Monday, May 10, 2010

Mercedes-Benz G-4 Wagen, Salah Satu Mobil Aneh Buatan Nazi (Perhatikan Ban Belakangnya)!

Sebuah mobil Mercedes-Benz G-4 terparkir di sebelah kereta api bersejarah yang menjadi lokasi upacara penyerahan Prancis ke tangan Hitler pada tahun 1940


Para prajurit Wehrmacht bertampang culun ini (jarang-jarang lho!) sedang mengagumi kekinclongan bagian depan dari Mercedes-Benz G-4


Panglima Luftwaffe Hermann Göring di atas Mercedes-Benz G-4. Berdasarkan apa yang saya ketahui, di belakangnya adalah Sepp Dietrich, Arthur Seyß-Inquart dan Karl-Heinrich Bodenschatz


Adolf Hitler bersama dengan Gerd von Rundstedt di sampingnya sedang 'bercengkerama' dengan rakyat Jerman di atas Mercedes-Benz G-4 dalam masa-masa awal Perang Dunia II dimana negara tersebut menang perang dimana-mana. Anehnya, saya melihat dalam foto ini supir hitler, SS-Sturmbannführer Heinz Linge, malah nongkrong di belakang sang Führer. Lah, terus siapa dong yang mengemudi? Kemungkinan besar Wewe Gombel!


Mercedes-Benz G-4 milik keluarga kerajaan Spanyol yang masih tersisa saat ini


Oleh : Alif Rafik Khan

Informasi umum dari Mercedes-Benz G4 (seri W 31) :

Mobil offroad untuk mengangkut beban berat yang diproduksi oleh Nazi Jerman
Diproduksi dari tahun 1934 sampai dengan 1939
Jumlah unit yang diproduksi : 57 buah
Saat ini, 3 buah mobil masih tersisa utuh dan dikategorikan sebagai barang otentik 100%. Unit lain selainnya bukannya tidak ada, hanya saja telah termasuk mobil yang direnovasi kembali dan juga imitasi (sama dengan banyak varian Mercedes klasik lainnya). Salah satu dari G-4 yang masih tersisa tersebut dimiliki oleh keluarga kerajaan Spanyol. Mari kita sedikit bedah mobil tersebut :

Tahun buat : 1939
Dipesan oleh kantor Kanselir Reich di Berlin
Dihadiahkan kepada jenderal Francisco Franco sang penguasa Spanyol saat itu
Saat ini menjadi salah satu koleksi mobil paling berharga yang dimiliki oleh keluarga kerajaan
Dirawat dan dikelola oleh Penjaga Kerajaan di Istana El Pardo di Madrid
Direstorasi di Mercedes-Benz Classic Center dari September 2001 sampai Desember 2004. Perintah: Perbaikan komponen teknis, tidak ada pekerjaan restorasi untuk bagian bodi-nya, interior ataupun pelindung atap lunak supaya keaslian mobil ini tetap terjaga. Komponen asli dan tua yang masih bagus sebisa mungkin dipertahankan. Komponen non-orsinil boleh diganti dan diproduksi ulang berdasarkan gambar blueprint.

Data teknis : Mercedes-Benz G-4, seri W 31, 1934 - 1939

Spesifikasi :
Jarak roda: 3100 + 950 mm
Lebar track depan/belakang: 1620/1570/1570 mm
Dimensi (panjang x lebar x tinggi) : 5360-5720 x 1870 x 1900 mm (dengan atap konvertibel)
Radius putaran : 17 meter
Berat : sekitar 3700 kg (dalam kondisi siap dikendarai)
Batas berat kotor yang diizinkan : 4400 kg
Kecepatan puncak yang bisa ditoleransi ban : 67 km/jam
Konsumsi bahan bakar : 28 liter/100 km (aspal), 38 liter/100 km (offroad)
Kapasitas tangki bahan bakar : 90 liter, dalam beberapa unit mencapai 140 liter

Mesin
Daimler-Benz M24 atau M24 II eight-cylinder in-line engine
CC : awalnya 5018 cc, kemudian menjadi 5401 cc
bore x stroke : 86 x 108 mm / 88 x 111 mm
Tenaga : 100 hp / 110 hp di 3400/menit
Tenaga putaran : 28,8 mkg di 1400/menit
Rasio kompresi : 1:5,6 / 1:5,2
Formasi campuran : sebuah karburator ganda
Katup-katup : overhead, lateral camshaft, digerakkan oleh gigi persneling
Pendingin : pompa, 26 liter air
Pelumas : force-feed, 10 liter oli
Baterai aki : 12 V 60 Ah / 12 V 105 Ah
Alternator : 130 kW
Motor starter : 1,5 hp / 1,8 hp

Transmisi
Roda belakang empat penggerak, dua gardan yang mampu mengunci sendiri
Kopling : single-plate dry clutch
Transmisi : four-speed manual dan countershaft transmission
Rasio : I/4.10, II/2.21, III/1.49, IV/1.00
Rasio mengemudi untuk countershaft transmission: jalan/1.00, offroad/3.06

Sasis
Box-section frame
Suspensi roda depan : rigid axle, semi-elliptic springs
Suspensi roda belakang : dua rigid axles, satu semi-elliptic spring untuk dua roda di masing-masing sisi
Kemudi : helical spindle
Rem : dual-circuit system, hydraulic with vacuum assistance, acting on front and rear wheels; mechanical hand-operated parking brake, acting on front wheels
Pelumasan : central
Roda : steel disc wheels with drop center rims, ukuran L 4.00 F x 17; with self-sealing tires: ukuran 6.00 F x 17
Ban : 7.5-17 with offroad tread (normal or self-sealing)

-----------------------------------------------------------------------------------

 Generaloberst Walther von Brauchitsch (Oberbefehlshaber des Heeres) bersiap-siap untuk menaiki mobil beroda enam Mercedes-Benz G4 dan duduk di samping pak supir, sementara di belakangnya terparkir sebuah Mercedes-Benz 540k. Foto ini diambil pada tanggal 12 Oktober 1938 di kota Reichenberg (Sudetenland), pada saat proses pengambilalihan wilayah Sudetenland dari Cekoslowakia ke tangan Nazi Jerman. Panji di bagian samping depan mobil Brauchitsch adalah "Flagge für den Oberbefehlshaber des Heeres" (bendera untuk Panglima Angkatan Darat), sementara panji di mobil belakangnya adalah "Kommandoflagge für den Oberbefehlshaber eines Armeeoberkommandos" (bendera komando untuk Panglima Komando Tinggi Angkatan Darat)



Sumber :
Foto koleksi Bundesarchiv Jerman
www.plusmodel.cz
www.seriouswheels.com
www.strangevehicles.greyfalcon.us

No comments: