Saturday, November 13, 2010

Potongan Rambut Tentara Jerman

Seorang tentara Jerman dengan potongan rambut yang "mendahului zamannya"!


Acara cukur-mencukur rambut yang dilakukan dimana saja selama masih ada waktu dan tempat!


Contoh gaya rambut tentara Jerman dalam Perang Dunia II yang "sesuai aturan"


Dalam foto berwarna yang dibuat oleh PK (Propaganda Kompanie) Knödler di Rusia dan dimuat di majalah SIGNAL terbitan April 1943 halaman 9 ini kita bisa melihat contoh potongan rambut dari prajurit yang terlalu lama berada di front, panjang nggak karuan! BTW, orang di tengah itu adalah Walter Pape, sementara medali yang tergantung di lehernya itu bukanlah Eisernes Kreuz melainkan Ritterkreuz


Di foto ini kita bisa melihat potongan rambut ala Wehrmacht dari berbagai sisi: depan, samping dan belakang


Prajurit SS dengan pilihan potongan rambut untuk orang-orang yang menderita kebotakan (seperti umumnya pria bule yang sudah menjelang tua)

Oleh : Alif Rafik Khan
Sudah tak terhitung orang yang mencoba membuat tiruan seragam, senjata, dan perlengkapan yang dipakai oleh tentara Jerman dalam Perang Dunia II (tepatnya, era Nazi Jerman). Tapi yang menjadi pertanyaan adalah: pernahkah mereka sedikit mencari tahu atau meniru potongan rambut si tentaranya itu sendiri?
Hal ini pantas mengemuka karena saya pikir potongan/gaya rambut tentara Wehrmacht sungguh unik dan berbeda dengan militer lainnya. Mereka tidaklah dicukur gundul atau cepak seperti umumnya tentara, tapi lebih bergaya "torombol" yang memangkas habis rambut antara kuping dan leher, sementara membiarkan sisa di atasnya. Tak terbayang kalau sekarang anda mempunyai potongan rambut seperti ini, bisa-bisa diketawain orang se-kabupaten!
Kalau ternyata anda bermental baja dan tetap berniat mempunyai potongan rambut ala tentara Jerman seperti yang disebutkan di atas, mungkin sedikit keterangan di bawah ini akan menolong anda dalam memberi penjelasan kepada tukang cukur bagaimana sebenarnya bentuk cukuran yang anda kehendaki:
"Rambut dicukur habis dari bagian leher sampai sedikit di atas kuping, dari bagian depan sampai belakang. Rambut di bagian atas sendiri biasanya dibiarkan panjang seperti biasa, dan disisir rapi dari dahi ke belakang. kebanyakan sisiran rambutnya dibelah di bagian pinggir atau sedikit di tengah kepala."
Tentu saja datang ke tukang cukur terus cuman ngomong itu doang bisa menghasilkan potongan rambut yang bermacam-macam dan kemungkinan tidak sesuai selera kita. Karena itu, ada baiknya anda membawa serta sedikit foto contoh yang bisa didapatkan di atas. Kalau masih belum jelas juga anda bisa mendownload e-book yang berisikan manual potongan rambut Jerman yang aslinya dirilis tahun 1940 DISINI.
Untuk contoh potongan rambut seperti ini yang paling kentara dalam film, anda bisa melihat Tom Hanks dalam film "Forest Gump" atau pemeran Amon Göth dalam film "Schindler's List".
Note: Tentunya potongan rambut seperti ini bukanlah hal yang mutlak, apalagi bila si prajurit mempunyai masalah kebotakan!

Sumber :
www.dererstezug.com
www.en.wikipedia.org
www.forum.axishistory.com
www.tiif.de


4 comments:

nugraha said...

om, ane minta izin copas donk buat thread di Kaskus...

Hans-Joachim Marseille said...

Silakan asal disertai link ke sumbernya... :)

Gin said...

om link manual potongan rambut Jermannya idupin lagi donk

Alif Rafik Khan said...

Terimakasih atas pemberitahuannya. Linknya sudah diperbaiki. Selamat men-download! :)