Sunday, November 2, 2014

Nashorn, si Penghancur Tank



Oleh : Hostuf Ajisaka

Nashorn adalah satu model tank destroyer Jerman yang dikembangkan untuk menjawab kebutuhan mendesak Jerman akan senjata antitank yang lebih baik lagi. Seperti telah disebutkan bahwa Wehrmacht sempat mengalami pukulan berat di medan perang Rusia dengan kehadiran tank-tank Uni Soviet T-34 dan KV1. Tank Destroyer yang sudah ada seperti Panzerjäger I maupun Marder sama sekali belum bisa memadai. Meskipun Marder telah dilengkapi dengan meriam 75 mm, tetap saja tidak cukup efektif untuk menghadapi KV-1. Untuk dapat melumpuhkan KV-1 dari jarak aman minimal harus menggunakan meriam 88 mm. Dan oleh karena inilah, tank destroyer model baru dengan meriam 88 mm mulai diproduksi.

Nashorn mulai didesain pada bulan Oktober 1942. Produksi secara massal baru dibulai pada awal tahun 1943. Nashorn memiliki nama resmi 8.8 cm PaK 43 (L/71) auf Fahrgestell Panzerkampfwagen III/IV (Sf). Model baru ini diberi nama julukan/panggilan 'Nashorn' atau yang berarti 'Badak' atas perintah dari Adolf Hitler. Sekilas, memang tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok dari penampilan luar Nashorn dengan Marder selain meriam 88 mm dan chassis Panzer III dan Panzer IV yang digunakan.

Nashorn berada di kesatuan lapis baja Jerman dalam Batalion Antitank Berat (Schewerer Panzerjäger Abteilungen) 560, 655, 525, 93, 519 dan 88. Tiap-tiap Batalion memiliki 30 hingga 45 unit Nashorn. Dan, seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa meriam 88 mm adalah salah satu senjata antitank terbaik yang pernah dimiliki Jerman.

Nashorn dapat menghancurkan sebuah T-34 dari jarak 1500 meter (kurang lebih 1 mil). Kualitas Nashorn telah teruji dengan baik dalam medan perang Kursk, yang merupakan medan perang tank paling akbar dalam sejarah Perang Dunia II. Kelemahan Nashorn yaitu pelindung yang tidak terlalu kuat, namun dapat ditutupi dengan kemampuannya menghancurkan kendaraan tempur lawan dari jarak yang cukup jauh. Tetapi, Nashorn sama sekali tidak berdaya dalam pertempuran jarak dekat, dan harus selalu dijauhkan dari jangkauan tembakan lawan.

Statistik dan Teknikal Data Nashorn :
*Manufaktur : Deutsche-Eisenwerke AG, in Teplitz-Schönau
*Kelas : Medium Tank Destroyer
*Berat : 24 ton
*Senjata Utama : 88 mm PaK 43 L/71
*Kru : 4 atau 5 orang
*Pelindung : 10 - 30 mm
*Kecepatan : 42 km/jam
*Jarak Tempuh : 235 km



Sumber :
- Darmawan, Muh. Daud (2010). "Kendaraan Tempur Perang Dunia II". Penerbit NARASI
- www.en.wikipedia.org
- alifrafikkhan.blogspot.com



No comments: