Saturday, May 25, 2013

Saat Para Fotografer Beraksi!

 Kelihatannya tidak ada yang salah dengan foto studio prajurit SS ini, tapi coba perhatikan lagi lebih mendalam: Kita bisa melihat dengan jelas bagian bawah dan atas backdrop-nya, standing yang bisa dinaikturunkan, serta tiang besi untuk menahan lampu! Entah apakah hal ini disengaja atau tidak, yang jelas kasihan banget si prajurit kalau mendapatkan hasil cetak foto yang dibuatnya ternyata "mengandung" bloopers! Foto di atas dijual di e-bay Jerman, dan karena negara tersebut sangat fobia terhadap segala sesuatu berbau Nazi, maka lambang swastika dan elang Wehrmacht-pun ikut kena sensor!


Foto ini diambil di Libya dan memperlihatkan seorang fotografer dari Luftwaffe-DAK (Deutsche Afrikakorps) sedang mengambil sebuah gambar mengunakan kamera foto model lama. Menariknya, foto-foto yang telah dibuat ikut ditempelkan di bagian samping kamera tersebut! Apakah sebagai alat promosi demi menarik pengunjung? Entahlah!


Seorang prajurit Heer menunggu saat-saat fotografer mengambil gambarnya di sebuah studio foto, sementara rekannya memegangi backdrop di bagian belakang. Tampaknya mereka sedang menunggu giliran dijepret. Para anggota Wehrmacht (terutama yang bertugas di garis depan) memang sering meluangkan waktu buat berfoto untuk kemudian hasilnya dikirimkan ke kampung halaman sebagai pengingat bagi orang-orang tercinta disana


Bukan foto studio tapi memperlihatkan saat foto outdoor sedang diambil. Sang fotografer menampilkan foto-foto hasil jepretannya dengan menggunakan papan penampang sehingga memudahkan para prajurit Wehrmacht (yang menjadi turis) untuk memilih mana yang diambil. Puri di latar belakang adalah Menara Putih di Thessaloniki (Λευκός Πύργος Lefkos Pyrgos) di Yunani

-----------------------------------------------------------------

 Foto berwarna yang menarik ini diambil pada tanggal 10 Agustus 1942 dan memperlihatkan para perwira tinggi Jerman dan Finlandia sedang mengarungi danau Ladoga di Finlandia menggunakan Siebelfähre (Kapal angkut/Feri Siebel) milik Einsatzstab Fähre Ost (EFO), sebuah unit Luftwaffe yang beroperasi di sekitar wilayah danau Ladoga bersama dengan MTB Italia (12. Squadriglia MAS) dan kapal-kapal ranjau Jerman dari C-Gruppe / 31.Minensuch-Flottilla. Dari kiri ke kanan: Oberstleutnant der Reserve Friedrich-Wilhelm Siebel (Kommandeur Einsatzstab Fähre Ost); Kolonel Finlandia Eino Iisakki Järvinen (Komandan Brigade Pantai Danau Ladoga), dan dua orang perwira Luftwaffe tak dikenal (yang paling kanan berasal dari unit Flak kalau dilihat dari waffenfarbe-nya). Dari sumber asalnya dikatakan bahwa perwira kedua dari kanan adalah Generaloberst Alfred Keller, tapi menurut saya identifikasi ini salah karena mukanya beda jauh!


 Generalmajor Erwin Rommel (Kommandeur 7. Panzer-Division) berpose santai di dekat sebuah Panzerkampfwagen IV dan awaknya. Foto ini diambil saat kampanye Jerman di Prancis bulan Mei-Juni 1940 dan memperlihatkan Rommel digelantungi kamera Leica. Sang jenderal sendiri memang terkenal mempunyai antusiasme yang tinggi dalam bidang fotografi dan telah menghasilkan begitu banyak foto berharga sepanjang keterlibatannya dalam Perang Dunia II. Sayangnya sebagian besar dari foto tersebut hilang dan sampai saat ini tidak diketahui dimana keberadaannya!

Sumber :
Foto koleksi NARA Archives
Foto koleksi pribadi Larrister
Foto koleksi pribadi Thomas E. Nutter
www.instahlgewittern.com
www.wehrmacht-awards.com

No comments: