Wednesday, May 27, 2009

Seragam Hitam Pasukan Panzer (Panzertruppe) Jerman

Seragam SS-Hauptsturmführer dari pasukan panzer Waffen-SS


Seragam panzer hitam dari satu-satunya divisi panzer Luftwaffe, Hermann Göring Panzer Division. Pada intinya sama dengan 'sejawatnya' dari Heer dan SS, hanya saja lambang burung elang yang terpasang di seragam dan topinya adalah lambang Adler Luftwaffe


Contoh jaket gaya u-boat yang dikenakan oleh pasukan panzer, dalam hal ini adalah SS-Standartenführer Joachim 'Jochen' Peiper. Perhatikan pula teropongnya yang dibungkus kain goni!


Kalau yang ini, masih jaket u-boat yang dikenakan oleh jagoan panzer terkemuka Michael Wittmann


Contoh seragam hitam milik SS-Untersturmführer dari Divisi Panzer SS ke-12 'Hitlerjugend'


Perwira panzer veteran dari Heer peraih Eichenlaub di lehernya ini memakai seragam hitam perwira M1938 dengan overseas cap di kepalanya. Selain Ritterkreuz mit Eichenlaub, juga ada dekorasi tambahan lain : Deutsches Kreuz in Gold, Eisernes Kreuz I klasse, dan Verwundetenabzeichen, yang membuktikan bahwa sang perwira telah terlibat dalam begitu banyak pertempuran. Besar kemungkinan dia juga adalah pemegang Panzer Assault Badge, cuma mungkin tidak terlihat di foto ini!


Tunic ini dulu diperkenalkan di kemiliteran jerman pada tahun 1934. Seragam ini ditemukan pada saat Guderian sedang dalam perjalanan ski, dan melihat style jacket untuk melakukan ski, dengan gaya double-breasted, tanpa ada kancing yang kelihatan sedikitpun dengan gaya modern. Fungsinya yang sama dengan jaket double-breasted lainnya, yaitu dapat dipakai untuk menutup leher, ataupun terbuka. Dengan segera Guderian mencontoh gaya jaket ini untuk keperluan tentara lapis baja Jerman.

Dengan warna hitam legam ini, sengaja untuk menutupi noda-noda oli, minyak, dan lain-lain, sehingga para kru itu tetap terlihat bersih.

Insigna jaket ini dibedakan dari 2 divisi, yang satu Wehrmacht dan Waffen-SS. 

Pada divisi Wehrmacht, jaket ini mempunyai piping berwarna pink kemerah2an, dengan logo death's head pada 2 sisi kerah. Pada saat perang berlangsung, pasukan panzer ber-insignia death's head ini sering di-inpretasikan sebagai prajurit SS yang kejam, karena memakai simbol death's head. Padahal mereka hanya tentara/wehrmacht biasa dan death head yang dimaksud hanya mengadaptasi simbol sejarah Jerman.

Kru biasanya memakai baret, sidecap.

Pada Waffen-SS, jaket ini mempunyai piping berwarna putih, pada kerah sisi kanan, terdapat simbol SS. Dan pada kiri terdapat pangkat. Terlihat bahwa jaket ini hampir sama dengan seragam partai SS hitam-hitam.

Ada beberapa alternatif jaket armored crew:

-U-boat jacket style: Jacket yang satu ini sama dengan yang diapakai kapten U-boat, yaitu dengan berbahan kulit tebal, tanpa insignia kecuali shoulder tabs. Biasanya di lengkapi dengan tunic SS jerman pada bagian dalam.

-Leathered panzer wrapper: sama hal-nya dengan panzer wrapper, lengkap dengan piping, insignia, hanya saja terbuat dari kulit. Paling umum digunakan oleh divisi panzer luftwaffe-nya Hermann Goring.


Sumber :


No comments: