Monday, September 21, 2009

Wehrmacht, Angkatan Bersenjata Nazi Jerman!

Para "tukang tiru" (reenactor) Wehrmacht sedang mencoba menghidupkan kembali pertempuran di Garis Molotov di Sanok-Olchowce, Polandia, 22 Juni 2008


Parade kemenangan Wehrmacht di Rheinstrasse setelah kejatuhan Prancis di bulan Juni 1940


Majalah "Die Wehrmacht" dengan sampul kontes menembak yang diikuti oleh para perwira Wehrmacht terbaik. Disini pistol yang digunakan adalah Zimmerschützen, pistol khusus untuk keperluan beginian yang sudah digunakan selama bertahun-tahun


Wehrmacht adalah nama angkatan bersenjata Nazi-Jerman sejak tahun 1935 hingga 1945. Selama Perang Dunia II, Wehrmacht terdiri dari Heer (angkatan darat), Kriegsmarine (angkatan laut), Luftwaffe (angkatan udara) dan pasukan Waffen-SS ("SS Bersenjata"), serta ditambah unit-unit Sturmabteilung (SA).

Setelah Nazi Jerman menyerah tanpa syarat pada tanggal 7 Mei 1945, Jerman dilarang memiliki angkatan bersenjata. Terbelahnya Jerman pada masa Perang Dingin memicu pembentukan angkatan militer di Republik Federal Jerman (Jerman Barat) dan Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur).

Militer Jerman Barat terbentuk pada tanggal 5 Mei 1955 dengan nama Bundeswehr yang berarti Angkatan Pertahanan Federal. Sementara militer Jerman Timur dibentuk pada 1 Maret 1956 dengan nama Tentara Rakyat Nasional (Nationale Volksarmee).

Sebelum bangkitnya NSDAP, istilah Wehrmacht digunakan dalam arti umum untuk menyebutkan angkatan bersenjata dari bangsa manapun, yang difungsikan sebagai "pertahanan tanah air".

Contohnya, istilah Britische Wehrmacht berarti menunjuk kepada angkatan bersenjata Inggris. Pasal 47 dari Undang-undang Dasae Weimar tahun 1919 menyatakan "Reichspräsident memegang kekuasaan tertinggi semua angkatan bersenjata kerajaan". Untuk memberi ciri khas, istilah Reichswehr digunakan untuk menyebut angkatan bersenjata Jerman.

Pada tahun 1935, Reichswehr kemudian diganti menjadi Wehrmacht. Setelah PD II dan di bawah pendudukan sekutu, Wehrmacht di ubarkan. Maka, istilah Wehrmacht secara tak resmi digunakan untuk merujuk kepada angkatan bersenjata Jerman selama masa Reich ke-3 dan PD II.

Catatan : Adalah tidak tepat jika menyamakan Wehrmacht hanya dengan angktan darat (Heer). Kendaraan Wehrmacht yang digunakan oleh Heer, Luftwaffe atau angkatan laut memiliki plat nomor dengan WH, WL, WM.


Sumber :
www.id.wikipedia.org
www.germaniainternational.com
www.497thrtg.homestead.com
www.commons.wikimedia.org

No comments: