Emblem U-124 yang berbentuk bunga Kahitutan eh Edelweiss. Lambang ini terinspirasi dari karamnya U-64 di bulan April 1940. Kapten kapal selam ini dan juga awaknya adalah juga kapten dan awak U-124 nantinya, dan mereka diselamatkan dari perairan Norwegia oleh anggota Gebirgsjäger-Regiment 139 yang mempunyai lambang yang sama
Ketika Johann Mohr mengambil-alih komando U-124 dari Georg-Wilhelm Schulz di bulan September 1941, dia menambahkan lambang kodok ini ke kapal selamnya sebagai tambahan dari lambang bunga Edelweiss yang sudah ada sebelumnya. Beberapa U-boat lain ada pula yang memakai gambar kodok sebagai emblemnya, hanya saja bentuk kodok yang tergambar di atas hanya dipakai oleh U-124
Komandan pertama U-124 adalah Korvettenkapitän Georg-Wilhelm Schulz (10 Maret 1906 - 5 Juli 1986). Dia adalah seorang jagoan U-boat yang berhasil menenggelamkan 19 kapal (89.886 GRT) dan merusakkan 1 kapal (3.900 ton) dalam 8 patroli perang (263 hari di lautan). Schulz menjadi komandan U-124 periode 11 Juni 1940 s/d 7 September 1941, dan sebelum bertugas di kapal selam ini dia juga pernah ditempatkan di U-10 dan U-64. Medali yang telah diraihnya adalah Ritterkreuz (4 April 1941), Eisernes Kreuz I dan II klasse (25 September 1940), U-boots-Kriegsabzeichen (23 Desember 1939), dan Spanienkreuz in Bronz ohne Schwerter (6 Juni 1939)
Komandan kedua U-124 adalah Korvettenkapitän Johann "Jochen" Mohr (12 Juni 1916 - 2 April 1943). Dia adalah seorang jagoan U-boat yang berhasil menenggelamkan 29 kapal (135.751 GRT) dan merusakkan 3 kapal (26.167 GRT) dalam 6 patroli perang (268 hari di lautan). Mohr menjadi komandan U-124 periode 8 September 1941 s/d 2 April 1943. Medali yang telah diraihnya adalah Ritterkreuz (27 Maret 1942) mit Eichenlaub (13 Januari 1943), Eisernes Kreuz I klasse (4 Mei 1941) und II klasse (29 November 1939), dan U-boots-Kriegsabzeichen (4 Mei 1941)
Tiga orang awak U-124 sedang mempersiapkan torpedo untuk dimasukkan ke dalam kapal. Gambar bunga Edelweiss terpampang jelas di pinggir menara pengawas. Lambang ini berjumlah dua buah dan terdapat di bagian pinggir kiri dan kanan U-124
Ketika Johann Mohr mengambil-alih komando U-124 dari Georg-Wilhelm Schulz di bulan September 1941, dia menambahkan lambang kodok ini ke kapal selamnya sebagai tambahan dari lambang bunga Edelweiss yang sudah ada sebelumnya. Beberapa U-boat lain ada pula yang memakai gambar kodok sebagai emblemnya, hanya saja bentuk kodok yang tergambar di atas hanya dipakai oleh U-124
Komandan pertama U-124 adalah Korvettenkapitän Georg-Wilhelm Schulz (10 Maret 1906 - 5 Juli 1986). Dia adalah seorang jagoan U-boat yang berhasil menenggelamkan 19 kapal (89.886 GRT) dan merusakkan 1 kapal (3.900 ton) dalam 8 patroli perang (263 hari di lautan). Schulz menjadi komandan U-124 periode 11 Juni 1940 s/d 7 September 1941, dan sebelum bertugas di kapal selam ini dia juga pernah ditempatkan di U-10 dan U-64. Medali yang telah diraihnya adalah Ritterkreuz (4 April 1941), Eisernes Kreuz I dan II klasse (25 September 1940), U-boots-Kriegsabzeichen (23 Desember 1939), dan Spanienkreuz in Bronz ohne Schwerter (6 Juni 1939)
Komandan kedua U-124 adalah Korvettenkapitän Johann "Jochen" Mohr (12 Juni 1916 - 2 April 1943). Dia adalah seorang jagoan U-boat yang berhasil menenggelamkan 29 kapal (135.751 GRT) dan merusakkan 3 kapal (26.167 GRT) dalam 6 patroli perang (268 hari di lautan). Mohr menjadi komandan U-124 periode 8 September 1941 s/d 2 April 1943. Medali yang telah diraihnya adalah Ritterkreuz (27 Maret 1942) mit Eichenlaub (13 Januari 1943), Eisernes Kreuz I klasse (4 Mei 1941) und II klasse (29 November 1939), dan U-boots-Kriegsabzeichen (4 Mei 1941)
Tiga orang awak U-124 sedang mempersiapkan torpedo untuk dimasukkan ke dalam kapal. Gambar bunga Edelweiss terpampang jelas di pinggir menara pengawas. Lambang ini berjumlah dua buah dan terdapat di bagian pinggir kiri dan kanan U-124
Oleh : Alif Rafik Khan
U-124 adalah kapal selam dari tipe IXB yang pertama kali diluncurkan tanggal 9 Maret 1940. Dari bulan Juni 1940 s/d September 1941 dia dikomandani oleh Korvettenkapitän Georg-Wilhelm Schulz. Selanjutnya Korvettenkapitän Johann Mohr mengambil-alih komando sampai sisa karirnya.
U-124 meninggalkan Wilhelmshaven untuk patroli perang pertamanya tanggal 19 Agustus 1940. Selama 11 patroli yang telah dijalaninya dalam kurun waktu 2 tahun 8 bulan, U-boat satu ini mencatatkan salah satu pencapaian terbaik yang diraih oleh kapal selam Jerman di Perang Dunia II dalam hal prestasi kapal musuh yang ditenggelamkan: Tidak kurang dari 48 kapal Sekutu (46 kapal dagang, 2 kapal perang) dikirim ke dasar lautan dengan total tonase 225.637 GRT; 4 kapal dirusakkan dengan total tonase 30.067 GRT; dan satu pesawat terbang ditembak jatuh!
Data U-boat:
Nama: U-124
Pemesanan: 15 Desember 1937
Galangan pembuat: AG Weser
Nomor Seri: 956
Diletakkan: 11 Agustus 1939
Diluncurkan: 9 Maret 1940
Ditugaskan: 11 Juni 1940
Akhir: Ditenggelamkan tanggal 2 April 1943 dengan seluruh 53 awaknya tewas tenggelam
Kelas dan Tipe: U-boat tipe IXB
Berat: Di permukaan 1.051 ton, di dalam air 1.178 ton
Panjang: keseluruhan 76,5 m (251 ft), lambung utama 58,7 m (192 ft 7 in)
Lebar: Keseluruhan 6,8 m (22 ft 4 in), lambung utama 4,4 m (14 ft 5 in)
Tinggi: 4.7 m (15 ft 5 in)
Tenaga Penggerak: Diesel/listrik, 2x MAN M9V40/mesin diesel 9 silinder - 46 supercharged, 4,400 hp (3,300kW), 2xSSW GU345/motor listrik double acting 34, 1000 hp (740kW)
Kecepatan: Permukaan 18,2 knot (33,7 km/jam), dalam air 7,3 knot (13,5 km/jam)
Jarak Jangkau: Permukaan: 22.200 km (12.000 nmi) dengan kecepatan 10 knot, dalam air: 118 km (64 nmi) dengan kecepatan 4 knot (7 km/jam)
Test kedalaman: 230 m (750 ft)
Awak: 48 sampai 56 orang (perwira dan pelaut)
Persenjataan: 6 buah tabung torpedo 53,3cm : 4 haluan, 2 buritan (22 torpedo); 1 buah Utof 105/45 dengan 110 round amunisi
Catatan Perang:
Patroli Pertama
- 25 Agustus 1940: Merusakkan kapal Inggris Stakesby (3.900 ton) dari (Konvoy) HX 65A
- 25 Agustus 1940: Menenggelamkan kapal Inggris Harpalyce (5.169 ton) dari HX 65A
- 25 Agustus 1940: Menenggelamkan kapal Inggris Fircrest (5.394 ton) dari HX 65A
Patroli Kedua
- 16 Oktober 1940: Menenggelamkan kapal Kanada Trevisa (1.813 ton) dari SC 7
- 20 Oktober 1940: Menenggelamkan kapal Inggris Sulaco (5.389 ton) dari OB 229
- 20 Oktober 1940: Menenggelamkan kapal Norwegia Cubano (5.810 ton) dari OB 229
- 31 Oktober 1940: Menenggelamkan kapal Inggris Rutland (1.437 ton) dari HX 82
- 1 November 1940: Menenggelamkan kapal Inggris Empire Bison (5.612 ton) dari HX 82
Patroli Ketiga
- 6 Januari 1941: Menenggelamkan kapal Inggris Empire Thunder (5.965 ton) dari OB 269. 30 dari 39 awaknya diselamatkan oleh HMS Kingston Onyx (Captain J.B.Wright)
Patroli Keempat
Patroli keempat U-124 selama bulan Maret dan April 1941 adalah yang paling sukses dari semua patroli yang telah dan akan dijalaninya!
- 8 Maret 1941: Menenggelamkan kapal Inggris Hindpool (4.897 ton) dari SL 67
- 8 Maret 1941: Menenggelamkan kapal Inggris Lahore (5.304 ton) dari SL 67
- 8 Maret 1941: Menenggelamkan kapal Inggris Tielbank (5.984 ton) dari SL 67
- 8 Maret 1941: Menenggelamkan kapal Inggris Nardana (7.974 ton) dari SL 67
- 30 Maret 1941: Menenggelamkan kapal Inggris Umona (3.767 ton)
- 4 April 1941: Menenggelamkan kapal Inggris Marlene (6.507 ton)
- 7 April 1941: Menenggelamkan kapal Kanada Portadoc (1.746 ton)
- 8 April 1941: Menenggelamkan kapal Inggris Tweed (2.697 ton)
- 11 April 1941: Menenggelamkan kapal Yunani Aegeon (5.285 ton)
- 12 April 1941: Menenggelamkan kapal Inggris St Helena (4.313 ton)
- 13 April 1941: Menenggelamkan kapal Inggris Corinthic (4.823 ton)
Patroli Kelima
- 10 Juli 1941: U-124 meninggalkan Lorient di bawah pimpinan Georg-Wilhelm Schulz dan tiba kembali di Lorient 6½ minggu kemudian tanggal 25 Agustus 1941 tanpa hasil!
Patroli Keenam
- 16 September 1941 meninggalkan Lorient di bawah pimpinan Johann Mohr
- 20 September 1941: Menenggelamkan kapal Inggris Baltallinn (1.303 ton) dari OG 74
- 20 September 1941: Menenggelamkan kapal Inggris Empire Moat (2.922 ton) dari OG 74
- 25 September 1941: Menenggelamkan kapal Inggris Empire Stream (2.922 ton) dari HG 73
- 26 September 1941: Menenggelamkan kapal Inggris Lapwing (1.348 ton) dari HG 73
- 26 September 1941: Menenggelamkan kapal Inggris Petrel (1.354 ton) dari HG 73
- 26 September 1941: Menenggelamkan kapal Inggris Cervantes (1.810 ton) dari HG 73
Patroli Ketujuh
- 24 November 1941: Menenggelamkan kapal penjelajah ringan Inggris HMS Dunedin (4.850 ton)
- 3 Desember 1941: Menenggelamkan kapal Amerika Sagadahoc (6.275 ton)
- 9 Desember 1941: Mendekati Georgetown di permukaan dengan niat untuk membombardir pangkalan kabel atau menenggelamkan kapal mana saja yang sedang berlabuh. Sebuah baterai meriam pantai tiba-tiba menyalak dan hampir mengenainya sehingga U-124 buru-buru menyelam dan kabur!
- 29 Desember 1941: Tiba di pangkalannya di Prancis dengan membawa 104 orang awak yang selamat dari kapal selam suplai Jerman yang ditenggelamkan oleh Inggris
Patroli Kedelapan
- 14 Maret 1942: Menenggelamkan kapal Inggris Resource (7.209 ton)
- 17 Maret 1942: Menenggelamkan kapal Ceiba (1.698 ton)
- 17 Maret 1942: Merusakkan kapal Amerika Acme (6.878 ton)
- 18 Maret 1942: Menenggelamkan kapal Yunani Kassandra Louloudi (5.106 ton)
- 18 Maret 1942: Menenggelamkan kapal Amerika Papoose (5.939 ton)
- 18 Maret 1942: Menenggelamkan kapal Amerika EM Clark (9.647 ton)
- 19 Maret 1942: Menenggelamkan kapal Amerika WE Hutton (7.076 ton)
- 21 Maret 1942: Merusakkan kapal Amerika Esso Nashville (7.934 ton)
- 21 Maret 1942: Merusakkan kapal Amerika Atlantic Sun (11.355 ton)
- 23 Maret 1942: Menenggelamkan kapal Amerika Naeco (5.373 ton)
Patroli Kesembilan
- 12 Mei 1942: Menenggelamkan kapal Yunani Mount Parnes (4.371 ton) dari ONS 92
- 12 Mei 1942: Menenggelamkan kapal Inggris Llanover (4.959 ton) dari ONS 92
- 12 Mei 1942: Menenggelamkan kapal Inggris Cristales (5.389 ton) dari ONS 92
- 12 Mei 1942: Menenggelamkan kapal Inggris Empire Dell (7.065 ton) dari ONS 92
- 9 Juni 1942: Menenggelamkan kapal korvet Prancis Mimose (925 ton) dari ONS 100
- 12 Juni 1942: Menenggelamkan kapal Inggris Dartford (4.093 ton) dari ONS 100
- 18 Juni 1942: Menenggelamkan kapal Amerika Seattle Spirit (5.627 ton) dari ONS 102
Patroli Kesepuluh
- 28 Desember 1942: Menenggelamkan kapal Inggris Treworlas (4.692 ton)
- 1 Januari 1943: U-124 mendapat serangan dari pesawat terbang Angkatan Laut Amerika Serikat, VP-53 squadron. U-124 tidak mengalami kerusakan berarti dan malah berhasil menembak balik pesawat musuh dan menghancurkannya dengan menggunakan senjata anti serangan udara yang terdapat di dek!
- 9 Januari 1943: Menenggelamkan kapal Amerika Minotaur (4.554 ton) dari TB 1
- 9 Januari 1943: Menenggelamkan kapal Amerika Collingsworth (5.101 ton) dari TB 1
- 9 Januari 1943: Menenggelamkan kapal Amerika Birmingham City (6.194 ton) dari TB 1
- 9 Januari 1943: Menenggelamkan kapal Amerika Broad Arrow (7.718 ton) dari TB 1
Patroli Kesebelas (Terakhir)
- 2 April 1943: Menenggelamkan kapal Inggris Katha (4.357 ton) dari OS 45
- 2 April 1943: Menenggelamkan kapal Inggris Gogra (5.190 ton) dari OS 45
Dalam penyerangan terhadap Konvoy OS 45 ini, kapal-kapal pengawal HMS Black Swan dan HMS Stonecrop balik menyerang U-124 dan membombardirnya dengan bom dalam sehingga menenggelamkannya bersama seluruh awaknya di hari yang sama (2 April 1943).
Sumber :
www.ebay.ca
www.en.wikipedia.org
www.u124.de
www.uboat.net
No comments:
Post a Comment