Friday, June 11, 2010

Beberapa Link Situs Yang Berguna Bagi Anda Bila Anda Mencari Data Prajurit Jerman (Dan Rakyatnya) Dalam Perang Dunia II

Oleh : Alif Rafik Khan

Bila anda adalah penggemar sejarah Jerman zaman Nazi dan Perang Dunia II, khususnya tertarik kepada biografi dan data orang-orangnya (sama seperti saya), maka daftar situs di bawah akan sangat berguna dalam meneliti nama atau profil tokoh yang ingin kita ketahui catatan hidupnya. Memang sih tidak mendetail banget sampai jumlah bulu keteknya pun disebutkan, tapi setidaknya cukup untuk membantu usaha penelitian yang kita lakukan. Bisa dibilang bahwa koleksi nama yang tersimpan dalam database mereka bukan lagi ratusan, ribuan, puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu, melainkan JUTAAN, Bleh!

Selain nama, kita juga bisa mencari data unit-unit pasukan, atau anggota keluarga yang hilang (bila anda masih mempunyai darah Jerman tentunya)!

Contoh dari kisah nyata pencarian anggota keluarga yang terbantu dengan adanya situs tersebut bisa dilihat DISINI.

Bila anda bingung mana tempat pertama yang akan dituju, anda bisa mencoba Deutsches Dienststelle. Anda dapat meminta tolong dicarikan data nama, tapi tidak akan mendapat catatannya secara penuh kecuali bila anda adalah salah satu anggota keluarga nama yang bersangkutan.

OK, selamat muncrut!

http://www.com-de.pair.com/wast/

Bisa juga mencoba Bundesarchiv:

http://www.bundesarchiv.de/

Komisi Makam Tentara Jerman bisa ditemukan disini:

http://www.volksbund.de/graebersuche/content_suche.asp

Mungkin Deutsches Rotes Kreuz bisa menjadi pilihan:

http://www.drk.de/

Atau Pelayanan Pelacak Internasional:

http://www.its-arolsen.org/

No comments: