Saturday, July 3, 2010

The Illustrated War News, Buku Super Langka Terbitan Tahun 1916 Yang Saya Miliki!




Sedikit melenceng dari tema Perang Dunia II yang ada dalam blog ini, tapi tetap masuk dalam salah satu thread yang ada. Saya ingin memperkenalkan salah satu koleksi buku yang saya miliki, yang saya beli pada tanggal 20 April 2001 (ngeh nggak tanggalnya? tanggal ulang tahun Hitler, Brow!) di Toko Buku Palasari, Bandung. Buku tersebut berjudul "The Illustrated War News" yang merupakan serial buku tentang Perang Dunia I yang dikeluarkan oleh badan propaganda Inggris. Buku ini FULL gambar dan foto setiap halamannya, dan dikeluarkan pada masa perang tersebut masih berlangsung... Ya, berarti usia buku tersebut sudah 80 tahunan ke atas!

Buku yang saya miliki terdiri atas 716 halaman dan merangkum suasana perang dari tanggal 3 November 1915 sampai dengan tanggal 9 Februari 1916. Yang saya kagum dari buku ini adalah, meskipun usianya sama dengan almarhum kakek saya, tapi kualitas gambarnya masih SUPERB dan tidak pudar sedikitpun! Sangat berbeda jauh dengan hasil cetakan masa sekarang yang usianya tidak tahan lama dan dalam beberapa tahun saja warna tintanya sudah mulai hilang.

Meskipun buku ini keluaran Inggris, tapi banyak juga menampilkan foto-foto dari musuhnya saat itu, yaitu kekuatan Sentral (Jerman, Austro-Hungaria, Turki, dan Bulgaria). Tentu saja berita yang ada pun bias khas propaganda masa perang, dan menggambarkan seakan-akan bahwa pihak Sekutu adalah "malaikat" dan lawannya sebagai "kelongwewe"!

No comments: