Thursday, July 8, 2010

Panzerkampfwagen VII Königstiger (King Tiger)

Salah satu foto langka yang memperlihatkan bagian depan Königstiger yang telah sedikit "lecet" akibat tembakan artileri musuh. Dalam sejarahnya, Königstiger tak pernah sekali pun tertembus tembakan musuh dari arah depan!


Deretan Königstiger siap untuk beraksi!


Königstiger di Budapest, Hungaria, dalam Operasi Greif (Oktober 1944)


Berbagai varian Königstiger


Wallpaper Königstiger


Oleh: Alif Rafik Khan

Perancangan tank Panzerkampfwagen (PzKpfw) VI Königstiger dimulai dari bulan Mei 1941 dan berlanjut sampai tahun 1943. Tank ini didesain oleh perusahaan Henschel, dan tujuan dari pembuatannya adalah untuk menggantikan tank Tiger versi I yang telah dipakai dari tahun 1942. Unit pertama dikirimkan awal tahun 1944 dan pertempuran pertama yang dicicipinya adalah dalam Pertempuran Minsk.

Tank "Raja Singa" ini mempunyai berat yang tidak tanggung-tanggung: 70 ton! Hal ini terjadi karena para insinyur perancangnya ingin memberikan improvisasi-improvisasi yang merupakan karakter dari tank jenis Tiger. Hasilnya, mereka menambah ketebalan lapisan bajanya (terutama di bagian depan) dan juga memodernisasi peralatan pendukung yang sangat membantu di kala bertemu musuh. Mau tidak mau bobotnya pun bertambah dengan sendirinya.

Karena beratnya yang amit-amit, wajar saja jika tank ini menjadi lamban dan sulit bermanuver di medan yang berlumpur atau sempit. Untuk mengatasi hambatan dalam hal tersebut, persenjataanya pun diperkuat. Meriam 88 mm-nya dapat menembak sampai jarak 10 kilometer, dan mampu menghancurkan semua tipe lapis baja yang dikenal pada saat itu!

Dalam Pertempuran Normandia, Tiger II (nama lain dari Königstiger) menjadi momok yang menakutkan bagi pasukan Sekutu. Begitu dahsyatnya kemampuan tank jenis ini sehingga hanya meriam angkatan udara dan angkatan lautlah yang mampu menghancurkannya! Dan satu lagi sodara-sodara, saya ingin mengatakan kepada anda satu fakta tak terbantahkan: Königstiger tidak pernah, sekali lagi tidak pernah, kalah dalam duel melawan tank dari jenis manapun, dan tak ada satu pun tembakan dari arah depan yang tercatat telah melumpuhkannya! Dia hanya hancur oleh tembakan jarak dekat dari samping atau belakang saja.

485 tank jenis ini diproduksi selama Perang Dunia II, dan Königstiger bisa dikatakan merupakan salah satu tank terbaik saat itu. Sayang dia keluar di saat Jerman sudah kepayahan di banyak front sehingga kemampuannya tidak dapat dimaksimalkan lebih jauh lagi.

Spesifikasi:
Negara pembuat: Nazi Jerman
Nama lengkap: Panzerkampfwagen VII Königstiger
Rate tembakan: 10,28 m
Lebar: 3,65 m
Tinggi: 3,09 m
Berat: 69,8 kg (turet Henschel) atau 68,5 kg (turet Porsche)
Kecepatan maksimum: 41 km/jam (jalan raya) dan 17 km/jam (cross-country)
Jarak tempuh: 110 km (jalan raya) dan 80 km (cross-country)
Senjata utama: meriam 88 mm
Senjata kedua: Tiga buah senapan mesin MG 34 atau MG 42
Mesin: V12 Maybach HL 230 P30, 700 hp
Gearbox: Maybach OLVAR EG 40 12 16 B (8 maju dan 4 mundur)
Radio: FuG 5
Teropong: TZF 9b, kemudian dimodifikasi sampai TZF 9d
Konsumsi bahan bakar: 487 L untuk 100 km.
Awak: 5 (1 komandan, 1 driver, 1 co-driver dan gunner, 1 radio operator dan loader)
Tebal lapis baja depan: 150 mm
Tebal lapis baja belakang: 80 mm
Jumlah produksi: 485 unit (Desember 1943 s/d Maret 1945)


Sumber :
www.armchairgeneral.com
www.bestgamewallpapers.com
www.dday-overlord.com
www.en.wikipedia.org
www.worldwar2aces.com


No comments: