Sunday, September 13, 2009

Foto-Foto Pernikahan Zaman Third Reich

Pernikahan anggota RAD. Saya suka detail belati dan gantungan yang dikenakan cowok di atas!


Pernikahan anggota Panzertruppen


Pernikahan anggota Panzertruppen lainnya. BTW, sebenarnya yang cowok yang mana sih? Wkwkwkwk


Pernikahan anggota Kriegsmarine


Perhatikan bahwa di foto ini dan foto-foto selanjutnya, posisi si mempelai pria selalu berada di sebelah kanan kamera. Mungkin untuk orang lain tak menjadi masalah, tapi setidaknya bagi orang di foto ini lumayan mengganggu. Kenapa? Karena dia berasal dari Divisi Panzer Großdeutschland! Lho, apa hubungannya? Bagi para kolektor yang ingin diyakinkan bahwa ini foto dari prajurit GD memang cukup membingungkan, soalnya para anggota divisi elit ini bisa dikenali cukup dengan melihat cufftitle (pita lengan) bertuliskan GROßDEUTSCHLAND yang terletak di lengan bagian kanan, sementara dengan posisi seperti di atas, sulit buat si cufftitle tersebut nongol di foto!


Foto pernikahan dari seorang SS-Hauptscharführer keturunan Austria. Mari kita bahas yang nempel di badannya: Dia memakai pita lencana Winterschlacht im Osten 41/42 di belakang Eisernes Kreuz II. Klasse. Dia juga memakai 4 Jahr im Treue Dienst in die SS , Die Medaille zur Erinnerung an den 13. Marz 1938 (318.689 orang penerima) dan Die Medaille zur Erinnering an den 1 Oktober 1939 (1.162.617 orang penerima) mit Prague Bar (134.563 orang penerima). Jangan lupakan pula Totenkopf Ring yang terpasang di jari manisnya! Btw, tulisan pada cufftitle-nya (pita lengan) adalah LANGEMARCK



Ternyata nikah massal nggak hanya berlaku di Indonesia saja! Hehehe... Satu orang dari Panzertruppen, satu lagi dari Kriegsmarine, entahlah yang pengantin wanitanya. Alasan mereka menikah barengan : Apakah keduanya bersaudara? Apakah keduanya sahabat dekat? Apakah pengantin wanitanya adik-kakak? Apakah demi menghemat biaya? Silakan simpulkan sendiri!


Satu lagi pernikahan PAHE (paket hemat) : Tak perlu repot-repot beli gaun pengantin, tak perlu repot-repot pesan tempat di gedung. Cukup dengan bunga di tangan dan hiasan di pintu, jadilah!


Pernikahan anggota u-boat Kriegsmarine bernama Erich. Dia memakai seragam formil pelaut Jerman dengan pangkat Ober-Maat. Disini dia memperlihatkan pula medali-medali yang telah diperolehnya, di antaranya adalah : Long Service Medal, DRL Sports Medal, dan SA Sports Medal. yang nempel di tuniknya itu namanya eidelweise. Erich tewas di Yunani hanya 4 hari sebelum berakhirnya Perang Dunia II di Eropa!


Proxy wedding (menikah dengan wakil), jenis pernikahan yang tidak biasa, biasanya dilakukan oleh prajurit yang berperang di garis depan dengan wanita pujaannya yang berada di kampung halaman. Biasanya mempelai wanita diwakili oleh bunga. Foto di atas memperlihatkan pernikahan semacam ini dari seorang Leutnant Luftwaffe yang berlangsung tanggal 21 Juni 1944 di Normandia. Tampak di latar belakang foto dari pemimpin Jerman Adolf Hitler dan panglima Luftwaffe Hermann Göring


Inilah jenis upacara pernikahan paling aneh zaman Third Reich! Jangan salah, foto di atas adalah benar-benar pernikahan, dan wanita ini bukan sedang menikahi helm! Bayangkan begini : seorang gadis yang berpacaran dengan tentara Jerman, kemudian takdir terburuk terjadi : si pria tewas dalam pertempuran, sementara di gadis telah mengandung, apakah si gadis dan keluarganya mau menanggung malu bila anaknya di cap 'anak haram'? pilihan apa yang harus dibuat? Untuk mengatasi hal ini, dibuatlah undang-undang (mulai diperkenalkan tahun 1941) yang memperbolehkan pernikahan wanita Jerman dengan suaminya yang telah meninggal, baik karena pertempuran atau sebab lain, dan si suami diwakili dengan helm perangnya. Oleh karena itulah pernikahan semacam ini biasa juga disebut dengan Stahlhelm-Hochzeit (pernikahan stahlhelm). Cukup menakutkan bukan? Tapi jangan salah, selama berlangsungnya Perang, tercatat 25.000 kasus semacam ini!


Sumber :
Foto koleksi pribadi Akira Takiguchi
Foto koleksi pribadi Andrew Harris

Foto koleksi pribadi Gordon Williamson
Foto koleksi pribadi John P. Moore
Foto koleksi pribadi Martin W.
 
Foto koleksi pribadi Michael Guhr 
www.feldgrau.net
www.forum.axishistory.com
www.forum.panzer-archiv.de
 
www.finearts-autographs.com
www.en.wikipedia.org
www.gmic.co.uk
www.wehrmacht-awards.com

2 comments:

akbarfoto.com said...

keren nih sebetulnya foto-fotonya. terinspirasi.

http://www.akbarfoto.com/

galaxy on sight said...

die Maedchen sind schoen.....