Wednesday, March 18, 2009

Orang Indonesia Dalam Tubuh Waffen-SS!

Dari wajahnya kita bisa menduga bahwa anggota Landstorm Nederland yang tertangkap oleh Sekutu musim panas tahun 1945 merupakan keturunan indo Belanda. Apakah Indonesia?



Percayakah anda bahwa foto orang di atas adalah orang Indonesia? Ya, orang Indonesia yang menjadi prajurit Waffen-SS!

Foto ini berasal dari Mark Bando, peneliti sejarah Amerika yang khusus meneliti unit-unit pasukan Parasut Amerika. Dalam salah satu penelitiannya tentang Divisi Airborne ke-101, dia bertemu dengan Wilson Boback, salah seorang veteran yang ikut bertempur di Belanda dalam Operasi Market Garden bulan September 1944. Unit Boback berhadapan dengan bagian dari pasukan Landstorm Nederland (simpatisan Jerman di Belanda) dan Boback berhasil membunuh salah satunya. Dia kemudian menggeledah mayat si prajurit, dan menemukan sebuah foto yang jelas-jelas merupakan orang Indonesia (saat itu masih bernama Hindia-Belanda) yang sedang memakai seragam Legion Nederland (kerah wolf's hook plus perisai dan cufftitle buatan Belanda), bersama dengan helm khas Jerman berkilauan lengkap dengan lambang LN.

Hal ini memperlihatkan bahwa setidaknya ada satu orang Indonesia yang pernah menjadi tentara Waffen-SS, dan kemungkinan besar dia tidaklah sendiri!




9 comments:

Hielmy said...

buset... waffen SS kan pasukan khusus? ckckck...

X-Plur said...

keren mas postiganya

wah yg menjadi pertanyaan..kenapa bisa sampai disana tu orang indonesia,apa yg dicari?

nozzle_bikes said...

wah gw kagum bgt ma waffen SS, gak nyangka ada pasukan kita tempur di garis depan german. Benar2 membanggakan.

pengelana_pengembara_ said...

sipppphhh!!!!itu semua pembuktian bahwa indonesi sedikitnya juga bertempur dengan Waffen SS...kalo masih hidup, kayaknya asik ya....

pandu nu kasep tea said...

wew muantab dah ada anggota waffen-ss dari indonesia

rendy said...

bener gak salah lagi!!!damn !!indonesia ada sukarelawan waffen ss!!keren bgt!he2..4 buku tentang ss yang saya punya,browse sono sini, blum ada info kayak begitunya!
thanks infonya mas!
bner2 gak nyangka!

Hanif Saragih said...

kakekku dulu Luftwaffe lo!
Jangan mudah percaya dengan HOAX!

Kakekku Luftwaffe said...

Kakekku luftwaffe lo! Pamanku juga luftwaffe! Adek dari kakekku juga luftwaffe! Hahahahaha....... :D

Ini bukan HOAX ya! Orang indonesia yang bergabung di belanda memang mereka disana kebanyakan karena belajar disana. Apalagi kita orang indonesia mempunyai "hubungan" dengan belanda waktu itu.

Muhammad Zhafir Athalariq said...

Wahh hebat tu orang! Tapi gak ada yang dari Fallchirmjager atau Gebirgsjager apa?