Thursday, May 28, 2009

Goliath, Robot Tertua Dalam Dunia Kemiliteran!

Tentara Jerman menyiapkan Goliath untuk sebuah misi tanggal 1 Oktober 1944 sebelum berakhirnya pemberontakan di kota Warsawa, Polandia. Para pemberontak tersebut begitu suksesnya meredam panzer-panzer Jerman yang mencoba untuk memadamkan pemberontakan, sehingga para jenderal Jerman memutuskan untuk memakai Goliath secara intensif, dan dengan hasil yang memuaskan!


Pandangan close-up dari Goliath tanpa penutup, memperlihatkan suatu mesin remote-control yang sederhana tapi efektif


Seorang tentara Jerman dari unit Pioniere sedang mempersiapkan sebuah Goliath untuk operasi pendukung serbuan ke bunker musuh


Beberapa buah Goliath yang berhasil direbut pasukan Inggris


Goliath close up


Foto lain dari Goliath. Kalau diperhatikan mirip-mirip dengan tank zaman Perang Dunia I ya?


Goliath, adalah nama robot tertua yang dipakai dalam dunia kemiliteran. Goliath sebenarnya adalah ranjau yang dapat berjalan. Robot ini diciptakan oleh Wehrmacht (angkatan bersenjata Jerman) semasa perang dunia kedua. Goliath yang memiliki nama asli SdKfz. 302 Sonderkraftfahrzeug (kendaraan untuk kebutuhan khusus) ini, diproduksi di Bremen pada tahun 1940-an. Kendaraan ini dikendalikan dengan menggunakan remote kontrol. Tugas utama Goliath adalah mengangkut bahan peledak mendekati prajurit musuh. Goliath mampu mengangkut 60 Kg bahan peledak dan mampu menghancurkan tank, gedung atau barikade pertahanan musuh.

Goliath adalah siluman yang menghantui front timur selama perang dunia kedua. Keberadaannya, menginspirasi pemerintah Uni Sovyet untuk menciptakan robot militer kedua pada masa perang dunia kedua. Robot ini disebut sebagai teletank (Tt).


Sumber :


2 comments:

Yosaphat Agni said...

untuk inpoh aja yah...
teletank itu lebih dulu dari goliath.
teletank itu tank biasa yang dikonversi jadi robot.

Prototype said...

pesawat pertama itu nazi??
Bukan kah yg pertama itu soviet
http://id.wikipedia.org/wiki/Pesawat_siluman