Tuesday, September 8, 2009

Reichsminister Wilhelm Frick (1877-1946), Menteri Dalam Negeri Nazi Jerman!

Reichsminister Wilhelm Frick


Wilhelm Frick (kiri) bersama komandan Polizei Kurt Daluege dan Gauleiter Franz Hofer, Februari 1939


Suasana pengadilan Nürnberg. Baris tengah dari kiri ke kanan : Alfred Rosenberg, Hans Frank, Wilhelm Frick dan Julius Streicher. Baris belakang : Alfred Jodl, Franz von Papen dan Arthur Seyss-Inquart. Kalo baris depannya? Itu sih tim pembela!


Wilhelm Frick setelah dieksekusi Sekutu dengan digantung. Perhatikan tali gantungan yang masih menempel di lehernya!


Dr. Wilhelm Frick (12 Maret 1877 - 16 Oktober 1946) menjabat sebagai MenDaGri Reich dan Reichsprotektor Bohemia dan Moravia.

Frick lahir di Alsenz, anak seorang guru sekolah Protestan. Ia belajar hukum di beberapa perguruan tinggi yang ada di Jerman dan menerima gelar doktor pada tahun 1901. Dari 1904 hingga 1924 ia bekerja sebagai pejabat pemerintahan di departemen polisi München.
Seseorang yang taat pada nasional sosialisme, Frick ikut serta di Bierkeller Putsch yang gagal pada bulan November 1923, sehingga ia dijatuhi hukuman penjara beberapa bulan. Pada tahun 1924, ia dipilih sebagai salah satu deputi pertama Nazi untuk Reichstag. 6 tahun kemudian ia menjadi menteri dalam negeri di Thüringen, menteri pertama Nazi dalam pemerintahan provinsi. Selama masa jabatannya, ia mengadakan pembersihan dalam tubuh angkatan polisi dari simpatisan Republik Weimar dan mempromosikan para calon Nazi di atas lainnya untuk berbagai kedudukan.

Setelah Nazi menduduki jabatan, Frick diangkat sebagai MenDagri Reich, sebuah kedudukan yang dipegangnya hingga Agustus 1943. Pelatihannya sebagai juri dimanfaatkan untuk membuat pengesahan yang menyingkirkan bangsa Yahudi dari kehidupan umum, menghapuskan parpol, dan mengirimkan para pembangkang ke kamp konsentrasi. Setelah membantu Adolf Hitler untuk mengkonsolidasikan kekuatan, Frick mulai kehilangan pengaruh. Pada tahun 1943, ia diangkat sebagai Reichsprotektor untuk Bohemia dan Moravia, namun otoritas sesungguhnya di protektorat itu ada di tangan bawahannya Karl Hermann Frank.

Setelah perang, Frick diadili sebelumnya oleh Pengadilan Militer Internasional di Nürnberg. Menyusul pendakwaannya, ia dihukum gantung pada tanggal 16 Oktober 1945 di Nurnberg.


Sumber :
www.id.wikipedia.org
www.images.google.com
www.picasaweb.google.com
www.commons.wikipedia.org
www.dhm.de

No comments: