajor Karl-Heinrich Bodenschatz (Verbindungsoffizier zwischen dem Oberbefehlshaber der Luftwaffe und dem Führerhauptquartier), Generaloberst Wilhelm Keitel (Chef der Oberkommando der Wehrmacht), Generalmajor Alfred Jodl (Chef des Wehrmachtsführungsamt), Hauptmann im Generalstab Wilhelm "Willy" Deyhle (Adjutant Chef des Wehrmachtsführungsamt), Oberstleutnant Nikolaus von Vormann (Verbindungsoffizier zwischen dem Oberbefehlshaber des Heeres und dem Führerhauptquartier), Adolf Hitler (Führer und Oberster Befehlshaber der Wehrmacht), dan Joachim von Ribbentrop (Reichsminister des Auwärtigen). Dalam pertemuan tersebut, Göring melaporkan mengenai pencapaian Luftwaffe dalam pertempuran di Polandia sampai sejauh ini


 Adolf Hitler (Führer und Oberster Befehlshaber der Wehrmacht) berdiskusi dengan Menteri Luar Negerinya, Joachim von Ribbentrop, di dekat kereta api pribadi sekaligus markas berjalan Hitler, Führersonderzug "Amerika" (nantinya berganti nama menjadi Führersonderzug "Brandenburg" setelah Jerman menyatakan perang terhadap Amerika Serikat di akhir tahun 1941). Di tempat, waktu dan hari yang sama Hitler juga mengadakan pertemuan dengan Generaloberst Wilhelm Keitel (Chef der Oberkommando der Wehrmacht) dan Generalmajor Alfred Jodl (Chef des Wehrmachtsführungsamt). Foto ini diambil oleh Heinrich Hoffmann pada tanggal 13 September 1939 di Gogolin (Polandia), dan foto bawah memperlihatkan bahwa, selain Hitler dan Ribbentrop, nongol juga Walther Hewel (Verbindungsbeamter des Auswärtigen Amtes zum Führer und Reichskanzler) yang pernah bekerja selama beberapa tahun di Jawa!


 Adolf Hitler (Führer und Oberster Befehlshaber der Wehrmacht) berjalan-jalan santai bersama dengan dua orang ajudannya, Hauptmann Gerhard Engel (kiri, Adjutant des Heeres beim Führer und Oberster Befehlshaber der Wehrmacht) dan Oberst Rudolf Schmundt (kanan, Chefadjutant der Wehrmacht beim Führer und Oberster Befehlshaber der Wehrmacht), sementara di sebelah kanan foto sedang ngadu huntu Generaloberst Walther von Brauchitsch (Oberbefehlshaber des Heeres) dan Generaloberst Wilhelm Keitel (membelakangi kamera, Chef Oberkommando der Wehrmacht). Foto ini diambil pada tanggal 13 September 1939 saat kereta api pribadi sekaligus markas berjalan Hitler, Führersonderzug "Amerika", berada di stasiun Gogolin, Polandia, dalam rangkaian tur pemimpin Nazi Jerman tersebut ke medan perang Polandia. Di bagian samping gerbong kita bisa melihat lambang Adler (elang) Nazi dengan inisial "DR", yang merupakan singkatan dari 'Deutsche Reichsbahn' (Jawatan Kereta Api Jerman). Uniknya, lokomotif pertama yang tercatat beroperasi di Jerman pada tahun 1835 juga mempunyai nama "Adler" (Elang)!


Momen langka ini memperlihatkan saat Adolf Hitler berdiskusi dengan para ajudan pribadinya yang mengiringi sang Führer dalam perjalanan keliling Polandia (4-26 September 1939 dan 5 Oktober 1939). Dari kiri ke kanan: Hauptmann Nicolaus von Below (Adjutant der Luftwaffe beim Führer und Oberster Befehlshaber der Wehrmacht), Hauptmann Gerhard Engel (Adjutant des Heeres beim Führer und Oberster Befehlshaber der Wehrmacht), Oberst Rudolf Schmundt (Chefadjutant der Wehrmacht beim Führer und Oberster Befehlshaber der Wehrmacht), Adolf Hitler (Führer und Oberster Befehlshaber der Wehrmacht), dan Reichsleiter Martin Bormann (Persönlicher Sekretär bzw. Stabsleiter des Stellvertreters des Führers Rudolf Hess). Foto ini diambil didekat kereta api pribadi sekaligus markas berjalan Hitler, Führersonderzug "Amerika", yang sedang berada di stasiun Gogolin, Polandia, 13 September 1939


 Adolf Hitler (Führer und Reichskanzler) memberi salam hormat kepada masyarakat Jerman yang menyambutnya di stasiun kereta api Ostmark (wilayah perbatasan Timur), dalam perjalanan menuju Brenner (Austria) untuk bertemu dengan pemimpin Italia Benito Mussolini, tanggal 4 Oktober 1940. Di sepanjang jalan dan di stasiun-stasiun yang disinggahinya, sang Führer mendapatkan sambutan yang meriah dari warga setempat. Perwira SS di bawah lengan Hitler yang memegang kamera adalah SS-Standartenführer Edmund Christoph (Deputi Gauleiter Franz Hofer di Innsbruck/Tirol). Dia mengenakan seragam Allgemeine-SS abu-abu dengan ärmelstraifen (pita lengan) bertuliskan "XXXVI", yang menunjukkan bahwa pemakainya bertugas di SS-Abschnitt XXXVI Salzburg/Innsbruck (foto yang memperlihatkan anggota Allgemeine-SS mengenakan seragam abu-abu tidaklah banyak beredar, dan ini adalah salah satunya!). Foto ini sendiri diambil oleh fotografer pribadi Hitler, Heinrich Hoffmann, dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 6 Oktober 1940


 Adolf Hitler (Führer und Reichskanzler) berkesempatan untuk menyapa para suster DRK (Deutsches Rotes Kreuz) yang menyambutnya di stasiun Laon, dalam perjalanan ke Montoire-sur-le-Loir, Prancis, tanggal 22 Oktober 1940. Di jendela Führersonderzug "Amerika" sebelah kanan, ikut menongolkan kepala NSKK-Gruppenführer Albert Bormann (Chef Hauptamt I und Leiter der Privatkanzlei des Führers in Führerkanzlei), sementara yang berdiri membelakangi kamera paling kiri kemungkinan besar adalah perwira Reichsbahn (Jawatan Kereta Api Jerman). Di bulan Oktober 1940 Hitler berangkat menuju Prancis dan Italia untuk mengadakan pertemuan di tanggal 22 Oktober (dengan Wakil-Presiden Kabinet Prancis Pierre Laval) serta 24 Oktober (dengan Laval dan Marsekal Philippe Pétain) di Montoire, juga tanggal 23 Oktober (dengan pemimpin Spanyol Francisco Franco) di Hendaye, dan puncaknya tanggal 28 Oktober (dengan pemimpin Italia Benito Mussolini) di Firenze. Semuanya ditempuh menggunakan kereta api pribadi Hitler yaitu Führersonderzug "Amerika". Video mengenai perjalanan sang Führer terdapat dalam "Die Deutsche Wochenschau" nomor 530 (30 Oktober 1940), tepatnya dimulai pada menit 14:40


Dari kiri ke kanan: Generalfeldmarschall Wilhelm Keitel (Chef Oberkommando der Wehrmacht), Generalfeldmarschall Walther von Brauchitsch (Oberbefehlshaber des Heeres), dan Adolf Hitler (Führer und Oberster Befehlshaber der Wehrmacht). Foto ini diambil oleh Walter Frentz pada tanggal 25 April 1941, dan diceritakan bahwa mereka bertiga sedang merundingkan situasi terkini di Balkan, dimana pasukan Jerman baru saja meraih kemenangan gemilang disana, sehingga menambah dua negara baru ke dalam wilayah kekuasaannya: Yugoslavia dan Yunani. Dari interiornya, kemungkinan besar mereka sedang berada di dalam Führersonderzug "Amerika", yang merupakan markas berjalan Hitler apabila sedang bepergian ke berbagai tempat. Kampanye militer di Balkan sendiri adalah kali terakhir Hitler menggunakan kereta api tersebut sebagai markas berjalannya, meskipun kesananya sang Führer tetap "berkelana" menggunakan Führersonderzug di sepanjang sisa perang, bolak-balik antara Berlin, Münich, Rastenburg, Vinnitsa, dan Führerhauptquartier-nya yang lain

------------------------------------------------------------------------------

 Sebuah tempat menaruh cawan berpegangan yang berasal dari gerbong makan nomor 10 242 yang merupakan bagian dari kereta api pribadi Adolf Hitler, Führersonderzug "Amerika". Makanan tidak disajikan langsung dari pegangan berbahan alpaka ini, melainkan dari cawan porselen yang pas ukurannya dengan bagian dalam pegangan. Makanan vegetarian merupakan menu favorit Hitler. Selain gerbong nomor 10 242, terdapat pula satu gerbong makan lain bernomor 10 244. Wagen 10 242 nantinya digantikan dengan wagen nomor 10 245. Sebagai konsekwensinya, semua perlengkapan makan berbahan perak, porselen dan metal - yang merupakan properti dari DRG (Deutsche Reichsbahn-Gesellschaft) - dipindahkan ke wagen 10 245. Setiap gerbong di Führersonderzug "Amerika" memiliki perlengkapannya masing-masing, yang semuanya dicap dengan nomor gerbongnya. Khusus untuk gerbong makan, maka yang mengelolanya adalah perusahaan Mitropa Schlafwagen und Speiswagen yang dibayar oleh negara. Semua makanan Hitler diterbangkan secara khusus setiap harinya dengan menggunakan pesawat udara. Berdasarkan kesaksian dari beberapa orang yang pernah dijamu oleh sang Führer di kereta pribadinya, rasa masakannya terbilang lezat dan terbuat dari sayuran yang masih fresh



Sumber :
Buku "Mit Hitler in Polen" karya Heinrich Hoffmann
Foto koleksi pribadi Jerome Healy
www.audiovis.nac.gov.pl
www.forum.axishistory.com
www.hitlerpages.com
www.wehrmacht-awards.com

1 comment:

  1. Model kereta yg dinaikin Om Hitler bagus. Jenis keretanya apa Om??

    ReplyDelete