Thursday, June 7, 2012

Oberleutnant Walter Ohmsen (1911-1988), Master Artileri Pantai Jerman di Pantai Normandia!


Oberleutnant Walter Ohmsen adalah kepala baterai artileri pantai Kriegsmarine "Marcouf" (Marine-Artillerie-Abteilung 260) di semenanjung Cherbourg ketika pasukan raksasa Sekutu menginvasi wilayah di sekitarnya dan membuatnya terkepung. Pasukan terjun payung lawan mulai merangsek masuk sementara tembakan artileri dari kapal-kapal penjelajah menghantam baterainya tanpa ampun. Tapi Ohmsen tidak menyerah. Dia bahkan sampai memimpin anakbuahnya bertempur dalam pertempuran satu lawan satu! Baru ketika amunisinya sudah habis, persediaan medis menipis, dan dia sendiri terluka, ia dan anakbuahnya yang masih fit meloloskan diri... dan berhasil! Atas prestasinya tersebut, sang perwira Angkatan Laut dianugerahi Ritterkreuz tanggal 14 Juni 1944


Oleh : Alif Rafik Khan

Walter Ohmsen dilahirkan tanggal 7 Juni 1911 di Elmshorn dan bergabung dengan dinas militer Reichsmarine tanggal 1 April 1929 di Stralsund. Dia menjadi Matrosengefreiter (kelasi kelas dua) tanggal 1 April 1933 dan Bootsmannmaat (kepala kelasi) tanggal 1 September 1934. dari tanggal 12 Desember 1934 sampai dengan 1 Januari 1944 dia menjadi komandan peleton, komandan kompi dan kemudian kepala pelatihan telemetri di Sekolah Artileri Angkatan Laut di Sassnitz. Dia dipromosikan menjadi Oberbootsmannsmaat (kepala kelasi kelas dua) tanggal 1 November 1935 dan Bootsmann (kepala kelasi kelas 1) tanggal 1 September 1936. Dia ditugaskan di lautan di kapal perang Jerman Schleswig-Holstein, kapal latihan Gorch Fock, kapal latihan Carl-Zeiss, kapal torpedo T-153, dan kapal penjelajah Königsberg. Ohmsen meraih pangkat Oberstabsbootsmann (mandor kelasi) tanggal 1 Juli 1940 dan dianugerahi Kriegsverdienstkreuz mit Schwerter tanggal 20 April 1941. Selama penugasannya di Sekolah Artileri Angkatan Laut dia dipromosikan menjadi Kriegsoffiziersanwärter (letnan muda) dan menjadi seorang perwira dengan pangkat Leutnant (M.A.) tanggal 1 Januari 1942 dan Oberleutnant (M.A.). M.A. sendiri merupakan singkatan dari Marine Artillerie (Artileri Angkatan Laut).

Ohmsen ditugaskan sebagai komandan baterai artileri Crisbecq (49°28.8′N 01°17.8′W), yang juga dinamakan sebagai Marine Küsten Batterie "Marcouf" (Baterai Pantai Angkatan Laut ‘Marcouf’) atau Seeziel Batterie "Marcouf" (Baterai Target Laut ‘Marcouf’), tanggal 1 Februari 1944. Dia menjadi komandan dari 2 perwira, 24 bintara dan 287 prajurit Kriegsmarine. Unitnya berada di bawah komando Marine-Artillerie-Abteilung 260 (M.A.A. 260 – Batalyon Artileri Pantai Angkatan Laut 260). Personel baterainya kemudian ditambah pula dengan para anggota 6.Kompanie/Grenadier-Regiment 919 dari 709.Infanterie-Division yang bertugas sebagai awak pertahanan darat di bawah komando Leutnant Geissler. Jadinya, total anggota Baterai “Marcouf” menjadi 400 orang.

Tanggal 6 Juni 1944 jam 5 subuh. Ohmsen adalah orang pertama yang memergoki armada invasi Sekutu melalui alat pencari jarak baterai. Dia langsung melaporkan pengamatannya ke markas Kriegsmarine di Cherbourg, yang langsung menyebarkan peringatan kepada semua instalasi pertahanan yang tersebar di sepanjang pantai Atlantik. Pemberitahuan penganugerahan Ritterkreuz des Eisernen Kreuzes yang diterimanya dan diumumkan di koran-koran Jerman tanggal 15 Juni 1944 juga menyebutkan bahwa Ohmsen adalah orang pertama yang melaporkan akan adanya armada invasi di lepas pantai Normandia. Jam 05:52 dia menerima perintah untuk mulai melepas tembakan terhadap kapal-kapal musuh tersebut, yang saat itu masih berada 17 kilometer jauhnya. Jam 05:55, baterai Ohmsen bertukar tembakan dengan kapal penjelajah USS Tuscaloosa dan USS Quincy, serta kapal perang USS Nevada (semuanya milik US Navy). Jam 06:30 baterainya menembaki kapal penjelajah Amerika USS Corry dan berhasil menenggelamkannya.

Jam 08:00 pagi, tembakan USS Nevada mengenai bunker artileri terdepan dari Baterai “Marcouf”. Kapal perang USS Texas dan USS Arkansas, yang pada awalnya ditugaskan untuk menyediakan tembakan perlindungan terhadap pendaratan tentara Amerika di Pantai Omaha, buru-buru mengintervensi demi mendiamkan baterai di Crisbecq yang “rewel”. Jam 09:00, tembakan terkonsentrasi dari ketiga kapal perang tersebut membuat bunker artileri kedua out of action ketika sebuah peluru artileri dari Nevada menerobos melalui lubang tembakan dan membunuh seluruh awaknya. Senjata-senjata artileri di belakang bunker No.24 berhasil menahan gempuran pemboman dari kapal-kapal musuh meskipun tidak mampu pula mencapai target jauh di lautan sana. Senjata-senjata tersebut mulai beraksi jam 11:00, yang diarahkan ke pantai yang menghadap WN 5 Widerstandsnest 5 (Sarang Perlawanan 5), yang terletak 10 kilometer jauhnya. Tembakan ini menimbulkan korban besar di kalangan tentara Amerika dan mencegah mereka dari mendaratkan pasukan cadangan serta material perang di Pantai Utah.

Unit 1st Battalion, 22nd Infantry Regiment, 4th Infantry Division Amerika memulai gerak maju mereka menuju Saint-Marcouf dan Baterai Crisbecq jam 07:00 pagi tanggal 7 Juni 1944. Setelah serangan pertama, mereka berhasil memasuki Saint-Marcouf tapi kemudian terhenti di depan baterai oleh tembakan senjata-senjata Flak 75mm yang telah dimodifikasi dan kini menembak sasaran-sasaran di darat. Sebuah serangan balasan Jerman yang diarahkan ke samping pasukan Amerika dan didukung oleh senjata-senjata artileri K331 (f) 105mm dari Baterai Azeville (49°27.7′N 01°18.42′W) memaksa Captain Tom Shields untuk mundur. Bersamaan dengan pertempuran sengit di darat ini, duel artileri antara Baterai Crisbecq dan armada Sekutu terus berlanjut. Salah satu senjata Škoda K39/41 210mm telah difungsikan kembali malam sebelumnya. Sekali lagi senjata tersebut kena tembakan dan tetap tidak berfungsi di sisa hari itu. Akibatnya, baterai tersebut menjadi sasaran tembakan Sekutu tiap malam.

Ohmsen dianugerahi Eisernes Kreuz II klasse di pagi tanggal 7 Juni 1944 atas pertahanan tak kenal menyerahnya dalam menghadapi serangan Amerika. Di sore tanggal 7 Juni dia menerima panggilan telepon dari Cherbourg dengan informasi bahwa dia juga diputuskan untuk diberikan Eisernes Kreuz I klasse sebagai tambahan medali yang telah didapat sebelumnya. Ohmsen kemudian terluka di tangan kirinya selama terjadinya pemboman baterai tersebut di siang hari tanggal 8 Juni.

Batalyon pertama Amerika memulai serangan kedua mereka terhadap baterai Ohmsen jam 10 pagi tanggal 8 Juni dan berhasil mengambil kembali desa Saint-Marcouf. Jam 13:30, setelah artileri angkatan laut Amerika membombardir posisi pertahanan Jerman selama 20 menit, serangan dilanjutkan kembali. Tentara-tentara Amerika mampu mencapai batas terluar baterai. Pihak Jerman telah memutuskan untuk mengundurkan diri ke bunker-bunker perlindungan, karena kini meriam 210mm milik mereka telah hancur. Jam 16:00, pasukan Amerika mulai melakukan penghancuran bunker satu demi satu. Melihat kondisi pasukannya dalam keadaan kritis, Ohmsen memerintahkan Baterai Azeville untuk memuntahkan tembakan mereka terhadap posisinya sendiri dengan meriam 105mm untuk menghalau pasukan musuh. Efeknya langsung terasa dan tentara Amerika mundur dalam keadaan kacau balau! Ohmsen mengambil keuntungan dari situasi ini dan melakukan serangan balasan dengan dibantu oleh kompi ke-6 Leutnant Geissler. Serangan ini begitu mengejutkan, dan pasukan Amerika didesak sampai ke Dodainville (sekitar 1,2 kilometer di sebelah tenggara baterai). Korban pihak Amerika mencapai 15% dari kekuatan yang telah mereka kerahkan untuk serangan tersebut, dan 98 prajurit mereka dijadikan tawanan.

Di pagi tanggal 11 Juni Ohmsen telah kehabisan amunisi dan obat-obatan sementara semua meriamnya kini telah dilumpuhkan musuh. Di siang hari dia menerima panggilan telepon dari Konteradmiral Walter Hennecke, yang memerintahkan dirinya untuk engkat kaki dari sana dengan anakbuahnya yang masih tersisa. Dengan meninggalkan 21 orang tentara Jerman yang terluka serta 126 tawanan Amerika di belakang, Ohmsen dan 78 orang menembus kepungan Amerika dan mencapai posisi pasukan Jerman di Aumeville, sekitar 8 kilometer jauhnya. Tanggal 14 Juni, Ohmsen dan anakbuahnya mencapai Baterai Morsalines. Disana dia dianugerahi Ritterkreuz atas prestasi yang telah dicapainya. Ohmsen dan anakbuahnya lalu ditambahkan ke sebuah kompi infanteri dan ikut ambil bagian dalam hari-hari terakhir Pertempuran Cherbourg. Dia menjadi tawanan Amerika di Cherbourg tanggal 26 Juni 1944, dan baru dilepaskan tanggal 15 Maret 1946.

Tanggal 12 Juni prajurit-prajurit dari 9th Infantry Division, yang baru mendarat di pantai satu hari sebelumnya, mempersiapkan mereka untuk menyerang kembali baterai Ohmsen. Jam 08:30 serangan dimulai oleh batalyon kedua dari 39th Infantry Regiment. Tentu saja mereka hanya menemukan baterai yang telah ditinggalkan oleh penghuninya! Secara keseluruhan, pergulatan memperebutkan baterai tersebut menimbulkan banyak korban di kedua belah pihak. Pihak Jerman kehilangan 307 prajuritnya, begitu juga dengan Amerika yang jumlah korbannya tidak terlalu jauh berbeda.

Bagaimana dengan Walter Ohmsen sendiri? Setelah perang usai dia bekerja sebagai pegawai pemerintahan di kementerian pertanian Schleswig-Holstein. Dia kemudian mencalonkan diri sebagai kandidat Schleswig-Holstein-Block di Landtag 1954 dalam pemungutan suara Schleswig-Holstein. Dalam pidato pemilihannya, dia dianggap “mengabaikan” Presiden-Menteri Schleswig-Holstein, Friedrich-Wilhelm Lübke, sehingga tak lama kemudian dipecat dari posisinya tanpa pemberitahuan sebelumnya karena dianggap menghina sang Presiden-Menteri. Dia bergabung kembali dengan kemiliteran di Bundeswehr tanggal 16 Maret 1956 sebagai Kapitänleutnant (Letnan Kapten) di Bundesmarine (Angkatan Laut Federal Jerman). Ohmsen dipromosikan sebagai Korvettenkapitän (Kapten Korvet) tanggal 15 November 1957, Fregattenkapitän (Kapten Frigat) tanggal 13 Agustus 1965, dan pensiun tanggal 30 September 1967.

Dari tahun 1968 sampai dengan 1978, Ohmsen adalah salah satu organisator perlombaan perahu layar dalam Olimpiade Musim Panas serta regatta (perlombaan perahu-layar) dan event-event lain. Dari tahun 1970 sampai dengan 1978 dia juga menjabat sebagai anggota dewan konsultasi kota Kiel dan terlibat dalam usaha menggalang dukungan bagi para korban perang. Untuk perannya ini dia dianugerahi medali peringatan Freiherr-von-Stein serta Bundesverdienstkreuz 2. Klasse (Salib Jasa Federal kelas kedua). Ayah tiga orang putri ini meninggal dunia di Kiel tanggal 19 Februari 1988.



Medali dan Penghargaan:
• Eisernes Kreuz II klasse (7 Juni 1944)
• Eisernes Kreuz I klasse (7 Juni 1944)
• Kriegsverdienstkreuz mit Schwerter II klasse (20 April 1941)
• Ritterkreuz des Eisernen Kreuzes (14 Juni 1944) sebagai Oberleutnant (M.A.) dan kepala Marinebatterie "Marcouf" (Marine-Artillerie-Abteilung 260)
• Medali peringatan Freiherr-von-Stein
• Bundesverdienstkreuz 2. Klasse

Promosi:
• 1 April 1933: Matrosengefreiter
• 1 September 1934: Bootsmannsmaat
• 1 September 1936: Oberbootsmannsmaat
• 1 November 1936: Bootsmann
• 1 Juli 1937: Oberbootsmann
• 1 Juli 1940: Stabsoberbootsmann
• 29 September 1941: Kriegsoffiziersanwärter
• 1 Januari 1942: Leutnant zur See (M.A.)
• 1 Juli 1942: Oberleutnant (M.A.)
• 17 Maret 1956: Kapitänleutnant
• 15 November 1957: Korvettenkapitän
• 13 Agustus 1965: Fregattenkapitän


Sumber :
www.en.wikipedia.org


No comments: