Friday, July 3, 2009

Heinz Wilhelm Guderian 'Panzer Leader'

Buku PANZER LEADER oleh Heinz Guderian, sampul depan


Buku PANZER LEADER oleh Heinz Guderian, sampul belakang


It's a priceless book!


Buku ini saya beli di salah satu toko buku di kompleks Palasari, Bandung (yang merupakan pasar buku terbesar se Asia Tenggara!), dengan harga 'hanya' 50 ribu Rupiah! Saya bilang hanya karena kalau melihat kondisi buku dan nilai sejarahnya, buku tersebut pastilah lebih mahal dari harga yang tersebut!

Yang jelas, buku tersebut merupakan otobiografi dari salah satu jenderal Jerman paling terkemuka dalam Perang Dunia II, siapa lagi kalau bukan Generaloberst Heinz Wilhelm Guderian. Dia terkenal karena dianggap sebagai bapak strategi BLITZKRIEG. Meskipun bukan yang pertama mencetuskannya, tapi tak ada yang menyangkal kalau Guderian adalah orang pertama yang mengejawantahkannya dalam peperangan. Terbukti, pada fase-fase awal Perang Dunia II, kemenangan yang terus menerus diraih oleh Wehrmacht sebagian besar ditopang oleh strategi Blitzkrieg yang dikembangkan Guderian!

Sebenarnya, apa sih Blitzkrieg itu? Singkatnya, Blitzkrieg (sesuai dengan namanya, yaitu Perang Kilat) adalah suatu strategi militer yang mengedepankan kecepatan dalam serangan, yang didapatkan dengan memadukan kekuatan darat dan udara seharmonis mungkin. Dua hal esensial dalam taktik ini : radio dan tank! Tanpa keduanya, sia-sialah strategi Blitzkrieg.

Sebagian besar buku ini mengupas kisah hidup Guderian dalam Perang Dunia II, hanya sedikit diceritakan tentang masa mudanya atau keluarganya, padahal anak jenderal ini juga adalah seorang jago perang juga lho! Namanya adalah Heinz Günther Guderian, perwira berpangkat Oberstleutnant yang juga pemegang medali bergengsi Ritterkreuz.

Dengan membaca buku ini, kita bisa mengetahui sekelumit kehidupan Guderian, pandangan-pandangannya dan juga kehidupan di masa itu, dimana negara Jerman sangat terpusat pada satu orang : Adolf Hitler. Sedikit saja sisipan foto yang ada, dan itupun kebanyakan adalah foto-foto yang sudah beredar luas di internet. Untuk bahasa penyajiannya, mungkin akan membosankan bagi orang biasa, tapi bagi saya : NO PROBLEMO!

3 comments:

satriorahmantoadi said...

bung...maw dijual ga buku itu,,saya merupakan seorang prajurit kavaleri yang membutuhkan referensi dalam bekerja..

satriorahmantoadi said...

bung...maw dijual ga buku itu,,saya merupakan seorang prajurit kavaleri yang membutuhkan referensi dalam bekerja..

Rumput Hijau said...

saya mau beliii...........siapa dirimuu/
dan mana no hp yg bvisaa dhubungi..........
mau saya pake referensi skripsi