Sunday, May 16, 2010

Menelusuri Pameran Olimpiade Nazi 1936

Petinju keturunan Yahudi asal Kanada Sammy Luftspring. Perhatikan lambang Bintang Daud di celana pendek sepusar ala Jojon!


Logo Olimpiade 1936 yang dilangsungkan di Berlin


Pameran yang dipajang di Vancouver Holocaust Education Centre dan berlangsung dari bulan April hingga 10 Juni 2010, menyediakan tampilan yang komprehensif pada Olimpiade 1936 di Jerman dan dampaknya terhadap dunia.

Lebih Dari Hanya Pertandingan: Kanada & Olimpiade tahun 1936 menyelidiki kebijakan anti-Yahudi Nazi yang 'menodai' Olimpiade Jerman.

Dengan menghubungkan kisah-kisah individu atlet dari Jerman dan luar negeri yang berlomba - atau menolak untuk berlomba pada pertandingan tahun 1936, pameran menempatkan wajah manusia pada sisi yang dipandang gelap dalam sejarah Olimpiade dan pertandingan kontroversial yang diselenggarakan di bawah kekuasaan Nazi dan Adolf Hitler.

Pada tahun 1931, Komite Olimpiade International (IOC) memilih Jerman sebagai tuan rumah Olimpiade musim panas dan musim dingin tahun 1936, menyambut negara itu kembali ke dalam kancah internasional setelah kekalahannya pada Perang Dunia I. Republik Demokrasi Weimar yang berkuasa pada waktu itu akan segera digulingkan sehingga Hitler cepat naik ke tampuk kekuasaan, menjadi kanselir pada tahun 1933.

Pada 23 Maret 1933, Tindakan yang Memungkinkan dipaksakan melalui Parlemen Jerman, yang dengan efektif mengubah demokrasi yang rapuh menjadi sebuah kediktatoran fasis.

Setelah Hitler merebut kekuasaan, suksesi kebijakan cepat diterapkan dimana orang Yahudi dilucuti hak-hak mereka sebagai warga negara dan kemampuan mereka untuk bersaing di acara olahraga. Pada 25 April 1933, Kantor Olahraga Nazi mengimplementasikan kebijakan "hanya bangsa Arya" yang boleh bersenam dan olahraga. Atlet Yahudi dikeluarkan dari klub-klub olahraga Jerman dan tidak diizinkan untuk bersaing dengan non-Yahudi.

Pada musim gugur 1935, pemerintah Nazi memperkenalkan Hukum Nuremberg, yang menelanjangi orang-orang Yahudi dan "musuh negara" lainnya dari hak-hak sipil dasar mereka. Pada saat menjelang Olimpiade, propaganda anti-Yahudi memenuhi seluruh Jerman dan memperoleh perhatian internasional.

Akan tetapi, kebijakan anti-Yahudi Nazi waktu dijalankan bertentangan dengan cita-cita Olimpiade yaitu persatuan, dan IOC dan masyarakat internasional menekan Jerman untuk memungkinkan orang-orang Yahudi Jerman untuk berpartisipasi dalam Olimpiade.

Diktator Nazi bersiap untuk memenangkan propaganda besar, sukses menjadi tuan rumah Olimpiade, sehingga atas perintah dari IOC dan karena takut bahwa peristiwa itu akan diboikot, Jerman mengakui dan mengizinkan partisipasi dari dua "atlet setengah-Yahudi": pemain hoki Rudi Ball dan pemain anggar Helene Mayer.

Ball adalah anggota bintang tim hoki Jerman yang pada awalnya dilarang bertanding di Olimpiade 1936 dan hanya kembali karena teman tim bintang nya, Gustave Jaenecke, menolak untuk bermain tanpa dia. Tanpa Ball dan Jaenecke, Jerman tidak punya kesempatan untuk memenangkan medali di hoki. Hal ini melaporkan bahwa sebagai imbalan atas persetujuan untuk bertanding, keluarga Ball diberikan izin untuk meninggalkan Nazi Jerman ke Afrika Selatan.

Berdasarkan undang-undang rasial Nazi, juara anggar Helene Mayer dilepaskan kewarganegaraannya. Setelah meninggalkan Jerman ke Amerika, ia diundang untuk bergabung kembali ke Tim Olimpiade Musim Panas Jerman tahun 1936 di mana dia memenangkan medali perak Olimpiade. Kewarganegaraan Jerman wanita itu dikembalikan, dan karena dia "terlihat seperti bangsa Arya" dan terkenal, Hitler menggunakan dia sebagai simbol inklusivitas.

Pameran, yang berlangsung hingga 10 Juni juga menelusuri partisipasi Kanada dalam Olimpiade 1936.

Masyarakat internasional ragu-ragu ketika sampai pada pertanyaan apakah akan memboikot Olimpiade Hitler. Argumen panas tentang kedua belah pihak membawa kebijakan rasial Nazi Jerman ke kesadaran massa. Pada akhirnya Kanada mengikuti Britania Raya yang memimpin dan memutuskan untuk berpartisipasi. Tidak semua atlet setuju dengan keputusan tersebut dan banyak menolak untuk melakukan perjalanan ke Jerman, pada dasarnya memboikot Olimpiade.

Salah satunya adalah juara tinju Sammy Luftspring, yang lahir dari keluarga kelas pekerja Yahudi di Toronto. Antara 1932 dan 1936, Luftspring kalah hanya 5 kali dari 105 pertarungan, bergerak perlahan lebih dekat menuju impiannya untuk bersaing di Olimpiade. Namun, setelah memperhatikan saran dari keluarga dan menolak mendukung kebijakan rasis Hitler, Luftspring berbalik dari impian Olimpiade-nya. Dia menerbitkan sebuah surat terbuka yang menyatakan kasusnya.

"Kami sedang membuat pengorbanan pribadi dalam menolak peluang dan kami yakin bahwa semua olahragawan sejati Kanada akan menghargai bahwa kami tidak mau menyakiti perasaan teman sesamaYahudi kami dengan pergi ke suatu negeri yang akan memusnahkan mereka jika bisa."

Wartawan Kanada Matius Halton adalah koresponden Eropa untuk Toronto Daily Star yang menghabiskan waktu di Jerman merekam apa yang dilihatnya. Dia mengamati lebih dari hanya olahraga ketika melaporkan dari Jerman pada tahun 1933 dan selama Olimpiade tahun 1936. Tulisannya sering bersifat ramalan dalam pengamatan dan prediksi.

Pada 30 Maret 1933 ia menulis untuk Star, "Saya melihat sebuah parade ratusan anak-anak, antara umur tujuh dan enam belas tahun, membawa swastika dan meneriakkan yel-yel, "Orang-orang Yahudi harus dimusnahkan" dugaan saya adalah .. . bahwa Hitler telah datang untuk tinggal hingga ia digantikan oleh pembunuhan, perang sipil, atau bencana perang asing."

Pameran ini menceritakan kisah komprehensif Olimpiade tahun 1936 dan menawarkan pandangan baru pada rezim Nazi berdasarkan perspektif Yahudi dan keterlibatan masyarakat internasional dalam membiarkan pertandingan berlangsung. Moralitas para pendukung Olimpiade yang diselenggarakan oleh rezim Nazi secara efektif digambarkan memiliki kisah-kisah pribadi yang berani dan keji, mulai dari orang-orang yang mengatur dan berpartisipasi di dalamnya. Kita bisa melihat betapa pameran tersebut tak lebih dari 'another Jewish propaganda' yang dibuat untuk memperbesar simpati pada bangsa ini dan melupakan apa yang telah mereka perbuat terhadap bangsa Palestina!


Sumber :
www.bbfila.com
www.erabaru.net
www.sportshall.ca

No comments: