Saturday, June 26, 2010

The Nazis: A Warning From History (1997). Sejarah Kebangkitan Dan Kejatuhan Partai Nazi Dalam Kacamata BBC!


Oleh: Alif Rafik Khan

Film dokumenter produksi BBC ini terdiri dari enam episode yang masing-masingnya mempunyai waktu putar rata-rata 45 menit, dan diurutkan secara kronologis dari mulai berdiri dan kebangkitan Partai NSDAP (Nazi), sampai ke Perang Dunia II dan kejatuhannya setelah Hitler bunuh diri pada akhir April 1945. Temanya pun disusun secara sistematis, yang membahas seluk-beluk Nazi pada awal mulanya, jalan Hitler menuju kursi kekuasaan, Anschluss, perang di Front Timur, kamp konsentrasi, dan runtuhnya Third Reich.

Episode pertama mengupas tentang revolusi para pekerja di kota München yang sempat berhasil mengambil alih kontrol selama beberapa waktu, juga membongkar jumlah orang-orang Yahudi di tubuh Partai Komunis sehingga memunculkan teori aliansi Yahudi-Komunis yang diusung Hitler demi meraih simpati massa. Pertarungan di jalanan antara kaum komunis dan reaksioner juga diketengahkan, yang menjelaskan alasan kenapa rakyat Jerman begitu merindukan keteraturan dan hukum yang tegas.

Operasi-operasi lokal Gestapo akan membuat kita terkejut. Betapa demi kesetiaan kepada partai dan Hitler, mereka mampu untuk melakukan hal-hal yang tak terbayangkan bagi kita kini. Hal ini diillustrasikan melalui pandangan singkat tentang kasus di Nürnberg, salah satunya adalah wawancara langsung dengan seorang mantan informan yang telah mengirim tetangganya yang tak bersalah untuk membusuk di kamp konsentrasi!

Chapter Wild East akan menggambarkan berbagai pendekatan yang dilakukan para petinggi Nazi dalam usaha mereka membuat Polandia menjadi lebih "Jerman". Diperlihatkan pula bagaimana gaya manajemen Hitler telah begitu mempengaruhi birokrasi pengikutnya di partai Nazi dan pemerintahan Jerman.

Seperti semua propaganda busuk barat lainnya, dokumenter ini pun begitu sering meng-"iblis"kan Hitler dan kaum Nazi, seakan-akan mereka adalah manusia yang tak ada baik-baiknya dan merupakan perwakilan dedemit di dunia! Tapi setidaknya ini lah salah satu film yang secara tuntas mengupas seluk-beluk partai Nazi dari lahir sampai mati, dan merupakan sesuatu yang WAJIB dikoleksi bagi para pemerhatinya.

Enam episode yang tersedia:

Episode 1: Helped Into Power
Episode 2: Chaos and Consent
Episode 3: The Wrong War
Episode 4: The Wild East
Episode 5: The Road to Treblinka
Episode 6: Fighting to the End

Untuk pemesanan, silakan klik DISINI.


1 comment:

Andri Faisal said...

Kalau yang menang hitler saya yakin dunia tidak sekejam sekarang ini.