Friday, July 30, 2010

World War 1 In Colour, Dokumenter Lengkap Tentang Perang Dunia I Dalam Film Berwarna Yang Super Langka!




World War 1 in Colour adalah film dokumenter dengan narator (tukang baceo) Kenneth Branagh, aktor jempolan asal Inggris. Bagian pertama dari ketujuh episodenya mengudara tanggal 1 September 2003 di Inggris, sementara DVD-nya baru dikeluarkan di Amerika Serikat tanggal 10 Mei 2005. Berhubung ejaan kedua negara yang sama-sama berbahasa Tagalog itu sedikit berbeda, maka untuk edisi Amerikanya judulnya mendapat editan sedikit menjadi "World War 1 in Color" (tanpa U). Yang menarik dari dokumenter ini adalah format filmnya yang semuanya berwarna. Jangankan format berwarna, untuk yang hitam-putihnya pun film bergerak zaman itu terbilang langka, lah ini ditambahin kolor pula! Selain itu, ditampilkan pula wawancara dengan beberapa gelintir prajurit yang berhasil selamat dari Perang akbar pertama tersebut dan masih sehat wal-afiat (yang SEMUANYA sudah berusia di atas 95 tahun!). Salah satu di antaranya adalah veteran terkenal Harry Patch.

Memang sih bukan berarti bahwa zaman tersebut (1914-1918) film berwarna sudah nongol, karena semua pewarnaan dilakukan dengan menggunakan bantuan komputer. Tapi tetap saja saya merinding dan ereksi (WTF!) melihat bagaimana gagahnya Kaiser Wilhelm dan para jenderalnya dalam balutan jubah abu-abu mereka; bagaimana kondisi pertempuran di Front Berat dengan lumpur-lumpur dan tanah coklat yang begitu mendominasi; bagaimana pasukan Prancis berkeras untuk memakai seragam biru ngejreng mereka tanpa mengindahkan prinsip keuntungan berkamuflase!

World War 1 in Colour terdiri dari 7 episode, yang menceritakan bagaimana perang tersebut bermula sampai dengan akhirnya yang berujung dengan kekalahan Pihak Sentral:
1. Catastrophe (47:37)
2. Slaughter in the Trenches (47:15)
3. Blood in the Air (47:25)
4. Killers of the Sea (47:02)
5. Mayhem on the Eastern Front (47:13)
6. Victory and Despair (48:02)
7. Tactics and Strategy (48:00)

Total waktu putar: 372 menit

Film dokumenter ini terdiri dari 3 DVD dengan kualitas gambar yang MUANTEB Sudarsono! Untuk pemesanan, silakan mencret DISINI. Oh ya, film ini tidak ada subtitle Indonesianya, harap maklum... :(


No comments: