Wednesday, May 27, 2009

Oberscharführer Fritz Christen (1921-1995), Menghancurkan 13 Tank Dan Membunuh 100 Orang Dalam Satu Pertempuran!


Upacara penganugerahan Ritterkreuz untuk SS-Sturmmann Fritz Christen yang diselenggarakan di Führerhauptquartier Wolffschanze tanggal 20 Oktober 1941. Christen adalah Richtschütze (penembak artileri) dari 2.Batterie/SS-Panzerjäger-Abteilung 3 "Totenkopf"/3.SS-Panzer-Division "Totenkopf" yang tercatat sebagai bintara pertama dari divisinya yang dianugerahi penghargaan setinggi itu. Alasannya? Dalam sebuah pertempuran yang berlangsung tiga hari dari sejak tanggal 24 September 1941, dia seorang diri menghancurkan 13 tank dan menewaskan 100 tentara Soviet dengan hanya mengandalkan kanon 50mm! Atas keberanian yang luar biasa dahsyat ini, komandan divisi Theodor Eicke merekomendasikan namanya untuk dianugerahi Ritterkreuz, dan diterima!


Fritz Christen dalam foto resmi dari Heinrich Hoffmann (1941)


SS-Oberscharführer Fritz Christen, gembira tapi kentara terlihat lelah!


Sang jagoan Fritz Christen


Pasukan PaK Jerman dalam perang kota yang sengit. Satu buah tank musuh tampak telah menjadi korbannya dan terbakar


Unit PaK bersiap-siap menanti serangan


Inilah kisah bagaimana dia mendapatkan Ritterkreuz (medali yang diberikan atas dasar keberanian yang luar biasa) :

Fritz Christen adalah anggota unit anti-tank dari SS-Totenkopf Division. Saat itu dalam suatu pertempuran sengit di daerah Lushno, dia tinggal sendirian di belakang kanon anti-tank PaK 38 (Panzerabwehrkanone 38). Kanon-kanon anti-tank Jerman yang lain sudah pada hancur dan orang-orangnya pun sudah pada mati. Di depannya pasukan Rusia melancarkan serbuan untuk yang kesekian kalinya ke arah dia dengan tank-tank, pasukan infantri dan hujan artileri disekitarnya. Dengan inisiatif dan keberanian yg sangat tinggi, Fritz menghancurkan satu persatu tank Rusia sampai 6 buah tank hangus terbakar, dan pasukan Rusia pun mundur!

Terisolasi dari rekan-rekannya dan unitnya sendiri, malamnya Fritz mengumpulkan sisa-sisa amunisi dari bangkai kanon-kanon disekitarnya. Ketika pagi harinya pasukan Rusia mencoba menyerang kembali daerah Fritz, dia kembali menghalau pasukan Rusia dan menghancurkan sejumlah kendaraan tempur dan tank sehingga dalam waktu 24 jam dia telah menghancurkan total 13 tank!

Pada tgl 27 September 1941 Russia akhirnya dipukul mundur dari daerah Lushno. Fritz akhirnya ditemukan masih meringkuk dibelakang Pak38nya oleh rekan2-rekan dan komandannya yg takjub melihat dirinya. Bagaimana tidak? selama 3 hari ia telah menghancurkan belasan kendaraan tempur dan tank, dan membunuh sekitar 100 orang tentara Russia! Bangkai tank-tank Rusia yang berserakan ditambah dengan gelimpangan mayat yang membentuk lingkaran di sekitar posisi Fritz menjadi bukti tak terbantahkan betapa dahsyat kepahlawanannya.

Dia langsung dianugerahi Iron Cross first class langsung oleh komandan divisi Totenkopf Theodor Eicke yg terkenal itu, dan pada tgl 20 Oktober dianugerahi Knight's cross atas keberaniannya yg luar biasa pada peristiwa di Lushno tersebut.

Fritz Christen menjadi orang pertama dan termuda (20 tahun) yg mendapatkan medali Knight's cross dari kesatuan Waffen-SS!

Apa yg dilakukannya dapat dikatakan didasarkan atas campuran antara latihan yg sangat keras dan ketahanan mental sangat tinggi yg diterapkan pada unit-unit Waffen-SS, juga pengetahuannya bahwa pihak Rusia tidak akan membiarkan hidup-hidup anggota SS-Totenkopf Division yg ditangkapnya.


Sumber :
www.en.wikipedia.org
www.kaskus.us

www.militaryautographs.com

No comments: