Saturday, May 23, 2009

Panzerkampfwagen II, Panzer Yang Digunakan Untuk Latihan Dan Operasi Anti-Partisan!


Generasi tank Jerman, dari Panzer I sampai Panzer VI Tiger II


Panzer II ausf L 'Luchs' yang khusus dibuat untuk kepentingan pengintaian (reconnaisance)


Tentara Amerika dengan santainya menaiki Panzer II tangkapan dari Jerman


Panzer II F model awal


Panzer II F dengan kamuflase musim dingin


Panzer II F yang digunakan oleh tentara Jerman di front Afrika


Spesifikasi Panzer II



Sedikit keterangan tentang Panzer II


Panzer II Ausf F


PzKpfw II memiliki panjang 4,38 meter, lebar 2,14 meter dan tinggi 1,95 meter. Ketebalan bajanya hingga 14 mm di depan-belakang dan setiap sisi serta 10 mm di atas dan di bawah. Tebal baja tersebut masih dianggap kurang efektif melawan apa pun yang lebih dari sekedar senapan mesin, sehingga mulai Ausf D ketebalan tersebut ditambah hingga 30 mm. Bahkan untuk Ausf F memiliki ketebalan baja hingga 35 mm di muka dan 20 mm di setiap sisi. Selain itu hampir semua Panzer II ini dipersenjatai dengan kanon KwK 30 L/55 20 mm yang awalnya meru-pakan senjata anti-pesawat udara dan mampu menembak dengan jum-lah 280 tembakan per menit.

Selain itu, di samping senjata utama juga dipasang senapan mesin MG34 kaliber 7,92 mm. Kanon 20 mm tersebut terbukti tidak efektif melawan berbagai jenis tank Sekutu sehingga diganti dengan kaliber 37 mm bahkan 50 mm. Tetapi hal ini tidak sesuai dengan umur panser, yang kemudian diganti oleh jenis yang lebih baru. Sukses yang lumayan dicapai saat mengganti peluru penembus baja standar dengan amunisi bermata tungsten. Sayangnya, hal ini terkendala oleh kurang-nya material tungsten yang memang sangat langka.

Semua PzKpfw II dilengkapi mesin Maybach HL62 TRM yang berkekuatan 140 HP dengan 6 transmisi kecepatan dan bahan bakar bensin. Suspensi pun menggunakan model leaf spring dan mempunyai daya jelajah 200 km dengan kecepatan 40 km/jam. Selain itu awaknya bertambah menjadi tiga orang, yakni pengemudi yang duduk di depan, komandan berada di tingkap menara dengan tugas membidik dan me¬nembak, serta pengisi peluru merangkap petugas radio.

PzKpfw II ini sejak dikeluarkan tahun 1936 mulai berdinas hingga tahun 1942. Sesudah tahun tersebut ia hanya digunakan di garis belakang pertempuran. Menjelang akhir perang, tank ini hanya ber-fungsi sebagai tank latih. Awalnya, PzKpfw II ini dikeluarkan untuk komandan pleton dan kompi namun kemudian juga digunakan untuk batalion panser. Sejumlah PzKpfw II yang terlibat dalam Perang Saudara Spanyol adalah Ausf 'b' dan A yang ditempatkan dalam Batalion 88 Legion Condor. Meski demikian secara resmi panser ini digunakan dalam aneksasi Austria dan pendudukan Sudetenland, Czechoslovakia.


Sumber :


No comments: