Friday, July 10, 2009

Stalingrad, Salah Satu Film Terbaik Bersetting Nazi Dalam Perang Dunia II!

Poster film Stalingrad


Versi lain poster film Stalingrad


Leutnant Hans von Witzland dalam perjalanan kereta api menuju Stalingrad


Leutnant Hans von Witzland menulis surat untuk keluarga di rumah dalam perjalanan kereta api menuju Stalingrad


Para pemeran utama film Stalingrad, baris bawah dari kiri ke kanan : Obergefreiter Fritz Reiser (Dominique Horwitz), Leutnant Hans von Witzland (Thomas Kretschmann) dan Unteroffizier Manfred "Rollo" Rohleder (Jochen Nickel). Baris atas dari kiri ke kanan : Oberschütze GeGe Müller (Sebastian Rudolph) dan Edgar Emigholz (Heinz Emigholz. Yup, nama belakangnya sama!)


Baru saja datang, pasukan Von Witzland sudah harus berjibaku bertempur melawan pasukan Rusia dalam puing-puing kota Stalingrad


Leutnant Hans von Witzland bertemu dengan atasannya Hauptmann Hemann Musk (tengah) dalam acara pemberkatan doa bagi pasukan Jerman yang bertempur di front Stalingrad. Di bagian akhir film terlihat bahwa sang Hauptmann telah dianugerahi Ritterkreuz!


Para pasukan Sturmpioniere yang menjalani hukuman dengan bekerja sebagai penyapu ranjau di dinginnya musim dingin Rusia yang kejam


Diorama adegan terakhir yang sangat menyentuh dari film Stalingrad


DVD film Stalingrad yang diedarkan di Finlandia


CD DVD film Stalingrad


Lihat judul di atas? Setidaknya itulah pendapat saya pribadi. Setelah melihat film yang dibuat oleh orang-orang Jerman ini, dengan bahasa Hitler dan juga wajah-wajah khas Arya. Belum lagi settingnya yang luar biasa edun, kolosal, tank dan halftrack asli. Setidaknya faktor-faktor tersebut sudah cukup untuk membuat film ini menjadi sesuatu yang 'istimewa'. Ketika hal ini 'dihantem' lagi oleh cerita yang luar biasa, efek kekejaman perang super brutal terhadap pasukan terbaik (sturmpioniere), sudahlah kalau saya katakan dengan mengutip ucapan Hitler paling terkenal : TOP MARKOTOP!!!

Film ini sendiri menceritakan tentang petualangan Leutnant Hans von Witzland (diperankan oleh aktor favorit saya, Thomas Kretschmann) bersama dengan pasukannya dalam menghadapi ganasnya pertempuran yang tak kenal henti di medan laga Stalingrad. Mereka yang sedang enak-enak menikmati liburan di udara tropis Italia, tiba-tiba mendapat penugasan dari komandannya di lokasi yang tak tanggung-tanggung : Stalingrad. Tentulah sebagai prajurit, apapun yang diperintahkan oleh atasan harus dipenuhi, betapapun beratnya itu.

Von Witzland adalah seorang Letnan muda yang belum pernah merasakan satu pertempuran pun, dan kini ia harus memimpin sekelompok pasukan veteran yang telah kenyang pengalaman bertempur. Pada mulanya pasukannya tidak menaruh respek sama sekali terhadap komandan baru yang dianggapnya masih hijau dan menempati posisinya sekarang, semata karena darah ningrat dan KKN yang bersumber dari pamannya yang berpangkat Oberst (kolonel). Tapi kemudian seiring dengan interaksi yang intens, dimana mereka melewati pertempuran bersama dan mempunyai pandangan yang sama terhadap perang dan kemanusiaan, akhirnya pasukan Sturmpioniere tersebut menjadi pasukan yang loyal terhadap Von Witzland.

Pertempuran Stalingrad mengajarkan banyak hal pada mereka, dan pada akhirnya, tak ada lagi yang tersisa selain kepedihan dan kesia-siaan (buset, berat Brow!)...

Inilah data-data film STALINGRAD :

Sutradara : Joseph Vilsmaier
Penulis : Joseph Vilsmaier, Jürgen Büscher, Christoph Fromm dan Johannes Heide
Tahun buat : 1993
Penata musik : Norbert Jürgen Schneider dan Martin Grassl
Panjang film : 134 menit
Budget : 20 juta DM (perkiraan)

Pemain :
Dominique Horwitz : Obergefreiter Fritz Reiser
Thomas Kretschmann : Leutnant Hans von Witzland
Jochen Nickel : Unteroffizier Manfred " Rollo" Rohleder
Sebastian Rudolph : Oberschütze GeGe Müller
Dana Vávrová : Irina
Martin Benrath : General Hentz
Sylvester Groth : Otto
Oliver Broumis : HGM
Karel Heřmánek : Hauptmann Hermann Musk
Heinz Emigholz : Edgar Emigholz
Dieter Okras : Hauptmann Haller
Zdenek Vencl : Wölk
Mark Kuhn : Feldwebel Pflüger

No comments: