Sunday, July 11, 2010

Lelang Seragam Putih Musim Panas Milik Jenderal SS!












Seragam asli zaman Nazi ini dijual oleh pemiliknya dengan harga $26.750. Mari kita baca seperti apa penawarannya:

Rasa-rasanya ini akan menarik perhatian anda... Seragam putih musim panas ini merupakan kepunyaan dari Allgemeine-SS Brigadeführer Walter Ortlepp, dan telah dilengkapi dengan semua dokumen yang menjamin keasliannya (dipersiapkan oleh Ross Kelbaugh). Walter Ortlepp dilahirkan pada tanggal 9 Juli 1900 di Gotha/Thüringen dan meninggal dunia tanggal 23 Oktober 1971. Setelah masa tugasnya sebagai kanonier (unit artileri) dalam Perang Dunia I, dia bergabung dengan NSDAP bulan September 1923. Tak lama kemudian dia keluar dari partai tersebut, dan masuk lagi bulan September 1927. Dia menjadi anggota SS tahun 1931 dan mendapat nomor anggota 11 319, disusul dengan promosi pertamanya menjadi Untersturmführer yang berlangsung tanggal 4 September di tahun yang sama. Pangkatnya semakin menanjak, dan ketika Perang Dunia II usai, dia telah menjadi seorang Brigadeführer (Mayor Jenderal, diangkat tanggal 20 April 1937). Selama masa ini dia menempati berbagai posisi, dari mulai Polizeidirektor di Weimar, Staatssekretär dari Thüringen, Landesführer IX dari DRK (Palang Merah Jerman), dan 10 tahun masa tugas di SD-Hauptamt. Penghargaan yang telah diraihnya pun bervariasi, dan termasuk Honor Cross for Combatants (Perang Dunia I), SA Sports Badge, War Merit Cross First Class with Swords (dan 2nd Class without Swords), German Red Cross Honor Badge, dan Totenkopf Ring untuk pengabdiannya di SS. Dia juga merupakan pemegang Golden Party Badge dan sebuah Pedang Kehormatan yang diberikan langsung oleh Reichsführer-SS Heinrich Himmler.

Seragam ini sendiri merupakan milik pribadi dari sang jenderal, dan tak pernah berada di tangan kolektor lain sebelumnya. Untuk pembeli yang terpilih, kami akan menyediakan data dari nama dan informasi unit veteran tentara AD Amerika yang telah membawa barang ini pulang (bersama dengan benda-benda berharga lainnya). Selain itu, sebenarnya terdapat kisah unik (dan lucu!) di balik seragam ini. Sang veteran telah memasukkan koleksinya ke dalam ajang York (Pennsylvania) State Fair tahun 1950 ke dalam golongan benda-benda dari seberang. Hasilnya, dia mendapat juara dua dan hanya kalah dari seekor sapi bernama Bessie!

Kami telah melengkapi item ini dengan foto dari pita dan tag yang berasal dari State Fair tersebut; dan dapat anda lihat bahwa nomor yang tertera sebagai 1214 adalah sama dengan nomor yang terdapat di dalam sebuah stiker merah dan putih kecil yang menempel di bagian leher bagian dalam seragam tersebut. Foto itu sendiri dimasukkan untuk tujuan informasi tambahan, karena dia ikut juga ditempelkan ke seragam lainnya di grup yang sama yang merupakan koleksi kami.

Seragam putih di atas dibuat dari bahan putih kasar, dan kondisinya saat ini masih begitu bagusnya sehingga mendekati sempurna. Memang sih ada beberapa bekas noda dan warna yang memudar di beberapa bagian, tapi hal ini hanya akan terlihat apabila anda benar-benar memicingkan mata untuk menelitinya. Bagian depan dilengkapi oleh empat kancing besar yang terbuat dari perak berlapis alumunium, dan semuanya mempunyai bentuk yang serasi dengan empat kancing lain yang terletak di bagian saku. Berbicara tentang saku, saku di bagian dada mempunyai bentuk dengan tipe tempelan lipat dengan penutup bergigi, sementara di bagian pinggang menyatu dengan seragam meskipun mempunyai penutup bermodel sama. Saku dada bagian kiri dicanteli dua medali, sementara sedikit di atasnya adalah tempat untuk meletakkan baris pita medali. Lengan bawah dilengkapi dengan manset ala Prancis. Bagian kerahnya ditempeli tanda pangkat yang dapat dilepas (untuk memudahkan saat pencucian), yang direkatkan di tempatnya dengan menggunakan empat "capit" di masing-masingnya. Tanda pangkat yang cantik ini terbuat dari bahan wol berwarna hitam di bagian depannya, dengan garis silver bentuk meliuk-liuk di sekelilingnya. Gambar utama yang tertera di pangkat tersebut adalah dua helai daun ek dan satu titik segi-empat, dan dijahit dari bahan flatwire perak dengan memakai tangan. Benar-benar fenomenal!

Tanda pangkatnya sendiri merujuk kepada posisinya saat itu sebagai Brigadeführer, dan merupakan tanda pangkat SS tipe awal. Juga terlihat dari foto di atas adalah tanda pangkat bahu yang dapat dilepas dengan bagian depan merupakan hasil tenunan berbahan kawat flat matte abu-abu di atas bahan dasar putih. Terlihat bahwa tanda pangkat ini begitu sering dipakai sehingga warnanya sedikit kusam. Lapisan bawahnya terbuat dari wol hitam. Bila kita perhatikan, tanda pangkat bahu tersebut hanya ada satu sementara satunya lagi memang sudah tidak ada ketika saya membelinya. Lengan kiri telah dilengkapi dengan sebuah armband Allgemeine-SS cantik yang terbuat dari bahan wol merah dan ditambahi disc putih dan logo swastika. Bagian batas atas dan bawahnya ditutup oleh garis kain hitam yang mempunyai lebar 8mm. Brassard yang merupakan bagian integral dari seragam tersebut telah ditambahkan di bagian lengannya, sehingga memungkinkan untuk melihat tag kertas bertulisan SS RZM di bagian dalam seragam. Seragam ini sendiri berukuran cukup besar (40). Interiornya polos dan tidak ada tempelan apa-apa, sedangkan warnanya sendiri sama cerahnya dengan bagian luar. Seragam di atas sebenarnya mempunyai Berlian SD (dan bekas tempatnya pun bisa anda lihat), hanya saja kini benda tersebut telah hilang. Terdapat pula ring metal "D" sebagai tempat untuk meletakkan belati.

Apa lagi yang dapat saya katakan? Memorabilia dengan penampilan istimewa ini dalam kondisi 90% bagus dan kini dapat menjadi kesayangan dari benda-benda koleksi anda! Berminat? Anda bisa memesannya DISINI.

No comments: