Friday, May 21, 2010

Wehrpass, Dokumentasi Calon Tentara Jerman

Oleh : Alif Rafik Khan

Wehrpass adalah buku dokumentasi yang bisa dibilang lengkap dan dibagikan kepada para wajib militer tentara Jerman pada saat mendaftar masuk Wehrmacht, dan tetap disimpan oleh si pendaftar sampai waktunya dia diterima masuk dan resmi menjadi soldat. Pada saat inilah dia mengembalikan Wehrpass-nya dan digantikan oleh Soldbuch. Terus bagaimana dengan nasib Wehrpass dia? Tetap ada kok, dan disimpan oleh unit tempat si prajurit bertugas.

Wehrpass hanya akan dikembalikan kepada pemiliknya apabila dia telah menyelesaikan masa wajib militernya dan keluar dari ketentaraan untuk menjadi orang sipil kembali (setelah semua catatan pribadinya ditransfer ke Wehrstammbuch). Dia diwajibkan untuk tetap menyimpan itu Wehrpass sampai usia 60 tahun. Bila si pemilik kemudian ternyata meninggal atau hilang dalam tugas ketika sedang menjalani wamilnya, maka Wehrpass kepunyaannya akan dikirimkan kepada ahli waris yang bersangkutan melalui kantor perekrutan si prajurit waktu pertama kali masuk.

Jumlah 54 halaman yang terdapat di antara kedua cover depan-belakang berwarna abu-abu dari Wehrpass menyimpan semua data karir militer si pemilik secara kronologis. Catatan yang begitu runut dan mendetail tersebut di antaranya adalah : unit tempat bertugas, pertempuran, medali, luka-luka dan sakit, promosi pangkat, dan hal-hal lainnya. Di bungkus bagian dalam dokumen terdapat sebuah ruang kosong untuk tempat menyimpan koleksi dokumen pribadi, sedangkan foto si pemilik terdapat di halaman pertama. Dalam foto ini, biasanya dia masih terbungkus pakaian sipil, kecuali bila dia sudah pernah terdaftar sebagai anggota militer ketika panggilan wamil datang.

Semua cabang Wehrmacht sama-sama menggunakan Wehrpass dengan sedikit perbedaan di masing-masingnya. Nama cabang itu sendiri (Heer, Luftwaffe, Kriegsmarine atau Waffen-SS) tertulis di dalam sebuah kotak yang berada di cover buku.

Pada dasarnya, terdapat tiga tipe Wehrpass dengan cover yang berbeda-beda - awal, pertengahan dan akhir perang. Wehrpass yang dibuat di awal perang mempunyai lambang elang dengan style Wehrmacht (sayap menutup ke bawah), sedangkan di pertengahan dan akhir perang, sayapnya menjadi terbuka.

Bagi yang masih pusing dengan keterangan di atas, saya sertakan sebuah contoh Wehrpass milik Nikolai Clausen. Tahukah anda siapa dia? Dia adalah manusia dan bukan jin.


Sampul Wehrpass pra-Perang Dunia II kepunyaan Niko Clausen dengan tulisan KRIEGSMARINE terpasang di bawah dan lambang elang Wehrmacht dengan sayap tertutup


Nomor militer dan nama lengkap


Halaman tempat menaruh foto diri lengkap beserta tandatangan


Data pribadi :
1. Nama keluarga : Clausen
2. Nama pertama : Asmus Nikolai
3. Tanggal lahir : 2 Juni 1911
4. Tempat lahir : Flensburg, Schleswig
5. Kebangsaan : Reich Jerman
6. Agama : Evangelical
7. Status keluarga : Menikah
8. Pekerjaan : ?
9. Orangtua : - Ayah: Asmus Clausen. Pekerjaan: petani. Meninggal: 29 Mei 1936
- Ibu: Magda Clausen. Nama gadis: Palaudt

Promosi :
1 Oktober 1931 : Obermatrose
1 Oktober 1933 : Matrosengefreiter
1 November 1933 : Bootsmannmaat
1 September 1935 : Obersteuermannsmaat
1 Mei 1937 : Fähnrich zur See
1 Oktober 1937 : Oberfähnrich zur See
1 Juli 1938 : Leutnant zur See
1 April 1939 : Oberleutnant zur See
1 Januari 1941 : Kapitänleutnant


Tugas militer
Medali dan Penghargaan
D.A. 2nd Class (D.A. ini entah apa maksudnya. Dodol Arut?)
Iron Cross 2nd Class - 28 Februari 1940
Iron Cross 1st Class - 10 Juni 1940
U-Boat War Badge - 18 April 1940
Knight's Cross of the Iron Cross - 13 Maret 1942


Aktifitas dalam perang, penugasan, konflik dan penghiburan
Tanggal dan jumlah hari ketika bertugas di lautan tercatat disini, dan tulisan bahwa dia bertugas di unit U-boat


Petugas pengisian Wehrpass dari Heer. Dari tampangnya yang suntuk, sepertinya dia baru saja mendapat tugas berat untuk meng-update Wehrpass seluruh anggota batalyon! Yang juga menarik dari foto ini adalah "hadirnya" botol minuman keras BOL'S di mejanya, yang menjelaskan mengapa sebagian besar Wehrpass dibuat dengan tulisan tangan yang jeleknya minta ampun! Juga perhatikan foto wanita dengan bikini di sebelah kanan. Intinya... petugas ini jelas-jelas punya hal lain di pikirannya selain update Wehrpass! lol


Dua orang petugas administrasi pengisian data-data Wehrpass dan Soldbuch dari Heer


Kalau yang ini petugas administrasi Luftwaffe sedang bekerja meng-update data Wehrpass



Sumber :
www.collectinghistory.net
www.wehrmacht-awards.com

No comments: