Wednesday, July 7, 2010

Dunkirk (2004), Doku-Drama Tentang Evakuasi Pasukan Inggris Dari Pantai Prancis Yang Terkepung Jerman!


Oleh: Alif Rafik Khan

"In May 1940, Britain came closer to losing the Second World War than at any other time. For ten days, the future of the country hung in the balance. This is the story of those desperate days. All the characters are real; all the events from first-hand accounts."
— Narasi pembuka oleh Timothy Dalton

DUNKIRK merupakan film drama-dokumenter yang berkisah tentang salah satu misi evakuasi paling terkenal dalam sejarah, yaitu pengungsian ratusan ribu prajurit British Expeditionary Forces (BEF bukan BOKEF) dan Sekutu dari pantai Dunkirk yang dikepung pasukan Jerman pada bulan Mei 1940. Maksudnya drama-dokumenter yaitu bahwa film ini menggabungkan antara drama yang diperankan oleh aktor, dan cuplikan-cuplikan asli dari zaman Perang Dunia II. Hanya karena drama bukan berarti film ini menjadi fiksi, bukan begitu. Hanya saja kronologis cerita menjadi lebih menegangkan untuk diikuti bila dibandingkan dengan kita hanya menonton newsreel saja.

Film ini terdiri dari tiga episode:
Episode 1: Retreat. Pasukan Inggris mulai terdesak oleh serangan Jerman dengan Blitzkrieg-nya. Mereka terus-terusan mundur sampai sebagian besarnya terjebak di sebuah pantai kecil Prancis bernama Dunkirk.
Episode 2: Evacuation. Perdana Menteri Inggris Winston Churchill memerintahkan evakuasi besar-besaran dari pasukan yang terkepung. Berbagai kapal dari jenis dan ukuran yang beraneka ragam dikerahkan ke TKP.
Episode 3: Deliverance. Akhirnya pasukan Inggris yang diungsikan berhasil selamat tiba di Inggris. Tercatat 338.226 dari 400.000 orang yang diselamatkan. Sisanya tewas atau tertangkap. Tak terhitung kerugian material yang ditinggalkan.

Untuk pemesanan silakan klik DISINI.


No comments: