Saturday, November 3, 2018

Walther PPK, Pistol yang Digunakan Hitler Bunuh Diri




Karena takut jatuh ke tangan Soviet, yang sedang berjuang merebut Berlin, Adolf Hitler, pemimpin Third Reich, awalnya menelan kapsul sianida pada 30 April 1945. Kemudian  pada pukul 15.30, dia menembak dirinya sendiri dengan pistol Walther PPK 7,65-milimeter. Diperkirakan dia menembak di bagian bawah dagunya. Setidaknya itulah versi resmi tentang kematiannya.

Dia ditemukan bersama istri barunya Eva Braun, yang juga menelan kapsul sianida. Keduanya terkulai di sofa.

Dipercaya bahwa Hitler memiliki beberapa PP dan PPK, tetapi pistol yang digunakannya pada 30 April sudah lama hilang.  Kemungkinan diambil sebagai hadiah oleh tentara Soviet atau disimpan dan disembunyikan oleh salah satu orang terakhir yang meninggalkan Führerbunker sebelum menyerah (Berlin dan keruntuhan Third Reich sendiri terjadi pada 7 Mei 1945).

Pada tanggal 1 Mei, otoritas Nazi mengumumkan bahwa Hitler telah mati bertempur dengan anak buahnya. Selain itu diumumkan pula bahwa Laksamana Karl Dönitz akan menjadi penggantinya. Mayat Hitler dan Braun dibawa keluar dari bungker ke sebuah taman kecil di belakang Reich Chancellery.  Jasad keduanya disiram dengan bensin, dibakar dan kemudian segera dikubur di sebuah lubang hasil ledakan bom.

Meski PPK mungkin terkenal karena hubungannya dengan Nazi Jerman, pistol ini terkenal sebagai senjata pilihan James Bond – meskipun senjata pertama Bond adalah Beretta 418.  Namun ketika seorang penggemar menyarankan PPK sebagai senjata yang lebih jantan, maka kemudian senjata ini digunakan oleh James Bond di film selanjutnya.

Carl Walther Waffenfabrik awalnya mengembangkan PPK dari Pistol Polisi Walther yang sedikit lebih besar pada tahun 1931. “PPK” adalah kependekan dari Polizeipistole Kriminalmodell . Senjata ini sangat populer di seluruh daratan Eropa, baik digunakan polisi maupun warga sipil.

Selama perang, P-38 adalah senjata standar panglima angkatan bersenjata Jerman. Sedangkan  PPK dikeluarkan untuk polisi, perwira tinggi, anggota Luftwaffe dan badan intelijen.

PPK bisa dibilang merupakan salah satu pistol double-action blow-back paling sukses di dunia. Ini juga salah satu pistol yang paling banyak disalin di dunia. Makarov Rusia adalah tiruan paling populer. PPK bahkan masih diproduksi setelah 80 tahun.

-----------------------------------------------------------------------------

 Walther PPK Pistole berukir milik pribadi dari Generalfeldmarschall Walther von Brauchitsch, mantan Panglima Angkatan darat Nazi Jerman. Pistol ini dirampas oleh seorang perwira Korps Intelijen Inggris dari sang Marsekal, tak lama setelah dia menyerah pada pasukan Sekutu di rumahnya di Schleswig-Holstein pada tahun 1945. Saat ini, pistol tersebut menjadi milik Kementerian Pertahanan Inggris, dan telah dinonaktifkan larasnya. Di salah satu sisinya terdapat ukiran "Waffenfabrik Walther, Zella-Mehlis (Thür). Walther's Patent Cal. 7,65 %" (Pabrik Senjata Walther, Zella-Mehlis, Thüringia. Paten Kaliber 7,65mm)


Sumber :

No comments: