Tuesday, March 11, 2014

Foto Pertempuran Sisilia (9 Juli - 17 Agustus 1943)


  Sebuah mobil Jerman dari jenis VW Typ 82 leichter geländegängiger Personenkraftwagen (Kfz. 1) "Kübelwagen" sedang berada di depan sebuah desa pegunungan di Piero Patti, Messina (Sisilia/Italia), dengan latar belakang bangunan Convento dei Carmelitani yang berbentuk kastil, tahun 1943. Kübel satu ini dilengkapi dengan dudukan jerigen bahan bakar tambahan yang dipasang di atas spatbor kiri. Dalam perbendaharaan Jerman, jerigen militer mempunyai nama resmi 'Wehrmacht-Einheitskanister', dan pertama kali dikembangkan pada tahun 1937 oleh firma teknik Müller di Schwelm, berdasarkan desain dari kepala insinyur mereka, Vinzenz Grünvogel. Sebenarnya desain serupa telah digunakan dari sejak tahun 1936 dalam kancah Perang Saudara Spanyol, dimana jerigen yang diproduksi memajang logo perusahaan Ambi-Budd Presswerk G.m.b.H. Pada tahun 1939, militer Jerman telah menumpuk ribuan dari jerigen jenis ini sebagai cadangan, sebagai antisipasi dari perang yang kemungkinan terjadi. Pasukan bermotor biasanya mendapat jatah jerigen lengkap dengan selangnya, sebagai sarana untuk memudahkan penyedotan bahan bakar dari segala sumber yang tersedia. Selang ini terutama berguna sekali manakala tentara-tentara Jerman melibas negara-negara Sekutu dalam gerak cepat di tahun-tahun awal peperangan. Musuh bebuyutan Jerman, Inggris, tak lama kemudian telah menemukan kegunaan Wehrmachtskanister 20 L, dan segera meng-copy-nya mentah-mentah. Karena pihak Inggris biasa menjuluki tentara-tentara Jerman sebagai "Jerry", maka merekapun memberi nama "Jerry Cans" kepada tempat penyimpanan bahan bakar / air hasil tiruan tersebut (nama ini nantinya diadopsi oleh orang-orang kita menjadi "jerigen")


 Para prajurit dari I.Bataillon / Fallschirmjäger-Regiment 3 beristirahat di sela-sela Pertempuran Sisilia. Mereka baru saja mundur ke posisi pertahanan yang baru di sekitar desa Centuripe yang terdiri dari wilayah perbukitan berbatu. Meskipun resminya berada di bawah komando 1. Fallschirmjäger-Division, dalam pertempuran ini FJR3 di-BKO-kan ke Kampfgruppe von Carnap yang dipimpin oleh Ludwig Heilmann, yang sendirinya merupakan bagian dari Panzer-Division Hermann Göring. Foto ini sendiri diambil di Pulau Sisilia (Italia Selatan) pada bulan Agustus 1943 oleh Ernst Haas dari Kriegsberichterzug XI. Flieger-Korps


 Tak lama setelah melintasi Selat Messina dari daratan Italia, Koresponden Perang Ernst Haas dari Kriegsberichterzug XI. Fliegerkorps ditugaskan untuk meliput kondisi pasukan Jerman yang pada saat itu sedang bergerak mundur secara teratur dari wilayah pantai. Di sepanjang perjalanan, Haas - yang menumpang di sebuah mobil truk buatan Italia - tidak pernah melewatkan kesempatan untuk mengabadikan wilayah-wilayah yang dilaluinya, termasuk penanda dan rambu jalan berbahasa Jerman atau Italia. Foto ini diambil pada akhir bulan Agustus 1943 di sekitar wilayah Reggio Calabria, Sisilia. Tulisan paling besar, "Gioia Tauro" dan "Locri", adalah nama dua kota yang berdekatan, sementara kata-kata "RACI" di atasnya adalah singkatan dari 'Reale automobile club dell’Italia', sebuah jawatan umum di Italia yang didirikan pada tahun 1898 dan bertugas untuk mempromosikan serta mengatur sektor otomotif di negara tersebut. Panel-panel yang terpasang di tiang telegraf adalah nama-nama kesatuan yang menjadi bagian dari 29. Panzergrenadier-Division, yang mendapat julukan "Falke". Selain itu, terdapat pula penunjuk arah untuk unit-unit Panzer-Division Hermann Göring, serta tiga tanda yang mengindikasikan Feldlazarett (Rumah Sakit Lapangan) terdekat

 ----------------------------------------------------------------------

PERAIH RITTERKREUZ

Hauptmann der Reserve Heinz Paul Adolff (29 Juni 1914 – 17 Juli 1943) adalah Führer Fallschirm-Pionier-Bataillon 1 / 1.Fallschirmjäger-Division yang terluka parah saat berusaha menghancurkan jembatan Primasole yang melintasi sungai Simeto (Italia) saat berlangsungnya invasi Sekutu atas pulau Sisilia. Adolff berupaya meledakkan jembatan strategis tersebut agar pasukan Inggris tidak bisa menyeberanginya. Dua kali usahanya berakhir dengan kegagalan. Di usahanya yang ketiga dia dengan berani mengemudikan sebuah truk yang membawa dua buah bom berat menuju jembatan. Bom tersebut meledak dan jembatan hancur, tapi Adolff sendiri mengalami luka parah di sekujur tubuhnya, dan meninggal tak lama kemudian. Jasadnya kemudian dikebumikan di Deutscher Soldatenfriedhof Motta San Anastasia, Plot:4. Baris:6. Kuburan:1-27. Tindakan heroiknya membuat pasukan Inggris, yang berusaha menerobos garis belakang Jerman, membatalkan usaha mereka. Atas jasa-jasanya tersebut, sang perwira Zeni dinaikkan pangkatnya secara anumerta menjadi Major der Reserve tanggal 18 November 1943 sekaligus dianugerahi Ritterkreuz des Eisernen Kreuzes tanggal 26 Maret 1944. Medali-medali lain yang diraihnya: Eisernes Kreuz II.Klasse (2 Juni 1940) dan I.Klasse (27 Juni 1940); Fallschirmschützenabzeichen der Luftwaffe; serta Deutsches Kreuz in Gold (19 Maret 1942)


No comments: