Ist's dennoch ein gar altes, wackeres Geschlecht;
Christallhell, ungetrilbt blieb seines Namens Ruhm,
Hoch hielt es stets die Wahrheit, Ehre und das Recht.
Treu seiner Viiter Brauch, fromm, tapfer, brav und schlicht,
Hat Gottes gniid'ge Huld vor Schaden es bewahrt.
O wank auch filrder nicht vom Pfad der Christenpflicht,
Filhr deinen Namen stolz nach echter Ritterart!
Es blilhe miichtig dies Geschlecht, der Ehre Bild,
Nie fall' ein Schatten auf sein Wappenschild!
Untuk artinya silakan cari di primbon-primbon terdekat...






















































Foto udara wilayah Marck yang memperlihatkan Château milik Baron Jean de Béthune (A) di ujung Kasteeldreef (jalan kecil kastil) dengan halaman rumput luasnya yang telah menjadi ‘rumah’ bagi setengah anggota Jagdgeschwader 1. Wilayah datar luas antara Kasteeldreef dan Bissegemstraat (jalan ke Bissegem) menjadi lapangan udara Jasta 11 (B) dan kamar pesuruh (C) yang bertempat di sebuah rumah tinggal di pinggir jalan menuju Courtrai, Kortrijkstraat No.74, yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari Château. Lapangan udara Jasta 4 terletak di baratlaut Château (D) dan Jasta 6 beroperasi di seberang sungai Lys (E). Pada awalnya Jasta 10 bermarkas di lapangan udara Heule, di utara Jasta 4, tapi kemudian dia ikut boyongan ke Marcke demi lebih dekat dengan staffel-staffel anggota Jagdgeschwader 1 lainnya
Selama operasi ekstensif JG 1 tanggal 6 Juli 1917, Manfred von Richthofen menerbangkan pesawat Albatros D.V 4693/17 yang hanya bagian ekor, penutup roda dan hidungnya saja yang dicat merah. Pesawat tersebut terlihat di atas tak lama setelah mendarat darurat dalam sebuah peristiwa yang hampir merenggut nyawa sang legenda. Di hari itu, Manfred ber-dogfight dengan pesawat dua kursi F.E.2d. Dia tenang saja ketika gunner di kursi belakang menembakinya dalam jarak 300 meter karena dia tahu sangat kecil kemungkinannya tembakan yang dilepaskan dalam jarak seperti itu dapat mengenai dirinya, tapi ternyata dia salah!
Salah satu peluru menyambar kepalanya sampai melubangi penutup kepala pilotnya (seperti terlihat di atas). Manfred von Richthofen sempat mengalami kebutaan sementara sebelum dia mampu melihat kembali. Dua orang anakbuahnya, yang melihat komandan mereka terkena masalah, segera mengawalnya pulang demi menghindari kemungkinan mendapat penyerangan oleh musuh. Akhirnya Manfred mendarat dengan selamat di lapangan udara Wervicq, Belgia, dan dia langsung dibawa ke rumah sakit St. Nicholas di Courtrai. Pada awalnya, para sejarawan menduga bahwa Manfred menjadi korban dari lawannya, gunner/observer Second Lieutenant Albert E. Woodbridge dari No.20 Squadron. Penelitian dari catatan medis kemudian menyimpulkan bahwa luka yang terdapat sedikit di atas telinga kirinya berasal dari belakang, dan itu berarti merupakan hasil dari tembakan tidak sengaja temannya sendiri!
Rittmeister Manfred von Richthofen dengan perban di kepalanya saat menjadi pasien rumah sakit. Dokter yang mengobatinya adalah Obergeneralarzt (Mayor Jenderal di Korps Medis) Prof.Dr. Kraske dan perawat yang merawatnya adalah Käte Otersdorf. Luka di kepalanya mempunyai panjang 10cm dan bisa dijahit kembali, hanya saja dari sejak itu ada sedikit bagian kecil di rambutnya dimana secuil tengkorak kepalanya mencuat tanpa tertutup kulit! Untuk sementara komandan Geschwader diserahkan kepada Oberleutnant Kurt-Bertram von Döring. Berita tentang terluka parahnya Manfred ini dirahasiakan begitu rupa sehingga pihak Sekutu dan, bahkan, rakyat Jerman pun tidak mengetahuinya!
Lima hari setelah peristiwa yang menimpa Manfred von Richthofen, tanggal 11 Juli 1917 dia ‘ditemani’ oleh Leutnant Kurt Wolff, komandan Jagdstaffel 11 (baris depan di tengah dengan tangan kiri diperban) yang juga sama-sama terluka dalam dogfight. Foto ini memperlihatkan saat dua orang penerbang yang terluka ini mengunjungi unitnya di Château de Béthune. Baris atas dari kiri ke kanan: Leutnant Eberhard Mohnike; Oberleutnant Wilhelm Reinhard; Perawat Käte Weinstroth; Manfred von Richthofen; Major Albrecht von Richthofen (ayah tercinta); dan Oberleutnant Kurt Scheffer. Baris tengah: Leutnant Franz Müller; Oberleutnant Karl-Heinrich Bodenschatz; Leutnant Hans Joachim Wolff; dan Leutnant der Reserve Alfred Niederhoff. Baris depan: Leutnant der Reserve Konstantin Krefft; Leutnant der Reserve Otto Brauneck; Leutnant der Reserve Wilhelm Bockelmann; Kurt Wolff; Profesor Arnold Busch (seniman yang ikut berkunjung); Leutnant der Reserve Karl Meyer; dan Leutnant Carl August von Schönebeck
Major Albrecht Freiherr von Richthofen bersama anak tercinta Manfred yang baru saja keluar dari rumah sakit, 11 Juli 1917. Albrecht mengenakan pita medali Eisernes Kreuz II klasse di kancing bajunya sementara di bagian bawah seragamnya tertempel salib Johanniterorden (Ordo Johanniter) yang bukan merupakan medali keberanian melainkan medali keanggotaan untuk ksatria Jerman yang menjadi anggota organisasi keagamaan St. Johann yang berhaluan Katolik
Gambar/sketsa yang dibuat oleh Profesor Arnold Busch saat berkunjung ke Manfred von Richthofen bulan Juli 1917. Seperti biasa, dalam gambar ini Manfred mengenakan seragam resimen Uhlan favoritnya serta, tentu saja, Pour le Mérite!
Manfred von Richthofen begitu frustasi akan masa penyembuhannya dan sudah gatal ingin bertempur kembali. Berkali-kali dia meminta untuk diizinkan keluar dari rumah sakit, dan akhirnya izin tersebut datang juga tanggal 25 Juli 1917. Dalam foto ini Red Baron masih terlihat lemah dengan perban di kepalanya saat dia menikmati sinar matahari bersama para perwira Geschwader di anak tangga Château de Béthune. Baris atas dari kiri ke kanan: Leutnant der Reserve Kurt Küppers dari Jasta 6; Leutnant Carl August von Schönebeck, Jasta 11; Oberleutnant Karl Scheffer, Jasta 11; Leutnant Wilhelm Bockelmann, Jasta 11; Oberleutnant Hans-Helmuth von Boddien, Jasta 11; Leutnant der Reserve Alfred Niederhoff, Jasta 11; dan Leutnant Justus Grassmann, Jasta 10. Baris depan: Leutnant der Reserve Konstantin Krefft, JG I; Richthofen; Leutnant Eberhard Mohnike, Jasta 11; dan Leutnant der Reserve Erwin Böhme (yang menggantikan Kurt Wolff sebagai komandan Jasta 29). Di depan para pilot ini nongkrong baling-baling yang merupakan ‘suvenir’ dari sebuah pesawat pengintai R.E.8 Inggris... Sebuah ironi karena kelak penanda kuburan pertama Manfred adalah juga baling-baling dari pesawat R.E.8!
Pada tanggal 30 Juli 1917 Manfred von Richthofen menyambut kedatangan mantan kamerad-nya di Jasta 2, Leutnant Werner Voss (kiri), yang bergabung dengan Jagdgeschwader 1. Pada saat itu Voss baru berusia 20 tahun tapi dia sudah mengemas 34 kemenangan dan juga merupakan peraih Pour le Mérite seperti halnya Manfred. Voss menggantikan Oberleutnant Ernst Freiherr von Althaus (pilot pemburu kedelapan peraih Pour le Mérite) yang menderita gejala kebutaan sehingga harus ditarik dari front depan dan menjalani tugas baru sebagai instruktur. Voss adalah pilot Jerman dengan jumlah kemenangan tertinggi kedua setelah Manfred sehingga kini JG 1 boleh lah mentahbiskan diri sebagai unitnya pilot-pilot pemburu terbaik Kaiser!
Pada tanggal 7 Agustus 1917 Leutnant Kurt Wolff menyusul komandan Geschwader-nya keluar dari rumah sakit. Dia sangat ingin terjun kembali dalam peperangan, hanya saja dilarang keras untuk bertempur sebelum lukanya pulih total. Dengan jumlah kemenangan 33, Wolff menjadi pilot ketiga dengan pencapaian tertinggi sesudah Manfred von Richthofen dan Werner Voss sehingga wajar saja dia ingin buru-buru mengejar ketertinggalannya, apalagi posisinya sebagai komandan Jasta 11 digantikan oleh Oberleutnant Wilhelm Reinhard sembari menunggu penyembuhannya. Foto di atas memperlihatkan Wolff (kedua dari kanan) yang setengah tersenyum seakan menggambarkan perasaannya saat itu. Dari kiri ke kanan: Konstantin Krefft (perwira teknis JG 1), Anthony Fokker (perancang pesawat terkenal), Kurt Wolff, dan Manfred von Richthofen (kommandeur Geschwader)
Foto koleksi pribadi Daniel Kosinski dari Amerika Serikat ini kemungkinan besar diambil pada waktu yang sama dengan foto sebelumnya, yang terlihat dari kesamaan pakaian yang dikenakan oleh Manfred von Richthofen (kiri) dan Anthony Fokker (belakang setir). Mobil sport super keren yang mereka gunakan berjenis Mercedes 38/90 atau bisa juga dari jenis Austro-Daimler besar
Saat terbit pengumuman bahwa Oberleutnant Eduard Dostler (Staffelkapitän Jasta 6 yang baru berusia 21 tahun) dianugerahi Pour le Mérite, Manfred von Richthofen mengunjungi markasnya dan memasangkan medali Pour le Mérite punya dia sendiri di leher Dostler seperti tampak dalam foto! Kemungkinan besar Dostler mendapat kehormatan untuk memakai medali “pinjaman” tersebut sampai medali punya dia datang dari bagian kearsipan medali Kekaisaran di Berlin. Biasanya peristiwa seperti ini selalu diikuti oleh acara minum-minum tuak cap Tikus, tapi tidak saat Manfred hadir! Dia menekankan kesiapsiagaan penuh pada seluruh anakbuahnya sehingga jarang berlangsung pesta-pesta teler seperti yang terjadi di unit-unit lainnya
Pada pagi hari tanggal 16 Agustus 1917 Manfred von Richthofen kembali bertugas dan langsung menembak jatuh sebuah pesawat Nieuport Inggris yang dipiloti oleh 2/Lt H.T. Williams pukul 07:55. Kemenangan tersebut dicatat sebagai kemenangannya yang ke-58. Sayangnya, luka di kepalanya yang berbalut perban (seperti tampak dalam foto di atas yang bertanda-panah) masih terasa dan menimbulkan sakit kepala hebat sehingga Manfred langsung meringkuk di kamar tidur sepanjang hari itu. Wajar saja, karena Manfred memakai helm pilotnya di luar perbannya sehingga si luka mendapat tekanan saat dia terbang! Keesokan harinya (17 Agustus 1917), Jasta 11 mencatatkan kemenangan udara ke-200 (dari sejak tanggal 12 Oktober 1916) saat Leutnant Hans-Georg von der Osten mencetak fliegerabschüsse pertamanya. Jasta 11 adalah mantan unit Manfred yang kini dikomandani oleh Kurt Wolff
General der Infanterie Erich von Ludendorff (tanda-panah) ditemani oleh Manfred von Richthofen (sebelahnya) melakukan inspeksi pada Jagdstaffel 11 pada hari minggu tanggal 19 Agustus 1917. Di latar belakang adalah pesawat Albatros terakhir yang digunakan oleh Manfred sebelum dia beralih pada Fokker: Albatros D.V 2059/17. Tangga di sebelahnya adalah untuk memberi kesempatan pada jenderal dan staffnya apabila mereka berniat untuk melihat ‘kantor’ yang sebenarnya dari sang Red Baron!
Keesokan harinya, Senin tanggal 20 Agustus 1917, JG 1 memberikan perlindungan udara dalam acara kunjungan Kaiser Wilhelm II ke 4.Armee. Disini Manfred von Ricthofen (ketiga dari kiri) berpose santai saat menunggu kedatangan sang Kaisar. Dia memakai pita medali lebar yang memajang semua medali yang telah didapatnya sampai saat itu, bersama dengan Pour le Mérite yang selalu terpasang di lehernya. Topinya sedikit lebih besar demi ‘mengakomodasi’ perban yang masih membalut kepalanya. Hauptmann Paul Freiherr von Pechmann (tengah) adalah veteran dengan 400 feindflug (misi tempur) dan menjadi pengamat udara pertama Jerman yang dianugerahi Pour le Mérite. Di sebelahnya dengan rokok menempel di bibir adalah Oberleutnant Eduard Dostler, komandan Jasta 6 sekaligus jagoan udara dengan 26 kemenangan. Kemungkinan besar ini adalah foto terakhir Dostler, karena keesokan harinya (21 Agustus 1917) dia gugur saat terlibat pertempuran udara melawan pesawat-pesawat Inggris!
Manfred von Richthofen maju ke depan dan memberi hormat kepada Kaiser Wilhelm II yang baru datang untuk menginspeksi para anggota udara 4.Armee di Courtrai, 20 Agustus 1917. Di sebelah kanan adalah General der Infanterie Friedrich Sixt von Armin, komandan 4.Armee yang berusia 65 tahun. Sang jenderal mempunyai motto yang cocok benar dengan filosofi Manfred: “Dia yang tidak berani mengambil langkah selanjutnya adalah dia yang telah melakukan perjalanan dengan sia-sia”
Masih dalam upacara yang sama untuk menyambut kedatangan Kaiser Wilhelm II tanggal 20 Agustus 1917. Manfred von Richthofen memimpin anakbuahnya memberi hormat pada sang pemimpin Jerman. Tiga orang yang berdiri di baris depan bagian kiri semuanya adalah peraih Pour le Mérite, dari kiri ke kanan: Oberleutnant Paul Freiherr von Pechmann (31 Juli 1917), Oberleutnant Eduard Dostler (6 Agustus 1917) dan Oberleutnant Rudolf Berthold (10 Oktober 1917). Tanggal dalam kurung adalah tanggal penganugerahan Pour le Mérite
Manfred von Richthofen bermain bersama anjing Denmark peliharaannya yang bernama Moritz. Dia berulangkali diingatkan agar tidak terbang dulu sebelum luka di kepalanya benar-benar pulih. Begitu seriusnya perintah ini sampai-sampai Angkatan Darat mengirimkan Hauptmann Helmuth Wilberg, kawan lama Manfred yang kini menjadi perwira 4.Armee bagian penerbangan, untuk melihat apakah dia benar-benar ‘diam’! Dasar bandel, pada tanggal 26 Agustus 1917 Manfred memutuskan untuk terbang kembali demi memburu skuadron pesawat Inggris yang baru saja membom pangkalan udara Jerman di Heule (Bisseghem) dan Marcke. Dalam dogfight yang kemudian berkecamuk, Manfred mencatatkan kemenangannya yang ke-59
Pada tanggal 28 Agustus 1917 pesawat tiga-sayap Fokker pertama tiba di pangkalan Jagdgeschwader 1. Tiga hari kemudian (31 Agustus 1917) sebuah demonstrasi resmi Fokker F.I 102/17 diselenggarakan di Marcke dan tentu saja Manfred von Richthofen sangat antusias mengikutinya! Disini dia sedang menerangkan kelengkapan pesawat tersebut kepada Generalmajor Karl von Lossberg, salah satu komandan pasukan Jerman dalam Pertempuran Ypres ketiga yang baru saja diangkat menjadi jenderal empat minggu sebelumnya
Tamu istimewa dalam demonstrasi pesawat Fokker tanggal 31 Agustus 1917 adalah Kanselir Jerman yang baru, Dr. Georg Michaelis (kerah putih), yang baru saja menempati jabatannya selama tujuh minggu. Kepala Reichstag (Parlemen Jerman) tersebut berada dalam kunjungan pertamanya di front dan tampaknya puas mendapat keterangan yang dibutuhkan dari sesama orang Silesia, Manfred von Richthofen. Untuk acara ini Manfred khusus mengenakan perban yang sedikit lebih kecil dari biasanya sehingga hampir tidak terlihat saat dia mengenakan topinya. Meskipun Michaelis tidak mempunyai latar belakang militer, tapi disini dia mengenakan pita medali Eisernes Kreuz II klasse di kancing seragamnya!
Keesokan harinya, 1 September 1917, Manfred von Richthofen membuktikan bahwa pesawat Fokker triplane baru ini (dalam foto ini sedang ‘ditunggangi’ oleh perancangnya, Anthony Fokker) begitu mematikan: dia menembak jatuh sebuah pesawat dua kursi Inggris yang sedang membantu penembakan artileri di timur Ypres. Itu adalah kemenangannya yang ke-60. Kemenangan tersebut diraih begitu mudah karena pesawat korbannya menyangka milik Manfred sebagai pesawat triplane Sopwith Inggris sehingga tidak membuka tembakan!
Senyum kepuasan yang nampak dalam wajah Manfred von Richthofen saat memeriksa sisa-sisa pesawat Sopwith Pup B.1795 di foto ini bisa dimengerti: sekali lagi Fokker triplane F.I 102/17 barunya mempertunjukkan performa yang memuaskan, dan Manfred berhasil menembak jatuh korbannya yang ke-61 meskipun pilot lawannya merupakan pilot yang berpengalaman. Yang sedang nyundut rokok di sebelah Manfred adalah Leutnant Eberhard Mohnike, yang juga menembak jatuh sebuah Sopwith Pup dalam pertempuran yang sama dan tercatat sebagai kemenangannya yang ke-6. Di foto bawahnya yang sedang bersama Manfred dan memakai jaket bulu adalah Anthony Fokker
Dan inilah korbannya yang ke-61: Lieutenant Algernon F. Bird dari No.46 Squadron, Royal Flying Corps. Dia adalah salah satu dari hanya 29 penerbang yang selamat setelah bertempur melawan Manfred von Richthofen, sementara 54 lainnya diketahui terbunuh. Dalam foto ini tampak kedua orang dari pihak yang berseteru tersebut berada dalam suasana yang santai, dan si Letnant Inggris berusia 21 tahun itu pun nyengeh alias tersenyum walaupun dia dalam status sebagai tawanan Jerman!
Manfred von Richthofen mengenakan topi pilotnya yang terlipat sementara di belakangnya terparkir sebuah pesawat Fokker D.V bersayap ganda. Pesawat model lama ini tidak dimaksudkan sebagai pesawat tempur di front depan, tapi sekedar untuk mengujicoba penggunaan mesin rotari seperti halnya pesawat-pesawat Fokker lainnya. Selama ini pilot-pilot JG 1 menggunakan Albatros, yang mempunyai mesin berbeda dibandingkan dengan pesawat baru mereka
Rumah keluarga Richthofen di Schweidnitz (sekarang Swidnica, Polandia). Pada tanggal 6 September 1917 Manfred von Richthofen ‘dipaksa’ untuk cuti kembali selama empat minggu karena telah melanggar perintah tidak terbang yang diberikan kepadanya. Hal pertama yang dilakukan Manfred adalah, selain menggerutu, mengunjungi kampung halamannya dengan menggunakan pesawat merah berkursi ganda yang kini menjadi propertinya. Tentu saja orang-orang di Schweidnitz langsung riuh-rendah begitu mengetahui sang legenda terbang di atas kepala mereka!
Manfred von Richthofen mengenakan semua medalinya dalam apa yang nantinya menjadi foto keluarga terakhirnya. Bersama dia, berdiri dari kiri ke kanan: ibunya, saudaranya Lothar dan Bolko serta saudarinya Ilse. Ayahnya, Major Albrecht Freiherr von Richthofen, duduk di depan. Ini adalah pertamakalinya keluarga ini berfoto bersama sejak Natal tahun 1915!
Manfred von Richthofen seringkali digambarkan sebagai seorang ksatria udara yang tak kenal takut dalam menghadapi setiap bahaya, sehingga terlihat tidak biasa ketika dia berpose malu-malu seperti tampak dalam sebuah kartupos yang dikeluarkan pada zaman perang. Foto yang memperlihatkan dia berdiri di depan rongsokan pesawat korbannya ini sebenarnya merupakan hasil editan (masa itu)! Tidak percaya? Mari kita lihat foto asli di bawahnya!
Nah, inilah foto asli Manfred von Richthofen dengan pose sama yang dimuat dalam koran terbitan saat itu. Foto yang diambil di hari Rabu tanggal 16 Mei 1917 ini memperlihatkan saat Manfred menghadiri acara pacuan kuda terkenal yang biasa diadakan di distrik Grunewald (Berlin) dalam rangka cuti panjangnya, dan posenya yang malu-malu bisa kita maklumi ketika kita melihat ada wanita di dekatnya! Kaget? Belum tahukah anda bahwa idola jutaan manusia ini, yang ribuan wanita sangat menginginkan bisa bersamanya, yang bisa mendapatkan setiap gadis tercantik yang dia mau, sebenarnya adalah lelaki yang sangat pemalu di depan wanita? Selama karirnya yang singkat tapi brilian tersebut, tak pernah sekalipun dia kedapatan berdua dengan wanita, dan manakala ada wanita di dekatnya, maka semua orang bisa melihat dengan jelas rona mukanya yang merah karena malu dan salting! Luar biasa! Luar biasa!! BTW, perwira yang ngobrol dengan Manfred dikatakan sebagai Hauptmann Erich von Salzmann, mantan pengajar sang legenda di akademi militer
Mau bukti? Ini adalah foto Manfred von Richthofen bersama dengan suster Käte Otersdorf yang merawatnya di rumah sakit Courtrai. Tukang gosip bisa saja menambahkan bahwa di antara mereka berdua terdapat sebuah hubungan romantis yang lebih daripada hubungan antara suster dengan pasiennya, tapi pose yang kaku dan ‘jarak’ antara mereka berdua jelas-jelas mengisyaratkan hubungan mereka yang tak lebih dari persahabatan ‘profesional’ belaka. Jurnalis Amerika Floyd Gibbons mengatakan bahwa Manfred menerima begitu banyak surat cinta dari penggemar perempuannya, sayangnya semua suratnya itu kini telah hilang dan termasuk di antaranya adalah korespondensi antara Manfred dengan seorang wanita yang tampaknya telah menarik hatinya, seorang wanita yang, seperti yang dikatakan oleh ibunya, Kunigunde Freifrau von Richthofen: “Dicintai oleh Manfred seperti halnya cinta seorang lelaki terhormat terhadap wanita yang dia dambakan akan menjadi ibu dari anak-anaknya.” Sampai saat ini tidak diketahui identitas si wanita misterius tersebut...
Mau bukti lain? Dalam sebuah foto yang diambil bulan Mei 1917 ini, Manfred von Richthofen dan sahabatnya Fritz von Falkenhayn terbang ke Bad Homburg untuk mengunjungi Kaiserin Auguste Viktoria. Sikap pemalu Manfred terlihat jelas. Ketika von Falkenhayn membaur dengan mudahnya dengan para pengiring ratu – dalam hal ini dua bersaudari Forckenbeck-Gablenz yang terkenal kecantikannya – Manfred malah ‘mundur’ di balik pesawatnya!
Manfred von Richthofen (kelima dari kiri) dalam acara pernikahan teman dan mantan Kamerad-nya di Kampfgeschwader 2, Hauptmann Fritz Prestien (tanda panah), yang diselenggarakan di Kastil Reinhardsbrunn di Gotha tanggal 18 Oktober 1917. Dari kiri ke kanan: Wolf Freiherr Pergler von Perglas dan istrinya; Gerda von Minckwitz dan Oberjägermeister Major a.D. Hans von Minckwitz (orangtua pengantin perempuan); Manfred von Richthofen (yang mengenakan semua medalinya serta helm Tschapka Uhlan); Duchess Viktoria Adelheid dan Duke Carl Eduard of Saxe-Coburg-Gotha; tiga orang pegawai istana; Wally von Minckwitz dan Fritz Prestien (pasangan pengantin); dan berbagai anggota istana, militer serta kerabat lainnya. Ketika di sore harinya Manfred kembali ke tempat menginapnya di Hotel Continental di Berlin, dia mendapat ucapan selamat dari mana-mana. Bingung, kemudian dia tahu bahwa pers Jerman telah salah mengerti dan menyangka dialah yang menikah di hari itu dengan Wally von Minckwitz! Tak heran bila banyak telegram dan surat ucapan selamat serupa yang datang ke kantor pos militer ayahnya serta rumah ibunya di Schweidnitz! Dibutuhkan beberapa hari sebelum kesalahpahaman ini reda
Foto Manfred von Richthofen sebagai biarawati Katolik yang terpampang di rumah sekaligus musium keluarganya di Schweidnitz. Terdapat sebuah cerita menarik di baliknya: seorang gadis calon biarawati yang ngefans berat dengan Manfred memasang foto idolanya di kamar sekolah biarawatinya. Suatu hari kepala biara datang mengecek kamarnya dan menjadi murka ketika mengetahui ada gambar lelaki terpasang. Akibatnya, si calon biarawati mendapat hukuman sekaligus peringatan untuk tidak memasang foto laki-laki di kamarnya, bahkan meskipun dia adalah seorang pilot terkenal dan pahlawan terkemuka. Gadis ini rupanya bukan dari jenis orang yang gampang menyerah. Dia mengakalinya dengan memasang foto besar temannya dalam pakaian biarawati, lalu mengganti mukanya dengan muka Manfred!
JG 1 pimpinan Manfred von Richthofen mendapat tugas baru untuk mengawal pesawat-pesawat pembom Jerman dalam misinya membom fasilitas musuh di front depan. Manfred sebenarnya membenci tugas ini karena dia lebih memilih membebaskan anakbuahnya untuk ‘kelayapan’ di sektor udara yang menjadi wilayah mereka dan menembak jatuh setiap musuh yang datang, tapi dia tetap harus menjalankan tugas yang dibebankan kepadanya. Foto di atas memperlihatkan Manfred sedang berbincang-bincang dengan Hauptmann Rudolf Kleine (kiri), komandan Kampfgeschwader 3, dan ajudannya Oberleutnant Gerlich (tengah), di lapangan udara Gontrode yang terletak di sebelah tenggara Ghent, Belgia. Lapangan udara ini menjadi pangkalan besar pesawat-pesawat pembom Jerman dalam Perang Dunia I. Kleine adalah juga seorang peraih Pour le Mérite seperti halnya Manfred, dan pengawalan ini tidak terlalu banyak membantu ketika pesawatnya ditembak jatuh oleh tembakan senjata anti serangan udara Inggris dalam misi tanggal 14 Desember 1917
Sebuah hanggar balon Zeppelin di Gontrode yang memperlihatkan pesawat yang dipakai oleh Manfred von Richthofen saat dia terbang mengunjungi Kampfgeschwader 3 (lihat foto sebelumnya). Pesawat-pesawat yang berwarna putih di sebelah kiri adalah pembom Gotha D.IV, sementara dua di kanan yang berwarna lebih gelap adalah Albatros D.V kepunyaan Manfred dan perwira teknisnya, Leutnant der Reserve Konstantin Krefft. Yang mana yang dipakai oleh Manfred? Albatros D.V 2059/17 yang paling kanan, yang dia gunakan saat mencetak kemenangan udara ke-58 dan 59. Yang jadi pertanyaan adalah: bukankah para pilot JG 1 sudah menerima Fokker, tapi kenapa mereka disini masih menggunakan Albatros? Jawabannya bisa dilihat di foto selanjutnya!
Ketika Manfred von Richthofen kembali ke tugas di front bersama JG 1 tanggal 23 Oktober 1917, dia menerbangkan pesawat Fokker Dr.I 114/17 triplane. Tapi kemudian sejumlah kerusakan dan masalah teknis melanda sehingga memakan korban tiga pilot yang kehilangan nyawanya: Vizefeldwebel Josef Lautenschlager (29 Oktober 1917), Leutnant Heinrich Gontermann (30 Oktober 1917, peraih Pour le Mérite), dan Leutnant der Reserve Günther Pastor (31 Oktober 1917). Tanggal 2 November 1917 semua Fokker triplane dikandangkan untuk menjalani investigasi lebih lanjut sehingga semua pilot JG 1 untuk sementara balik lagi ke pesawat lamanya, Alabtros D.V. Dalam foto ini Manfred (memakai jaket bulu tebal, kedua dari kiri) kembali memakai Albatros D.V 4693/17 (latar belakang) yang dia pakai saat dipaksa untuk mendarat darurat di bulan Juli 1917 sebelumnya. Kini pesawat tersebut telah mendapat mempunyai lambang nasional di stabiliser vertikalnya, yang kemungkinan ditambahkan dalam masa perbaikan saat Manfred dirawat di rumah sakit
Di pertengahan November 1917, JG 1 dipindahkan ke wilayah Avesnes-le-Sec, timur-laut Cambrai, yang menjadi front 2.Armee. Di medan operasi barunya ini Manfred von Richthofen mencetak kemenangan yang ke-62 tanggal 23 November 1917. Yang menjadi korbannya adalah sebuah pesawat Airco D.H.5 A.9299 dari No.64 Squadron, Royal Flying Corps, yang foto nunggingnya nampang di atas dan foto aslinya berada di musium Schweidnitz. Itu bukan korban dia satu-satunya di hari itu, karena kemudian Manfred menghantam pula pesawat Airco D.H.5 lainnya yang dipiloti oleh Lieutenant James A.V. Boddy
Datangnya musim dingin mulai terasa dan bisa terlihat dalam foto ini yang memperlihatkan Manfred von Richthofen (kiri) dan adiknya Lothar (kedua dari kanan) berjalan di lapangan udara berumput yang menjadi pangkalan baru mereka di dekat Cambrai. Lothar baru saja ditunjuk sebagai pimpinan Jagdstaffel 11, dan JG 1 terlibat pertempuran sengit melawan pesawat-pesawat Inggris-Prancis dalam rangka mendukung ofensif Jerman di hutan Bourlon
Manfred von Richthofen adu nyengeh dengan Leutnant der Reserve Hans Klein, pimpinan Jasta 10, yang dianugerahi kesuksesan tanggal 30 November 1917. Dia menembak jatuh sebuah balon observasi Inggris di barat Cambrai yang menjadi kemenangannya yang ke-22, dan di hari yang sama dia mendapat kabar bahwa Kaiser telah menganugerahinya dengan Pour le Mérite
Meskipun cuaca makin memburuk dari waktu ke waktu, Manfred von Richthofen dan rekan-rekannya tetap terbang demi menyongsong musuh. Foto ini memperlihatkan saat dia bersiap-siap tinggal landas di Moorsele, Belgia. Seringkali dia terbang bersama para pilot baru, dan pilot-pilot muda ini begitu terkesan ketika mengetahui bahwa sang legenda ini, yang namanya berada di tiap bibir orang Jerman, begitu bersahaja dan tak tampak sedikitpun roman ‘selebritis’ dalam segala kesehariannya! Dia selalu menyempatkan berkumpul dengan anakbuahnya selepas tugas dan selalu siap memberikan pertolongan manakala dibutuhkan
Nongol dalam foto bersama sang legenda Red Baron merupakan sebuah kehormatan besar bagi para pilot. Foto ini diambil di Avesnes-le-Sec awal tahun 1918 dan kemudian beredar luas sebagai kartupos Sanke no.606. Dari kiri ke kanan (mengelilingi Manfred von Richthofen): Feldwebelleutnant Friedrich Schubert; Leutnant der Reserve Siegfried Gussmann; Leutnant Werner Steinhäuser; Leutnant Hans Karl von Linsingen; Leutnant Karl Esser; Leutnant Hans-Georg von der Osten; Leutnant Eberhard Mohnike; Leutnant Friedrich-Wilhelm Lübbert; Oberleutnant Hans-Helmuth von Boddien; dan Vizefeldwebel Edgar Scholz. Kecuali Schubert, yang ditugaskan di Jasta 6, yang lainnya berasal dari Jasta 11. Jangan kira bahwa menjadi anak buah dari Red Baron itu gampang! Manfred hanya mengharapkan yang terbaik dari pilot-pilot di bawah komandonya, dan sekali saja dia melihat ketidaksiapan atau ketidaksungguhan dari salah seorangnya, maka dipastikan si ‘oknum’ tersebut akan tersingkir cepat atau lambat!
Sementara masalah yang menimpa pesawat triplane Fokker mendapat pengevaluasian lebih lanjut oleh Komisi Udara, maka perusahaan lain berlomba-lomba mengisi kekosongan pesawat pemburu pilihan nomor satu Jerman. Tanggal 12 Desember 1917 Manfred von Richthofen melapor ke Pfalz Flugzeugwerke (pabrik pesawat terbang) di Speyer am Rhein untuk mengujicoba prototipe pesawat triplane terbaru perusahaan tersebut. Pendiri dan pemilik perusahaan Alfred Everbusch berdiri di belakang Manfred (yang duduk di kokpit) sambil memberikan komentar-komentar yang diperlukan. Pesawat Pfalz Dr.I yang ditenagai mesin Siemens-Halske Sh III ini kemudian tidak lulus ujicoba. Dari muka kusut yang ditunjukkannya kepada fotografer, Manfred mungkin menyadari bahwa untuk sementara waktu dia harus puas dengan pesawat Albtaros D.V dan Pfalz D.III yang dipakai oleh JG 1!
Begitu banyak kartupos yang beredar masa itu yang memperlihatkan sosok sang Rittmeister pahlawan, Manfred von Richthofen. Termasuk di antaranya adalah kartupos di atas yang memperlihatkan Manfred dengan seragam resimen Uhlan-nya. Foto semacam inilah yang sering dibawa-bawa oleh ajudan JG 1, Oberleutnant Karl-Heinrich Bodenschatz (nantinya menjadi General der Flieger Luftwaffe zaman Nazi Jerman), manakala dia sibuk mencari suplai perlengkapan serta makanan tambahan untuk unitnya. Foto ini dibawa bukan sebagai jimat, tapi untuk diberikan kepada para perwira bagian suplai atau petugas bersangkutan lain manakala permintaan Bodenschatz tidak dipenuhi. Dan, seperti yang Bodenschatz katakan sendiri dalam catatan harian perang JG 1 yang diterbitkan tahun 1935, foto bertandatangan asli Manfred ini seringkali lebih ‘ampuh’ dibandingkan dengan uang, dan sang ajudan bisa dengan tenang kembali ke pangkalannya dengan membawa suplai yang dibutuhkan!
Saat musim dingin 1917/1918 membuat operasional JG 1 menjadi terhambat, Manfred von Richthofen kembali ke unitnya dengan terbang dari pabrik Pfalz tanggal 20 Desember 1917. Disana dia dan Lothar dengan senang hati menyambut kedatangan ayahnya, Major Albrecht Freiherr von Richthofen, dan menghabiskan natal bareng di markas JG 1. Ini adalah saat terakhir ketiga manusia tersebut berkumpul bersama. Major Albrecht dijuluki sebagai ‘Fliegervater’ (ayah para penerbang) karena kedua anaknya yang menjadi pilot pahlawan, dan juga karena putra ketiganya, Karl Bolko, sedang menjalani pelatihan terbang di Institut Kadet Wahlstatt. Selain itu, di usianya yang sudah mencapai 58 tahun Major Albrecht masih sering terbang saat dalam kunjungan ke anak-anaknya. BTW, Jumlah kemenangan Manfred dan Lothar apabila digabungkan mencapai 120!
Salju, kabut dan angin membuat berkurangnya aktifitas udara di front depan. Masa ini dimanfaatkan oleh Manfred von Richthofen untuk berfoto bersama para anggota lama dan baru Jagdgeschwader 1, dengan banyak di antaranya merupakan pilihan pribadi sang Kommandeur. Manfred memang sudah lama tidak mendapatkan pilot-pilot barunya melalui ‘saluran resmi’, melainkan mencari langsung ke sekolah-sekolah penerbangan dan Jagdstaffel lain. Tentu saja para pilot baru ini bangga luar biasa bila Manfred memilih mereka untuk masuk ke unitnya, JG 1! Duduk dari kiri ke kanan: Leutnant der Reserve Karl Hertz, Jasta 4 (KiA 9 Mei 1918); Leutnant der Reserve Robert Tüxen, Jasta 6; Oberleutnant Hans-Helmuth von Boddien, Jasta 11; Rittmeister Manfred von Richthofen, JG I (KiA 21 April 1918); Leutnant der Reserve Hans Klein, Jasta 10; Oberleutnant Kurt-Bertram von Döring, Jasta 4; Oberleutnant Wilhelm Reinhard, Jasta 6 (KiC 3 Juli 1918); Leutnant Lothar von Richthofen, Jasta 11; dan Leutnant der Reserve Konstantin Krefft, JG I. Berdiri dari kiri ke kanan: dua pilot tak dikenal; Leutnant der Reserve Justus Grassmann, Jasta 10; tak dikenal; Leutnant der Reserve Max Kühn, Jasta 10; tak dikenal; Leutnant der Reserve Alois Heldmann, Jasta 10; Vizefeldwebel Adam Barth, Jasta 10 (KiA 30 Januari 1918); dan tak dikenal
Manfred von Richthofen dan adiknya Lothar berdiri di latar belakang dalam foto buram yang dimuat dalam koran terbitan saat itu yang memperlihatkan perundingan damai antara Jerman dan Rusia di Brest-Litovsk tanggal 4 Januari 1918. Pihak Jerman (duduk sebelah kiri) dipimpin oleh Panglima pasukan Jerman di Front Timur, Prince Leopold of Bavaria, sementara pihak Rusia dipimpin oleh Anastasia Bitsenko (duduk ketiga dari kanan) dari kaum Bolsewik
Pada pertengahan Januari 1918 Manfred von Richthofen berfoto bersama para pilot pemburu terkemuka Jerman di fasilitas pengujian udara Adlershof yang terletak di pinggiran Berlin. Dari kiri ke kanan: Leutnant Erich Löwenhardt (Jasta 10); Oberleutnant Bruno Loerzer (komandan Jasta 26); Manfred von Richthofen; Hauptmann Schwarzenberger (perwira staff); Leutnant der Reserve Hans Klein; dan perwira staff lainnya. Mereka berada disana untuk mengujicoba pesawat-pesawat keluaran terbaru yang akan dijadikan sebagai pesawat pemburu utama Jerman di tahun 1918. Sekitar 28 pabrikan mengikutsertakan pesawatnya dalam acara ini, termasuk di antaranya adalah AEG, Albatros, Aviatik, Fokker, LFG Roland, Pfalz, Rumpler, Schütte-Lanz dan Siemens-Schuckert
Dalam acara ujicoba di Adlershof pertengahan Januari 1918, Manfred von Richthofen jarang ‘dibiarkan’ sendirian. Selalu ada para pengagum dan perwira staff yang mengikutinya kemanapun dia pergi, termasuk Anthony Fokker yang berada paling kiri dalam foto di atas. Dalam satu kesempatan berhujan Manfred berhasil ‘lolos’ dan menyempatkan diri untuk mengunjungi galeri seni Schulte di Berlin sambil mengenakan jubah perwira staff dengan kerah besar yang menutupi wajahnya. Disana dia lama menatap lukisan dirinya di atas pesawat yang dibuat oleh Fritz Reusing dengan judul “Rittmeister Freiherr von Richthofen”. Seorang pria tua lalu berdiri di sebelahnya dan ikut mengagumi lukisan tersebut. Manfred kemudian dengan sopan menanyakan, “Maaf, tapi ada orang yang mengatakan pada saya bahwa saya punya kemiripan dengan tokoh di lukisan tersebut. Bagaimana menurut anda?” Orang tua itu mengenakan kacamatanya, menatap lukisan lalu menatap Manfred sebelum akhirnya berkata, “Hmmm... sebaiknya anda melupakan perkataan teman anda. Anda sama sekali tidak mirip...”
Pada tanggal 13 Januari 1918 sebuah pesawat triplane Fokker Dr.I 144/17 ‘G.125’ dari Jasta 11 jatuh ke tangan pasukan Inggris secara utuh setelah terkena tembakan senjata anti serangan udara di dekat Cambrai. Pilotnya, Leutnant Eberhard Stapenhorst, diangkut ke Inggris tanggal 30 Januari 1918. Selama bertahun-tahun, foto Fokker Dr.I 144/17 di atas diklaim sebagai milik Red Baron, dan dia dipamerkan di Agricultural Hall di London selama beberapa waktu sebelum dipreteli
Dua bersaudara Richthofen, Manfred (kiri) dan Lothar, berfoto di depan pesawat Fokker Dr.I. Pesawat jenis ini masih dipandang secara ‘hati-hati’ oleh para pilot Jerman karena banyaknya kasus masalah mesin dan struktur yang menimpanya. Dua pilot Jerman terkemuka, Leutnant Hans Joachim Wolff dan Leutnant Eberhard Mohnike, mendapat luka-luka serius ketika sedang terbang menggunakan pesawat ini
Manfred von Richthofen berfoto bersama para komandan Staffel yang berada di bawah komandonya, musim semi 1918. Dari kiri ke kanan: Leutnant der Reserve Kurt Wüsthoff, Jasta 4; Oberleutnant Wilhelm Reinhard, Jasta 6; Manfred von Richthofen; Leutnant Erich Löwenhardt, Jasta 10; dan Leutnant Lothar von Richthofen, Jasta 11. Wüsthoff menggantikan Leutnant der Reserve Hans Klein sebagai komandan Jasta 4 yang terluka parah dalam peristiwa tanggal 19 Februari 1918. Dia tidak disukai oleh rekan-rekannya karena bermuka tebal serta sering melaporkan kemenangan tanpa cek dan recek dulu. Karena itulah tak lama kemudian Manfred mencopotnya tanggal 16 Maret 1918 dan menggantinya dengan Leutnant der Reserve Hans-Georg von der Osten. BTW, Dalam foto ini Manfred berpenampilan sederhana dengan seragam tanpa embel-embel serta ketiadaan Pour le Mérite di lehernya!
Pada tanggal 13 Maret 1918 Manfred von Richthofen menerima berita mengejutkan bahwa adik tercintanya, Lothar, telah tewas dalam sebuah dogfight. Dia langsung buru-buru terbang ke tempat pesawat Lothar hancur di Ayreux. Disini dia terlihat sedang duduk di kokpit pesawat Albatros D.V sambil mengenakan jaket bulu tebal dan bersiap untuk menanyakan tentang kabar adiknya di markas Jasta 5 yang terletak di lapangan udara Boistrancourt. Pada pagi hari di hari yang sama Manfred mencetak kemenangan udaranya yang ke-65. Ternyata adiknya 'hanya' menderita luka serius sehingga harus dirawat di rumah sakit selama empat bulan
Sebagai persiapan untuk ofensif musim panas Jerman di bulan Maret 1918, Manfred von Richthofen berkeliling ke unit-unit udara dengan mobil dinasnya (seperti tampak dalam cuplikan film di atas) demi membentuk sebuah tim tempur udara yang efektif dan mencari pengganti Lothar sebagai komandan sementara Jasta 11. Disinilah dia bertemu dengan Ernst Udet dari Jasta 36 yang diajaknya untuk bergabung dengan Geschwader-nya. Udet langsung mengiyakan, dan tentu saja! Banyak sekali Jagdstaffel yang bagus dan meraih nama dalam pertempuran, tapi hanya ada satu Jagdgeschwader Richthofen! Saat itu Udet sendiri telah meraih fliegerabschüsse ke-20 dan sudah direkomendasikan sebagai peraih Pour le Mérite
Selain Udet, Manfred von Richthofen juga mencomot Hauptmann Richard Flashar dari Jasta 5 untuk bergabung dengan JG 1. Flashar merupakan mantan rekan Manfred fi Kampfstaffel 8 dan telah menjadi komandan Jasta 5 dari sejak bulan Juli 1917. Di dalam unitnya bergabung dua orang Letnan peraih Pour le Mérite, Otto Könnecke dan Fritz Rumey. Foto di atas memperlihatkan saat Manfred (kiri) mengunjungi pangkalan Jasta 5. Seperti biasa, para pilot disana tampak terpesona dengan tamunya yang merupakan legenda hidup Jerman, sementara Flashar sendiri (kedua dari kanan) adem ayem saja kelihatannya!
Manfred von Richthofen (keempat dari kanan) tampak sedang santai ngadu huntu dengan anak-buahnya, sementara di latar belakang kita bisa melihat tenda Nissen rampasan dari Inggris. Tenda ini bisa dibongkar-pasang dan ikut berpengaruh terhadap mobilitas JG 1 serta, secara tidak langsung, terhadap kesuksesannya. Seperti yang dikenang oleh Ernst Udet: “Staffel lain biasa bermarkas di kastil atau desa-desa kecil 20 atau 30 km di belakang front sementara kami jarang berada kurang dari 20 km dari front terdepan. Staffel lain melakukan misi dua atau tiga kali dalam sehari sementara kami lima kali. Staffel lain akan membatalkan misi apabila cuaca tidak mendukung sementara kami hampir selalu beroperasi dalam kondisi cuaca apapun!”
Dokumen laporan tempur JG 1 per-tanggal 18 Maret 1918 yang ditandatangani oleh Rittmeister Manfred von Richthofen. Laporan ini berisi detail pertempuran udara yang dijalani oleh JG1 di tanggal tersebut termasuk kemenangan udara ke-66 Manfred serta kemenangan terkonfirmasi pilot-pilot lainnya
Para anggota Jagdgeschwader Nr.1 berfoto bersama tanggal 18 Maret 1918. JG 1 terbentuk tanggal 23 Juni 1917 dan merupakan gabungan dari Jagdstaffel 4, 6, 10 dan 11. Dalam foto ini, dari kiri ke kanan: 1. ? ; 2.Leutnant Alfred Gerstenberg (Jasta 11); 3.Leutnant Otto von Breiten-Landenberg (Führer Jasta 11, 5 fliegerabschüsse); 4.Leutnant Hans Joachim Wolff (Jasta 11, 10 fliegerabschüsse); 5.Leutnant Friedrich Friedrichs (Jasta 10, 21 fliegerabschüsse); 6.Leutnant Erich Just (Jasta 11, 6 fliegerabschüsse); 7.Leutnant Max Kühn (Jasta 10, 1 fliegerabschüsse); 8.Leutnant Siegfried Gussmann (Jasta 11, 5 fliegerabschüsse); 9.Leutnant Edgar Scholz (Jasta 11, 6 fliegerabschüsse); 10.Oberleutnant Karl Bodenschatz (Adjudant JG 1); 11.Leutnant Dr. Ewald von Conta (Jasta 11); 12.Oberleutnant Erich Löwenhardt (Führer Jasta 10, 54 fliegerabschüsse); 13.Leutnant Hans Weiss (Jasta 10, 16 fliegerabschüsse); 14.Rittmeister Manfred Freiherr von Richthofen (Führer des Jagdgeschwaders, 80 fliegerabschüsse); 15.Hauptmann Wilhelm Reinhard (Führer Jasta 6, 20 fliegerabschüsse); 16.Leutnant Paul Wenzel (Jasta 6, 10 fliegerabschüsse); 17.Leutnant Johann Janzen (Jasta 6, 13 fliegerabschüsse); 18.Leutnant Franz Hemer (Jasta 6, 18 fliegerabschüsse); 19.Leutnant Hans Kirschtein (Jasta 6, 27 fliegerabschüsse); 20.Leutnant Robert Tüxen (Jasta 6, 2 fliegerabschüsse); 21.Leutnant Georg Wolff (Jasta 6); 22.Leutnant Heinz Graf von Gluszewski (Jasta 4, 2 fliegerabschüsse); 23.Leutnant Hermann Bahlmann (Jasta 4, 1 fliegerabschüsse); 24.Leutnant Hans-Georg von der Osten (Jasta 4, 5 fliegerabschüsse); 25.Leutnant Viktor von Pressentin genannt von Rautter (Jasta 4, 15 fliegerabschüsse); 26. ? ; 27. ? ; 28.Leutnant Heinrich Dreckmann (Jasta 4, 11 fliegerabschüsse). Total kemenangan yang diraih oleh orang-orang yang nongtot dalam foto ini adalah 328 Abschüsse ingesamt!
Manfred von Richthofen (keempat dari kanan) dan 9 orang anakbuahnya dalam acara kunjungan fasilitas baru Jagdstaffel mereka di Awoingt tanggal 20 Maret 1918, satu hari sebelum ofensif besar terakhir Jerman dalam Perang Dunia I dimulai. Lokasi baru ini berada di pinggir jalan dari Cambrai ke La Cateau. Berdiri dari kiri ke kanan: Vizefeldwebel Paul Aue; Leutnant der Reserve Julius Bender; Leutnant der Reserve Julius Grassmann; Oberleutnant Erich Löwenhardt; Oberleutnant Karl Bodenschatz; Leutnant der Reserve Max Kühn; Manfred von Richthofen; Oberleutnant Hugo Schäfer; Leutnant der Reserve Fritz Friedrichs; Gefreiter Alfons Nitsche. Yang mengejutkan disini adalah pose Manfred yang sedang merokok! Dia sangat menjaga betul imagenya agar bisa menjadi panutan bagi anak muda Jerman di masa perang yang penuh cobaan, dan jarak yang tercipta antara fotografer dan obyeknya serta ekspresi Manfred mengindikasikan bahwa foto ini diambil tanpa sepengetahuan dia!
Seperti umumnya para politisi di segala zaman, para anggota Reichstag (Parlemen Jerman) juga berkesempatan mengunjungi front depan di fase pertama ofensif Jerman di bulan Maret 1918, dengan tak lupa berfoto bersama sang legenda Manfred von Richthofen (tengah). Demi formalitas saja Manfred ngobrol-ngobrol dengan mereka karena dia tahu acara kunjungan ini hanya sekedar demi mendongkrak popularitas para anggota dewan tersebut. Malamnya, niat jahil Manfred dan para anggota JG 1 muncul: dia sengaja melepaskan tembakan pistol kosong dari tempat tersembunyi di depan barak tempat menginap anggota dewan. Tak lama langsung saja para politisi yang terhormat ini blingsatan keluar masih dalam pakaian tidur mereka! Ketika dikatakan bahwa baru saja ada serangan udara, mereka kembali ke barak dengan masih takut-takut, dan pagi-pagi sekali langsung berangkat pulang, begitu terburu-buru sehingga tanpa sarapan terlebih dahulu! Tak terbayangkan seperti apa kerasnya tertawa Manfred dan anakbuahnya!
Beberapa komandan udara dihormati melalui rasa takut. Yang lainnya, seperti Manfred von Richthofen, dihargai karena kualitasnya yang mengagumkan. Baik ketika sedang menjahili para politisi atau ketika sedang bermain-main dengan anjing peliharaannya Moritz (seperti yang tampak dalam foto yang diambil di lapangan udara Léchelle ini), Manfred memancarkan kharisma dan kehangatan yang membuat orang di sekitarnya kelak mengenangnya dengan penuh rasa cinta dan kebanggaan
Royal Air Force Inggris didirikan tanggal 1 April 1918 sebagai hasil penyatuan antara Royal Flying Corps dan Royal Naval Air Service. Di tanggal yang sama, Jasta 11 mencatat fliegerabschüsse ke-250, sebuah Sopwith F.1 Camel yang ditembak jatuh di Sailly-Laurette oleh Leutnant Hans Joachim Wolff. Keesokan harinya, tanggal 2 April 1918, Manfred von Richthofen mencetak sejarahnya sendiri: kemenangan ke-75! Surat kabar di kampung halamannya, Breslauer Zeitung, mengangkat peristiwa tersebut dalam halaman pertama edisi 3 April 1918 seperti yang terlihat di atas
Empat hari kemudian, 6 April 1918, Manfred von Richthofen memimpin penerbangan Jasta 11 di atas wilayah Somme dengan pesawat ini, Fokker Dr.I 127/18. Mereka berpapasan dengan pesawat-pesawat Inggris yang sedang sibuk menjatuhkan bom dan menembaki pasukan darat Jerman di timur-laut Villers-Brettoneux. Manfred menyasar salah satu pesawat musuh dan berhasil menembak jatuhnya sehingga menjadi kemenangan udaranya yang ke-76
Pada tanggal 20 April 1918 Manfred von Richthofen menembak jatuh dua buah pesawat Sopwith F.1 Camel hanya dalam waktu beberapa menit dan menjadi skor kemenangan no.79 dan 80. Seperti biasa, setelah balik ke pangkalan Manfred membuat laporan pertempuran yang kemudian menjadi laporan terakhirnya
Pada hari minggu tanggal 21 April 1918 Rittmeister Manfred von Richthofen bersiap-siap untuk apa yang nantinya menjadi penerbangan terakhirnya (hik.. hik...). Seperti biasa, dia “bermesraan” dulu dengan anjing peliharaan kesayangannya, Moritz. Sesungguhnya dari sejak kemenangannya ke-75 ayahnya, yang begitu khawatir, telah meminta dengan sangat agar Manfred berhenti bertempur di garis depan dan mencukupkan diri dengan apa yang telah diraihnya. Apa yang dikatakan Manfred dalam bukunya “Der Rote Kampfflieger” bisa menjadi jawaban atas ke-keukeuhannya: “Aku akan sangat menderita bila kini, setelah terbebani dengan semua kemenangan dan medali yang telah kuraih, aku menjadi seorang ‘pensiunan’ demi untuk menjaga martabat serta hidupku yang berharga untuk negara, sementara di lain pihak para prajurit biasa tetap bertempur mempertaruhkan nyawa mereka di parit-parit...”
Pada saat pertama kedatangannya di markas JG 1, pesawat Fokker Dr.I 425/17 milik Manfred von Richthofen masih berpanmpilan “fresh” dengan cat merah yang di seluruh badan yang baru dibalurkan. Tapi di penerbangan terakhir sang Red Baron, cat itu telah mulai pudar seperti tampak dalam foto di atas. Misi terakhir Manfred berlangsung tanggal 21 April dan dia mulai terlibat dalam dogfight dengan pesawat-pesawat Inggris jam 10.30 pagi di atas Somme dekat Corbie
Dalam pertempuran tersebut, Manfred mengincar pesawat Sopwith F.1 Camel yang dipiloti oleh Second Lieutenant Wilfrid L. May sebagai targetnya. “Wop” May adalah orang Kanada berusia 23 tahun dan berasal dari No.209 Squadron, dan foto di atas memperlihatkan saat dia sedang mengikuti pelatihan terbang tahun 1917. Misi yang mempertemukannya dengan Red Baron merupakan misi pertamanya dan dia sudah diwanti-wanti agar jangan dulu terjun dalam pertempuran melainkan hanya mengamati saja dari kejauhan. Dasar bandel, melihat pesawat Jerman datang dia langsung menyerbu ke salah satu pesawat dan menembak dengan senapan mesinnya. Sialnya, senapannya malah macet! Dia langsung balik lagi untuk pulang, tapi kini di belakangnya mengejar sebuah pesawa Jerman, yang tidak lain adalah pesawatnya Red Baron! Pengejaran seru pun dimulai, yang berlangsung dari wilayah Jerman ke wilayah Sekutu. Tiba-tiba May melihat pesawat pengejarnya oleng dan menabrak daratan! Dia melihat ternyata di belakang pesawat Jerman ada satu lagi pesawat rekannya. May menarik nafas lega dan pulang ke pangkalan tanpa pernah tahu identitas pesawat Jerman yang memburunya tersebut
Captain A. Roy Brown, sesama orang Kanada yang menjadi leader ‘A’ flight dari no.209 Squadron. Dia telah mengantongi 9 kemenangan terkonfirmasi sampai tanggal 21 April 1918. Beberapa sejarawan menganggap bahwa dialah orang yang paling bertanggungjawab atas tewasnya Manfred von Richthofen saat dia mencoba menolong rekannya “Wop” May yang sedang dicocor oleh Red Baron. May sendiri mengakui bahwa Brown lah yang telah menembak jatuh pesawat Fokker triplane milik Manfred von Richthofen, dan pesawat tersebut jatuh ke wilayah yang dikuasai oleh pasukan Australia
Rittmeister Manfred von Richthofen terbunuh tanggal 21 April 1918 pukul 11.45 waktu Jerman (satu jam lebih cepat dibandingkan dengan waktu Sekutu). Dia dan pesawatnya jatuh ke sebuah kebun lobak merah di Vaux-sur-Somme yang berada di pinggir jalan antara Corbie ke Bray, dan telah berada dalam keadaan tak bernyawa ketika pasukan Australia datang ke TKP. Jenazahnya lalu diangkat dari pesawat dan dibawa ke lapangan udara Poulainville, yang terletak 15 kilometer jauhnya dari situ, untuk diperiksa dan kemudian diambil fotonya. Lapangan udara tersebut menjadi markas bagi No.3 Squadron, Australian Flying Corps, sebuah unit R.E.8 yang pada pagi harinya tercatat telah bertempur melawan pesawat-pesawat Fokker triplane Jerman dan mengklaim turut bertanggungjawab atas tewasnya sang Red Baron yang legendaris
Meskipun saat pesawat Red Baron menyentuh bumi dia dalam keadaan utuh dan hanya mengalami sedikit kerusakan, tapi tak lama kemudian pesawat tersebut telah “compang-camping” dipereteli oleh para pemburu suvenir! Selain klaim oleh pilot Kanada Captain A. Roy Brown, terdapat klaim lain dari pihak Australia yang mengatakan bahwa pesawat Manfred von Richthofen ditembak jatuh oleh senjata anti serangan udara dari bawah. Klaim ini diterima oleh komanda pasukan udara Jerman Jenderal Ernst von Hoeppner dan juga didukung oleh Captain N. C. Graham dan Lieutenant G.E. Downs, perwira AD yang diperbantukan di RAF, yang memeriksa jenazah Manfred dan menyimpulkan: “luka masuknya berada di bagian kanan dada persis di dekat ketiak sementara luka luarnya sedikit lebih ke atas. Dari bentuk lukanya kami bisa menyimpulkan bawa peluru menyerempet bagian dada dari kanan ke kiri, karenanya senjata yang menembakkan peluru ini pastinya datang dari bagian kanan bawah dan bukan atas atau sejajar, serta berasal sedikit di belakang...”
Para pilot dan observer dari No.3 Squadron berkumpul di sekitar sisa-sisa badan dan ekor pesawat Manfred von Richthofen. Dari kiri ke kanan: Lt. C.W. Gray (observer); Lt. F.J. Mart (observer); Lt. N. Mulroney (pilot); Lt. A.V. Barrow (observer yang terbang dengan Lt. Garrett di atas Le Hamel di pagi tanggal 21 April 1918); Lt. T.I. Ballieu (pilot); Lt. R.W. Kirkwood (observer); Lt. A.I.D. Taylor (observer); Lt. A.E. Grigson (pilot); dan Lt. M. Sheehan (pilot). Yang lainnya tidak teridentifikasi
Tak lama setelah pemeriksaan singkat atas luka di tubuh sang legenda, jenazah Manfred von Richthofen dibaringkan di atas sebuah besi berombak seperti yang tampak dalam gambar. Di sore hari tanggal 21 April 1918 tak henti-hentinya berdatangan para pilot dari Inggris, Australia dan Kanada yang hadir di hanggar untuk menyampaikan penghormatan terakhir mereka kepada mantan musuh yang gagah berani, sementara prajurit lain datang hanya demi untuk membawa pulang benda apapun yang melekat di tubuh Manfred!
Pada siang hari tanggal 22 April 1918, hanya berselang 10 hari sebelum ulang tahun Manfred von Richthofen yang ke-26, sang legenda dikebumikan dengan penghormatan militer penuh di sebuah kompleks kuburan lokal di Bertangles yang bersebelahan dengan lapangan udara yang digunakan oleh No.209 Squadron. Enam orang pilot Australia, semuanya berpangkat Kapten, menjadi pembawa peti jenazah hitam yang membawa tubuh Manfred. Termasuk yang hadir adalah Major W. Sholto Douglas (nantinya menjadi Marsekal di Royal Air Force dengan nama Lord Douglas of Kirtleside) yang pada saat itu menjadi komandan No.84 Squadron
No.3 Squadron, Australian Flying Corps, menyumbangkan sebuah baling-baling R.E.8 yang sudah tak terpakai untuk dijadikan sebagai salib penanda kuburan Manfred von Richthofen. Pemilihan pesawat R.E.8 ini sungguh tepat karena Manfred pernah menembak jatuh tujuh buah pesawat dari jenis tersebut dan menyimpan rasa hormat terhadap para pilotnya. Sayangnya, hanya beberapa hari setelah upacara penguburan, baling-baling penanda tersebut dicuri orang dan tidak pernah ketahuan lagi dimana rimbanya!
Kebanyakan “suvenir” dari Manfred von Richthofen berkeliaran di kalangan prajurit-prajurit yang selamat dalam kancah Perang Dunia I, juga para keluarga dan koleganya. Selama bertahun-tahun benda-benda tersebut menjadi milik para kolektor pribadi dan, manakala dia nongol dalam ajang lelang di masa sekarang, maka benda-benda tersebut terjual dengan harga yang amit-amit mahalnya! Beberapa benda terlalu berat untuk dicopot dengan mudah di tahun 1918, seperti halnya mesin rotari Oberursel UR II yang terpasang di pesawat Manfred pada saat kematiannya. Mesin tersebut saat ini menjadi koleksi Imperial War Museum di London dan tercatat sebagai bagian terbesar pesawat Manfred yang masih utuh!
Untuk mengatasi udara dingin di ketinggian, banyak penerbang zaman Perang Dunia Pertama yang mengenakan jaket tebal dan sepatu berbahan bulu binatang. Manfred von Richthofen pun mempunyai sepasang sepatu bulu semacam itu dengan tampilan yang menarik. Salah satunya kini disimpan di Australian War Memorial di Canberra
Kursi pesawat Fokker Dr.I 425/17 diberikan sebagai trofi untuk Captain A. Roy Brown, orang yang dianggap paling bertanggungjawab atas tewasnya Manfred von Richthofen. Brown kemudian balik menghibahkannya kepada Royal Canadian Military Institute di Toronto, Kanada. Bagian besar lapisan badan pesawat yang memajang simbol nasional Jerman juga berhasil selamat, dengan kebanyakannya berakhir di musium-musium Australia dan Kanada. Salah satu bagian berada di tangan kolektor pribadi yang mendapatkannya dalam acara lelang yang digelar di tahun-tahun belakangan
Dibutuhkan waktu tiga hari untuk koran-koran Jerman dalam memberitakan kematian Red Baron. “Schlesische Zeitung” di Breslau memajang berita ini dalam headline halaman pertama yang terbit tanggal 24 April 1918. Artikel serupa juga muncul di koran-koran nasional dan internasional, serta tentunya yang paling besar liputannya adalah di media kampung halaman Manfred von Richthofen, yang memasang headline besar berjudul “Der Heldentod Richthofens” (Kematian Heroik Richthofen)
Pada peringatan kelahiran ke-26 Manfred von Richthofen yang berlangsung pada tanggal 2 Mei 1918, sang pahlawan yang telah gugur mendapat penghormatan dengan digelarnya Upacara khusus yang diadakan di Garnisonkirche (Gereja Garnisun) di Berlin. Dengan absennya peti mati, maka yang ada adalah sebuah catafalque (panggung peti mayat) yang memajang Ordenskissen (bantal medali) berisi medali dan penghargaan yang telah diraih oleh Manfred. Tak lama setelah perang usai sisa-sisa jenazah Manfred dipindahkan dari Prancis ke pemakaman militer untuk para pahlawan Jerman yang telah gugur di Fricourt, sebelah timur Albert. Tidak cukup sampai disitu, pada tanggal 14 November 1925 makamnya dibongkar lagi dan, dua hari kemudian, dikirimkan melalui jalur yang berliku melalui kota-kota Jerman sampai ke Berlin. Disini peti matinya diiringi oleh delapan orang penjaga kehormatan yang semuanya merupakan penerbang peraih Pour le Mérite seperti terlihat di foto atas. Mereka mengiringi jenazah Manfred dalam iring-iringan melalui ibukota Negara menuju Gnadenkirche (Gereja Pengampunan)
Para peraih Pour le Mérite mengangkat sisa-sisa jenazah Manfred von Richthofen sementara ibunya (Freifrau von Richthofen) mengikuti dengan sedih dari belakang. Aki-aki yang memakai pickelhaube adalah Presiden Paul von Hindenburg, mantan Marsekal terkemuka Jerman dalam Perang Dunia Pertama
Pada tanggal 19 November 1925 peti mati Manfred von Richthofen disemayamkan di Gnadenkirche. Di atasnya diletakkan pedang Uhlan dan Tschapka (helm baja Uhlan). Di depan peti mati terpajang Salib kayu yang sampai saat itu menjadi penanda makam Manfred di Fricourt. Salib tersebut hanya bertuliskan namanya serta nomor 53091. Para penjaga kehormatan adalah termasuk mereka yang pernah menjadi perwira di JG 1 serta Ulanen-Regiment Nr.1. Di sepanjang hari itu warga Berlin berbondong-bondong mendatangi gereja dalam antrian panjang demi memberikan penghormatan terhadap sang pahlawan. Para pilot yang terlihat dalam foto ini adalah Leutnant der Reserve Josef Veltjens (kiri) yang merupakan mantan komandan JG II, serta Leutnant der Reserve Kurt Wüsthoff (kanan) yang pernah dicopot Manfred dari jabatannya sebagai komandan Jasta 4
Masih di tempat yang sama, tapi kini komposisi penjaga kehormatannya berubah. Peraih Pour le Mérite di sebelah kanan adalah Rittmeister Karl Bolle yang merupakan jagoan udara dalam Perang Dunia Pertama dengan 36 fliegerabschüsse. Dia kemudian menjadi penasihat Luftwaffe dalam Perang Dunia II. Yang unik dari dia adalah ini: Bolle meraih Pour le Mérite tanggal 28-08-1918 setelah meraih 28 kemenangan. Serba 8 beibeh!
Peti jenazah Manfred von Richthofen dikeluarkan dari Gnadenkirche untuk kemudian ditempatkan di sebuah kereta pembawa artileri. Kini iring-iringan akan diberangkatkan menuju kompleks pemakaman Invalidenfriedhof. Tradisi mengusung jenazah pahlawan militer dengan kereta artileri terus berlanjut sampai Perang Dunia II dan setelahnya. Sebagai contohnya adalah upacara pemakaman Marsekal legendaris Erwin Rommel seperti terlihat DISINI
Dalam perjalanan menuju Invalidenfriedhof: 1.Ibu Kunigunde Freifrau von Richthofen; 2.Adik Karl-Bolko Freiherr von Richthofen; 3.Präsident Paul von Hindenburg; 4.Leutnant der Reserve Hans Klein; 5.Leutnant Otto Könnecke; 6.Charakter als Hauptmann Oskar Freiherr von Boenigk; 7.Charakter als Major Alfred Keller; 8.Leutnant der Reserve Kurt Wüsthoff; dan 9.Rittmeister Karl Bolle. Sekedar tambahan: Peraih Pour le Mérite di antara Freifrau von Richthofen (1) dan Karl-Bolko (2) adalah Hauptmann Franz Walz; Peraih Pour le Mérite di depan Keller (7) dan sejajar dengan Von Boenigk (6) adalah Leutnant Heinrich Bongartz; Peraih Pour le Mérite di sebelah kanan Könnecke (5) adalah Leutnant Paul Bäumer; Peraih Pour le Mérite di sebelah kanan Wüsthoff (8) yang mukanya tertutup adalah Leutnant der Reserve Josef "Seppl" Veltjens; Peraih Pour le Mérite di belakang Bolle (9) yang nengok ke peti mati adalah Hauptmann Bruno Loerzer; Peraih Pour le Mérite yang berada di depan Bolle (9) adalah Hauptmann Hermann Köhl
Peti mati Manfred von Richthofen diangkat oleh para penjaga kehormatan memasuki Invalidenfriedhof. Yang tampak dalam foto ini: 1.Charakter als Major Alfred Keller; 2.Leutnant der Reserve Josef "Seppl" Veltjens; 3.Hauptmann Bruno Loerzer; 4.Leutnant Paul Bäumer; dan 5.Charakter als Hauptmann Oskar Freiherr von Boenigk. Sekedar tambahan: Peraih Pour le Mérite di sebelah kanan Loerzer (3) adalah Leutnant Julius Buckler, sementara yang berada di belakang Von Boenigk (5) adalah Leutnant Heinrich Bongartz
Presiden Paul von Hindenburg memberikan eulogi di depan kubur yang masih terbuka. Yang tampak dalam foto ini: 1.Paul von Hindenburg; 2.Hauptmann Franz Walz; 3.Leutnant Paul Bäumer; 4.Leutnant Emil Thuy; 5.Charakter als Hauptmann Oskar Freiherr von Boenigk; 6.Major Leo Leonhardy; 7.Charakter als Major Alfred Keller; dan 8.Rittmeister Karl Bolle
Lokasi kuburan Manfred von Richthofen di Invalidenfriedhof dalam foto yang diambil tahun 1925 (atas) dan 1931 (bawah). Invalidenfriedhof sendiri berada di Scharnhorststraße (Jalan Scharnhorst) sementara kuburan Manfred berada di Grabfeld F
Bagian paling penting dari upacara pemakaman tersebut yang kemudian dikembalikan kepada pihak keluarga adalah Ordenskissen milik Manfred von Richthofen (disini terlihat dipajangkan di musium keluarga di Schweidnitz). Upacara pemakaman kembali Manfred sendiri dihadiri oleh Generalfeldmarschall Paul von Hindenburg und von Beneckendorff, yang saat itu telah menjadi presiden Jerman. Pada tanggal 20 November 1925 peti matinya kemudian dibawa dalam iring-iringan serupa menuju ke Invalidenfriedhof (Kuburan Orang Cacat) yang selama ini menjadi lokasi pemakaman tradisional para pahlawan Jerman. Inilah yang kemudian menjadi tempat peristirahatan terakhir sang legenda Perang Dunia Pertama tersebut
- Preußisches Militär-Flugzeugführer-Abzeichen
- 1914 Eisernes Kreuz II. Klasse (23 September 1914)
- Ehrenbecher für den Sieger im Luftkampf (17 September 1916)
- 1914 Eisernes Kreuz I. Klasse (10 April 1916)
- Ritterkreuz des Königlichen Hausordens von Hohenzollern mit Schwertern (11 November 1916)
- Herzog-Carl-Eduard-Medaille mit Schwerterspange (30 Desember 1916)
- Pour le Mérite (12 Januari 1917), setelah kemenangan udaranya yang ke-16
- Ritterkreuz des Württembergischen Militärverdienstordens (13 April 1917)
- Ritterkreuz des Militär-St.-Heinrichs-Orden am (16 April 1917)
- Bayerischer Militärverdienstorden IV. Klasse mit Krone und Schwertern (29 April 1917)
- Ritterkreuz I. Klasse des Herzoglich Sachsen-Ernestinischen Hausordens mit Schwertern (9 Mei 1917)
- Bulgarien Militärorden für Tapferkeit IV. Klasse (12 Juni 1917)
- Österreichisches Feld-Pilotenabzeichen
- Österreichisches Orden der Eisernen Krone III. Klasse (8 Agustus 1917)
- Österreichisches Militärverdienstkreuz III. Klasse mit Kriegsdekoration
- Hamburg Hanseatenkreuz (22 September 1917)
- Lübeck Hanseatenkreuz (22 September 1917)
- Braunschweiger Kriegsverdienstkreuz II. Klasse (24 September 1917)
- Bremen Hanseatenkreuz (25 September 1917)
- Schaumburg-Lippe Kreuz für treue Dienste (10 Oktober 1917)
- Lippisches Kriegsverdienstkreuz II. Klasse (13 Oktober 1917)
- Kriegsehrenkreuz für heldenmütige Tat (23 Oktober 1917)
- Osmanisches Silberne Imtiyaz-Medaille (4 November 1917)
- Osmanisches Silberne Liakat-Medaille (4 November 1917)
- Osmanisches Eiserner Halbmond (4 November 1917)
- Roter-Adler-Orden III. Klasse mit Krone und Schwertern (6 April 1918)
- Hessische Tapferkeitsmedaille
- Verwundetenabzeichen (1918) in Schwarz
Keluarga Richthofen tinggal di Striegauer Strasse No.10 di Schweidnitz. Seusai Perang Dunia I jalan ini dinamai ulang sebagai Manfred-von-Richthofen-Strasse dan, dalam peringatan ke-15 kematiannya, keluarga sepakat menjadikan rumahnya sebagai musium pribadi yang terbuka untuk publik. Sekedar informasi, Albrecht Freiherr von Richthofen (ayahanda Manfred) meninggal pada tahun 1920 sementara Lothar Freiherr von Richthofen (adiknya yang sesama jagoan udara) menyusul dua tahun kemudian pada tahun 1922. Pengelola musium Richthofen jadinya adalah Freifrau von Richthofen (ibunda Manfred). Foto di atas memperlihatkan kartu pos yang berisi foto Manfred serta rumahnya dengan alamat lama (Striegauerstraße)


Dari sejak kemenangan udara pertamanya yang terkonfirmasi, Manfred von Richthofen mempunyai kebiasaan untuk memperingatinya melalui sebuah gelas perak kecil khusus yang dia pesan dari tukang perhiasan di Berlin dengan tambahan tulisan singkat mengenai data kemenangannya. Sebagai contoh, gelas pertama bertuliskan ‘1. Vickers 2. 17.9.16’ yang mengindikasikan kemenangan pertama yang diperolehnya atas sebuah pesawat Vickers dua kursi tanggal 17 September 1916. Gelas-gelas ini, bersama dengan ‘suvenir’ lain sebagai persembahan untuk ibu tercintanya Freifrau von Richthofen, dia kumpulkan di kamar rumah orangtuanya di Schweidnitz. Foto di atas diambil tahun 1933 oleh seorang jurnalis Inggris yang berkunjung ke kediamannya











Sumber :
Buku "Der Rote Kampfflieger" karya Rittmeister Manfred von Richthofen
Buku "The Illustrated Red Baron: The Life and Times of Manfred von Richthofen" karya Peter Kilduff
www.buddecke.de
www.en.wikipedia.org
www.findagrave.com
www.forum.axishistory.com
www.freeinfosociety.com
www.frontflieger.de
www.gutenberg.org
www.prewarcar.com
www.sanke-cards.com
www.vlib.us
4 comments:
pembahasan menarik mengani Red baron, musuh segala musuh Inggriss raya di udara
amazing history....
By the way, does any one have a picture of Bolko von Richthofen (1899–1983), German archaeologist (not to be confused with Manfred's younger brother)
fabelhaft
Post a Comment