Wednesday, November 7, 2018

Foto Beutefahrzeug (Kendaraan Rampasan) dan Mobil Buatan Luar Jerman Milik Wehrmacht

BUICK (AMERIKA SERIKAT)

  Generalleutnant Hermann-Meyer Rabingen berdiri di atas sebuah mobil staff Buick Special serie 60 (1938) model 66C Convertible Coupe empat penumpang buatan Amerika yang indah dengan plat nomor WH (Wehrmacht Heer) 707165, sementara supirnya berpose di samping. Dalam Perang Dunia II Wehrmacht menggunakan semua kendaraan yang tersedia, apapun jenisnya dan berasal dari mana, demi memenuhi kebutuhan mobil-mobil penumpang/staff mereka. Bisa dibilang semua mobil atau truk asal Amerika buatan tahun 1935-1941 dapat ditemukan dalam perbendaharaan kendaraan Jerman, di wilayah manapun mereka berada. Untuk pemakaian di luar medan tempur, maka mobil-mobil tersebut biasanya tetap memakai warna cat asli mereka atau ditutup oleh warna militer yang tersedia, sementara untuk bannya sendiri kebanyakan mobil yang tergolong mewah/lux mempunyai pelk atau dop putih yang kemudian ditimpah dengan warna apapun yang bisa digunakan saat itu

-----------------------------------------------------------------------------------------

 CHEVROLET (AMERIKA SERIKAT)

 Hauptmann Hans-Ulrich Kettling mendapatkan pelatihan di Luftkriegsschule Berlin Gatow dan Jagdfliegerschule Werneuchen sebelum kemudian operasional untuk pertama kalinya bersama dengan 9.Staffel / III.Gruppe / Jagdgeschwader 132. Dia terbang menggunakan Messerschmitt Bf 110D "M8+CH" (werknummer 3155) bersama dengan 1.Staffel / I.Gruppe / Zerstörergeschwader 76 ketika pesawatnya ditembak jatuh - oleh Spitfire dari RAF No. 41 Squadron yang dipiloti oleh P/O George Bennions - di atas Country Durham (Inggris), pada tanggal 15 Agustus 1940. Karena dua mesinnya kemudian mati, Kettling terpaksa mendarat darurat di Streatlam, dekat Barnard Castle, dan menjadi tawanan sampai dengan akhir perang bersama dengan Bordfunker-nya, Obergefreiter Friedrich Wilhelm "Fritz" Volk. Foto ini diambil pada tahun 1940 di Trondheim, Norwegia, dan memperlihatkan saat Kettling masih menjadi Leutnant di Zerstörergeschwader 76 selama berlangsungnya Pertempuran Britania. Mobil di belakangnya adalah Sedan Chevrolet Master deluxe dua pintu keluaran tahun 1937. Kettling sendiri dipromosikan menjadi Hauptmann pada tanggal 1 Maret 1943 sewaktu masih mendekam di kamp tawanan. Dia selamat sampai dengan akhir perang, dan meninggal dunia pada tanggal 24 Maret 2011. Medali dan penghargaan yang telah diterimanya: Flugzeugführerabzeichen serta Eisernes Kreuz II.Klasse und I.Klasse

-----------------------------------------------------------------------------------------

JEEP (AMERIKA)

Foto ini diambil tak jauh dari Voronezh (Rusia) di musim panas 1942 dan memperlihatkan kendaraan pribadi (sebuah Jeep versi awal rampasan) dari perwira yang berdiri di kiri, Major der Reserve Hans Bonenkamp (Kommandeur III.Bataillon/Artillerie-Regiment 295 /95.Infanterie-Division). Bohnenkamp nantinya meraih Ritterkreuz tanggal 22 Januari 1943 dan di akhir perang pangkatnya adalah Oberst der Reserve. Perhatikan panji komandan "III" yang ditempelkan di jip tersebut!


 Prancis, musim gugur tahun 1944. Tiga orang anggota pasukan lapis baja Jerman berkendara menggunakan mobil jip Amerika hasil rampasan. Mereka semua mengenakan jaket kamuflase Italia Telo Mimetico M29. Sang supir, yang juga adalah seorang perwira berpangkat Leutnant, memakai topi dari jenis schiffschen dengan bahan kamuflase serupa, hanya saja telah mendapat tambahan litzen silver perwira di pinggir-pinggirnya (emas untuk jenderal)

-----------------------------------------------------------------------------------------

 ALFA ROMEO (ITALIA)

Salah satu mobil komando yang dipakai oleh Erwin Rommel di Afrika Utara, Alfa Romeo 6C 2500 Coloniale, adalah sebuah contoh mengenai kendaraan "daur ulang" yang umum terjadi di medan perang Afrika: pertama dia digunakan oleh Angkatan Darat Italia (yang terlihat dari plat nomornya, RE: Regio Esercito). Setelah dia dihadiahkan oleh pihak Italia kepada Rommel, maka bodinya ditambahi dengan lambang pohon kurma dan swastika seperti halnya semua kendaraan perang Jerman di Afrika. Kendaraan yang hanya diproduksi sebanyak 150 biji ini lalu digunakan oleh staff Panzergruppe Afrika yang biasa menemani Rommel dalam inspeksinya ke front

-----------------------------------------------------------------------------------------

FIAT (ITALIA)


Konvoy truk-truk Fiat 626 milik II.Abteilung / Artillerie-Regiment 51 / 15.Infanterie-Division yang bergerak maju di dekat desa Mrkalji (Han Pijesak), Yugoslavia, dalam Unternehmen Kugelblitz (Operation Ball Lightning), bulan Desember 1943. Foto yang diambil oleh Kriegsberichter Westermann ini diambil dari salah satu kendaraan yang sedang berjalan, dan memperlihatkan truk di depannya yang menarik sebuah meriam howitzer lapangan leFH 18M kaliber 105mm

-----------------------------------------------------------------------------------------

GMC (PRANCIS)

 Kandidat perwira Feldwebel Otto Carius mengawasi gerak maju konvoy kendaraan-kendaraan suplai divisinya agar bisa cepat sampai ke front terdepan dimana keberadaan mereka sangat dibutuhkan. Foto diambil musim semi 1942 saat Carius menjadi Führer Erkundungs-Pionierzug Stabskompanie III./Panzer-Regiment 21 / 20.Panzer-Division. Mobil truk yang berada di depannya berasal dari jenis GMC ACK 353 buatan Prancis

-----------------------------------------------------------------------------------------

 RENAULT (PRANCIS)

Obergefreiter August Uhlendorf (Stab Panzer-Pionier-Bataillon 50 / 22.Panzer-Division) berpose di samping truk Renault AHN yang merupakan milik dari staff batalyon. Truk khusus zeni tersebut merupakan hasil rampasan dari pasukan Prancis dalam pertempuran di tahun 1940, dan merupakan satu dari 47 buah yang diberikan ke Wehrmacht. Khusus untuk penggunaan di Front Timur, hampir semua truk Renault AHN dilengkapi dengan tambahan wirbelluftfilter (filter udara vortex) untuk menyaring udara kotor dan debu yang masuk ke bagian mesin. Foto ini sendiri diambil pada tahun 1942, tak lama sebelum keberangkatan Panzer-Pionier-Bataillon ke Stalingrad

-----------------------------------------------------------------------------------------

TALBOT (PRANCIS)

 Generalmajor Erwin Rommel (Kommandeur 7. Panzer-Division) bersama dengan staffnya di Prancis bulan Juni 1940. terlihat seorang warga sipil ikut nongol dalam foto ini, yang kemungkinan adalah pejabat lokal yang sedang membahas penyerahan kotanya. Mobil di belakang adalah Talbot dari jenis K74 (diproduksi tahun 1929-1935) atau K78 (diproduksi tahun 1931). Foto dari NARA koleksi Thomas Nutter





Sumber :
Buku "Island Of Fire: The Battle For the Barrikady Gun Factory In Stalingrad November 1942 - February 1943" karya Jason D. Mark
Buku "Luftwaffe Training Aircraft; The Training of Germany's Pilots and Aircrew through Rare Archive Photographs" karya Chris Goss
Buku "Tigers in the Mud" karya Otto Carius
Foto koleksi pribadi Akira Takiguchi
www.bandenkampf.blogspot.com
www.panzernet.com
www.wehrmacht-awards.com

No comments: