Monday, May 24, 2010

Maibaum, Perayaan Menghias Pohon Dan Batangnya Di Jerman Zaman Nazi!

Maibaum punya DAF (Deutsche Arbeitsfront), Mei 1937


Maibaum


Maibaum Mei 1936


Kalau diperhatikan sekilas, rada-rada mirip panjat pinang ya?


Maibaum yang dipasang di kamp RAD (Reichsarbeitsdienst)


Buku "Der Grün und Blumen Schmuck" terbitan Blut und Boden Publication tahun 1937 ini memuat banyak ilustrasi mendetail tentang bagaimana seharusnya kita menghias rumah, jalan, pohon, dan setiap sudut wilayah lainnya di zaman Nasional-Sosialisme


Dalam buku di atas dicantumkan banyak contoh pilihan ornamen untuk Maibaum. Dari semua ornamen tersebut, ada satu persamaan yang mencolok : semuanya ada Swastikanya!


Contoh Maibaum di zaman modern. Warnung! Maibaum ini tidaklah diletakkan di salah satu kota atau desa di Jerman, melainkan di Sapporo, Jepang!


Oleh : Alif Rafik Khan

Saya bingung juga mencari padanan perayaan ini di Indonesia, kira-kiranya seperti apa? Yang jelas, Maibaum (atau Maypole dalam bahasa Inggris) secara harfiah berarti pohon atau batang zakar eh pohon yang dirias dan diletakkan di depan jendela. Kegiatan senang-senang ini biasa dirayakan di tanggal satu bulan Mei (di Baden dan Swabia), sementara di daerah Friesland Timur, Cekoslowakia, sudah jalan dari sejak akhir bulan Aprilnya. Pada sebagian besar wilayah yang penduduknya berbahasa Jerman (terutama di Baden-Württemberg, Bavaria dan Austria), perayaan ini ditandai dengan pemancangan batang pohon yang telah dirias secara khidmat di tengah lapangan desa. Biasanya Maibaum berhubungan erat dengan festival di desa atau kota tersebut, yang rata-rata diselenggarakan tanggal 30 April atau 1 Mei. Perayaan ini tersebar pula di banyak tempat di Eropa Utara dan Tengah, meskipun disana konotasinya berhubungan dengan festival St. John.

Seperti semua hal lainnya di zaman Adolf Hitler berkuasa, maka perayaan Maibaum pun telah "disusupi" oleh ideologi Nazi, dimana ornamen, hiasan dan dekorasinya kental berbumbu Swastika dimana-mana. Sebagai contoh bisa dilihat dalam gambar di atas!


Sumber :
www.commons.wikimedia.org
www.wehrmacht-awards.com


No comments: