Unternehmen
Barbarossa, musim panas tahun 1941. Foto berwarna ini memperlihatkan
sebuah perahu penyeberangan yang dibuat dari 8-tonne Brückengerät B
(Bridge Equipment B). Kendaraan yang diangkut adalah ranpur Beute BA 10
tanpa turet hasil rampasan dari Soviet, yang biasa digunakan sebagai
traktor penarik. Bruckengerat B adalah salah satu dari jenis jembatan
ponton Wehrmacht yang paling banyak digunakan. Unit Pionier (Zeni) yang
membawa jembatan ini dilengkapi dengan truk-truk dan kendaraan derek
untuk menarik trailer pembawa ponton, papan kayu, motorboat, dan
perlengkapan lainnya. 16 bagian ponton yang terbuat dari besi diperlukan
untuk membuat satu jembatan utuh, baik secara berpasangan atau
satu-satu. Bila digunakan secara berpasangan, maka panjangnya adalah 54
meter dengan kapasitas 16 ton, sementara bila digunakan secara satuan
maka panjangnya adalah 83 meter dengan kapasitas 8 ton. Bagian dek
dilengkapi dengan undakan besi dan pagar trotoar yang terbuat dari 26
buah papan kayu. Terdapat juga delapan buah bagian penopang yang terdiri
dari papan jalan yang diperkuat dengan tiang besi yang bisa disesuaikan
ukurannya, masing-masing dengan tiga kaki penguat. Hal ini memungkinkan
penyambungan jembatan dengan perahu terapung ketika pinggiran sungai
terletak lebih tinggi dibandingkan dengan jembatan pontonnya, atau
ketika permukaan air di dekat pinggiran sungai terlalu dangkal untuk
mampu mengapungkan ponton. Jembatan ini juga dapat menyesuaikan diri
manakala sungai meluap atau menyurut. Beberapa tipe perahu penghubung
bisa dibuat dengan menggunakan perlengkapan yang sama, dengan sebuah
trailer dengan kabel difungsikan khusus untuk menarik jembatan ini
maju-mundur. Setengah-ponton mempunyai panjang 3,5 meter dan lebar 1,5
meter. Sebuah perahu penghubung yang mempunyai kapasitas 4 ton
memerlukan dua buah setengah-ponton serta satu buah bagian dek jembatan,
sementara perahu ganda dengan kapasitas 8 ton memerlukan empat
setengah-ponton serta dua dek, dan perahu kapasitas 16 ton menggunakan
dua ponton penuh serta dua dek. jembatan ponton penuh Brückengerät B 8
ton atau versi perahu penghubung 16 ton-nya mampu menopang dan membawa
semua jenis kendaraan yang bisa ditemukan di sebuah divisi infanteri
Jerman atau divisi panzer awal perang, termasuk sebuah Panzer IV, meriam
howitzer kaliber 150mm, dan halftrack penarik. Foto ini sendiri pertama
kali dipublikasikan pada tahun 1942 dalam buku "Das Heer im
Grossdeutschen Freiheitskampf" (Angkatan Darat dalam Pertempuran Akbar
Jerman untuk Kebebasan) yang diterbitkan oleh Oberkommando des Heeres
(OKH) untuk pasaran remaja Jerman
Halftrack penarik yang tampak sedang melintasi sebuah sungai kecil dalam foto ini adalah Sd.Kfz.7 mittlerer Zugkraftwagen (8-ton) yang membawa baterai howitzer berat sFH18 kaliber 105mm. Sd.Kfz.7 adalah kendaraan penarik yang paling banyak digunakan oleh Wehrmacht di masa perang, dengan jumlah produksi tercatat sebanyak 10.257 unit. Perhatikan pula jembatan K-Gerät serta kamuflase dedaunan yang digunakan oleh kendaraan diatas! K-Gerät (Kastenträger-Gerät) adalah jembatan bongkar-pasang seberat 16 ton yang terdiri dari tiga bagian ponton atau blok dengan panjang total 78,8 meter. Desainnya merupakan hasil jiplakan dari jembatan Small Box Girder Inggris dan pertama kali dibuat pada pertengahan tahun 1930-an. K-Gerät menggunakan panjang panel yang sama seperti halnya SBG, hanya saja sedikit berbeda dalam hal detail penguatnya. Artikel yang dimuat dalam sebuah majalah militer Jerman terbitan tahun 1943 menjelaskan bahwa jembatan tersebut terutama sekali dipakai di Front Timur bersama-sama dengan tipe jembatan ponton lainnya, dan mengklaim bahwa "jembatan K-Gerät mempunyai performa yang memuaskan. Bentuknya sama dengan jembatan yang digunakan oleh pasukan musuh."
Sumber :Halftrack penarik yang tampak sedang melintasi sebuah sungai kecil dalam foto ini adalah Sd.Kfz.7 mittlerer Zugkraftwagen (8-ton) yang membawa baterai howitzer berat sFH18 kaliber 105mm. Sd.Kfz.7 adalah kendaraan penarik yang paling banyak digunakan oleh Wehrmacht di masa perang, dengan jumlah produksi tercatat sebanyak 10.257 unit. Perhatikan pula jembatan K-Gerät serta kamuflase dedaunan yang digunakan oleh kendaraan diatas! K-Gerät (Kastenträger-Gerät) adalah jembatan bongkar-pasang seberat 16 ton yang terdiri dari tiga bagian ponton atau blok dengan panjang total 78,8 meter. Desainnya merupakan hasil jiplakan dari jembatan Small Box Girder Inggris dan pertama kali dibuat pada pertengahan tahun 1930-an. K-Gerät menggunakan panjang panel yang sama seperti halnya SBG, hanya saja sedikit berbeda dalam hal detail penguatnya. Artikel yang dimuat dalam sebuah majalah militer Jerman terbitan tahun 1943 menjelaskan bahwa jembatan tersebut terutama sekali dipakai di Front Timur bersama-sama dengan tipe jembatan ponton lainnya, dan mengklaim bahwa "jembatan K-Gerät mempunyai performa yang memuaskan. Bentuknya sama dengan jembatan yang digunakan oleh pasukan musuh."
www.ww2colorfarbe.blogspot.com
Nazi jerman membawa banyak teknologi perang yang hebat
ReplyDeleteJerman merupakan negara satu2 nya dijamanya yang penuh dengan banyak inovasi didalam teknologi militer.
ReplyDeletekreasidifabel.blogspot.com