Monday, September 21, 2009

Helferin Wehrmacht, Organisasi Wanita Yang Diperbantukan Di Angkatan Bersenjata Nazi Jerman!

Foto tiga orang sukarelawan wanita Jerman (helferinnen) setelah mereka ditangkap Sekutu. Oberhelferin di tengah memakai tanda yang menunjukkan bahwa dia adalah operator radio Luftwaffe


Seragam Helferin Deutsche Rote Kreuz (Palang Merah Jerman)


Seragam helferin SS dan Polizei


Takdir yang tragis : Johann Kothmeier sedang lepas tugas dan mengunjungi saudarinya Emmi Kothmeier yang menjadi helferin di unit artileri anti serangan udara di Rosenheim (Bavaria Atas) ketika serangan udara Sekutu menewaskan keduanya! Inilah Death Card (Kartu Kematian) mereka berdua


Badge helferin Luftwaffe


Seragam helferin Luftwaffe


Oleh : Alif Rafik Khan

Pada awal tahun 1940 dimana intensitas peperangan yang berkecamuk memaksa banyaknya anggota militer Jerman (Wehrmacht) yang sebelumnya bertugas di keadministrasian lalu dipindahkan sebagai tentara aktif di medan perang, membuat Hitler memutuskan bahwa sudah saatnyalah kaum wanita diperbantukan di ketentaraan sebagai pengisi kekosongan di bidang yang tersebut di atas.

Kebanyakan para sukarelawan wanita ini bertugas di Luftwaffe (Angkatan Udara), terutama setelah tahun 1943 dimana intensitas pengeboman ranah Jerman oleh pesawat-pesawat Sekutu membuat skala prioritas bagi Luftwaffenhelferinnen ini berubah : tadinya mengurusi tugas kantoran, kini digunakan juga sebagai petugas yang membantu sistem anti serangan udara Jerman. Ternyata ini pun masih dirasa kurang mencukupi, maka banyak para Helferinnen yang sebelumnya bertugas di angkatan lain, ditarik pula untuk pindah ke Luftwaffe.

Di antara tugas-tugas para helferin Luftwaffe yang diambil dari Luftwaffehelferinnenkorps ini, sebagian di antaranya adalah : operator lampu sorot anti serangan udara (searchlight), bunker-bunker flak artileri, peralatan pendeteksi suara (radar). Kebanyakan mereka bertugas di tanah airnya sendiri, dan meskipun secara resmi mereka tidak termasuk ke dalam ketentaraan itu sendiri, tapi mereka tetap dikenai peraturan dan kedisiplinan militer. Para helferin ini dapat dikenali dari badge khusus yang dipasang di lengan kanan atas dari seragam mereka.

Selain helferin Luftwaffe, juga ada helferin Heer (Angkatan Darat), Kriegsmarine (Angkatan Laut), SS (pasukan khusus Nazi) dan Rote Kreuz (Palang Merah).

Struktur pangkat Helferin Wehrmacht dan perubahannya di akhir perang :

Pangkat Sampai 1945 Pangkat Baru Persamaannya Dengan Pangkat Biasa

Helferin Helferin Soldat

Oberhelferin Oberhelferin Gefreiter

-------------- Haupthelferin Obergefreiter


Pangkat Perwira Rendah (UnderFührerin)

Haupthelferin Truppführein Unteroffizier

-------------- Obertruppführein Feldwebel


Perwira Tinggi (Führeinnen)

Führerin Dienstführerin Leutnant

Oberführerin Oberdienstführerin Oberleutnant

Hauptführerin Hauptdienstführerin Hauptmann

Stabsführerin Stabsführerin Major

Oberstabsführerin Oberstabsführerin Oberstleutnant


Sumber :
www.forum.axishistory.com
www.forosegundaguerra.com
www.drugisvetskirat.org

No comments: