Saturday, October 31, 2009

Game Wolfenstein Dilarang Di Jerman Gara-Gara Simbol Nazi!

Dalam game "Return To The Castle Wolfenstein", memang diperlihatkan lambang swastika secara bebas, sesuatu hal yang wajar mengingat game ini memang berlatarkan Nazi Jerman


Bendera swastika Nazi Jerman dalam game Wolfenstein


Penjualan game legendaris Wolfenstein di Jerman terpaksa dihentikan Activision selaku penerbitnya. Ini imbas dari kontroversi simbol Nazi yang ada di dalam game besutan Raven Sofware tersebut.

Jika kebanyakan game dilarang beredar lantaran tindak kekerasan dan eksploitasi seksual, berbeda dengan Wolfenstein. Game ini dipaksa keluar dari pasar game Jerman karena Activision dinilai mangkir dari perjanjian untuk tidak lagi menampilkan logo Swastika tersebut.

"Walau sebenarnya bukan elemen yang sangat menonjol dalam game, tapi kami telah memutuskan untuk menarik game ini secepatnya dari pasaran yang ada di Jerman," jelas Activision soal kasus ini, seperti dikutip dari Computer and Videogames, Kamis (24/9/2009).

Penggunaan lambang Swastika dalam Wolfenstein versi Jerman memang tidak terlalu mencolok jika dibandingkan dengan versi Amerika atau lainnya. Meski demikian, hal ini tetap tak dapat diterima oleh pemerintah Jerman sebagai sesuatu yang bisa ditolerir.


Sumber :
www.gamed.nl
www.detiknet.com
www.edu.kajaani.fi


No comments: