Monday, September 21, 2009

Panzer Assault Badge, Medali Bagi Para Awak Pasukan Panzer Nazi Jerman!

Panzer Badge generasi pertama dari zaman Perang Dunia I


Panzer Badge yang diberikan dalam Perang Saudara Spanyol


Panzer Badge Perak


Panzer Badge yang diberikan bagi para anggota panzertruppen yang telah terlibat minimal dalam 25 buah pertempuran yang melibatkan tank


Generalmajor Dr. Franz Bäke, salah satu dari sangat sedikit pemegang Panzer Badge 75/100. Jangan lagi dikata kalau masalah jagonya di medan perang, padahal aslinya dia dokter gigi!


Oberfeldwebel Heinrich Becker, veteran perang panzer dari sejak Perang Saudara Spanyol (1936-1939). Perhatikan bahwa dia mempunyai dua buah Panzer Badge, satu yang didapatnya dari Perang Saudara Spanyol, satu lagi dari kancah Perang Dunia II! By the way, Herr Becker ini tercatat meghancurkan 23 buah tank lawannya, dan bisa dikategorikan sebagai ace (jagoan)!


Oleh : Alif Rafik Khan

Tank Combat Badge, atau Panzer Badge (Panzerkampfabzeichen) pertama muncul di Angkatan Darat Jerman selama berlangsungnya Perang Dunia I, dan kemudian diaktifkan kembali waktu Perang Saudara Spanyol (dimana Jerman ikut berpartisipasi) pecah.

Panzer Badge khas Wehrmacht sendiri pertama diperkenalkan tanggal 20 Desember 1939, yang diberikan sebagai penghargaan bagi para personil panzer (panzertruppen) yang telah sukses melaksanakan misi mereka mengobrak-abrik Polandia beberapa bulan sebelumnya. Desainnya dirancang oleh Ernst Peekhaus dari Berlin, dan pembuatannya diinstruksikan langsung oleh komandan Wehrmacht, Generaloberst Walther von Brauchitsch. Tanggal 6 Juni 1940 diperkenalkan pula kelas lain dari medali tersebut yang terbuat dari perunggu, yang ditambahkan sebagai penghargaan bagi awak kendaraan lapis baja selain dari tank (half track, assault gun, dan sebagainya).



Panzer Badge sendiri berbentuk oval yang dikelilingi oleh Daun Oak (Oakleaves), 5 buah di satu sisi dan 4 buah di sisi yang lainnya (rantai tank menutupi salah satunya). Di dasar oval tersebut terdapat ikatan, dan atasnya Adler Wehrmacht dengan sayap yang mengembang ke bawah dan cakar terletak di atas Swastika. Bagian utama dari badge ini adalah bentuk sebuah tank yang seakan bergerak melewati dari kiri ke kanan (dilihat dari depan). Seperti telah disebutkan sebelumnya, salah satu rantai dari tank/panzer tersebut menutupi satu bagian Daun Oak, dan area di bawah tank tampak seperti rerumputan.


Kriteria bagi pemberian badge ini adalah sebagai berikut :

- Ambil bagian dalam tiga serangan dengan menggunakan kendaraan lapis baja dalam tiga hari yang berlainan,

- Terluka dalam salah satu serangan dengan menggunakan kendaraan lapis baja,

- Mendapat penghargaan untuk keberanian dalam sebuah serangan panzer.


Seperti telah disebutkan sebelumnya, Panzer Badge perak diberikan kepada komandan tank, gunner atau operator radio sedangkan yang perunggu diberikan kepada resimen-resimen Panzer-Grenadier, kru tank-assault, unit-unit pengintaian kendaraan lapis baja, dan personil medis yang ikut bertempur dalam kendaraan lapis baja. Pemberian penghargaan sendiri harus sepersetujuan komandan divisi panzer yang bersangkutan.


Setelah perang makin bertambah lama, disadari bahwa satu jenis Panzer Badge tidak lagi cukup berhubung dengan makin banyaknya veteran pasukan panzer yang terlibat dalam banyak pertempuran yang melibatkan tank. Bulan Juni 1943 diperkenalkan empat kelas baru dari Panzer Badge yang bernomor 25, 50, 75 dan 100 yang melambangkan jumlah pertempuran yang telah dijalani. Bentuk Panzer Badge baru ini sama persis dengan Panzer Badge lama yang tak bernomor, hanya saja dengan tambahan sebuah kotak yang berisi nomor kelas medali dalam tulisan font Arabic (yang biasa ngubek-ngubek Microsoft Word pasti tahu!) di bagian dasar lingkaran Daun Oak. Selain itu, badge 25 dan 50 ini sedikit lebih besar dibandingkan badge lama, dan yang 75 plus 100-nya lebih besar lagi.



Sumber :

www.wehrmacht-awards.com

www.oakleafmilitaria.com

www.thuringenmilitaria.com


No comments: