Saturday, June 7, 2014

PzKpfw I (Panzerkampfwagen I)




Oleh : Hostuf Rizal

 Panzer I adalah tank Jerman pertama yang telah mulai didesain pada tahun 1932 dan mulai diproduksi secara massal sejak tahun 1934, sebelum memasuki kancah Perang Dunia II. Karena Jerman dilarang untuk memroduksi tank berdasarkan isi perjanjian Versailles, maka proyek pembuatan Panzer I disamarkan sebagai pembuatan "Landwirtschaftlicher Schlepper" (atau industri traktor).

Fungsi utama dari Panzer I adalah sebagai tank latih dalam memperkenalkan ilmu perang tank bagi para awak tank sebelum mereka terjun ke medan perang. Meskipun demikian, Panzer I sudah mulai dikerahkan dalam Blitzkrieg ketika menduduki Polandia pada tahun 1939 dan Perancis di tahun 1940.

Sebagai tank ringan, Panzer I tidak mengandalkan pelindung yang kuat maupun senjata yang cukup mematikan. Lapisan pelindung depan yang paling tebal hanya 13mm. Sedangkan senjata yang digunakan adalah 2 buah senapan mesin 7,92 mm. Meskipun demikian, Panzer I mampu memberi kejutan terhadap lawan-lawannya yang masih asing terhadap konsep-konsep perang tank modern sehingga Jerman mampu meraih kemenangan-kemenangan gemilang selama Blitzkrieg. Panzer I juga sempat memperkuat Afrikakorps dan penampilan terakhirnya adalah pada Operasi Barbarossa yang dilancarkan Jerman untuk menyerang Uni Soviet pada 22 Juni 1941. Panzer I berada dalam kesatuan lapis baja Jerman hanya sampai Desember 1941.

Statistik PzKpfw I
Kelas : Light Tank
Berat : 4 ton
Senjata Utama : 2 X MG 13 7,92 mm
Kru : 2 orang
Pelindung : 6 - 13 mm
Kecepatan : 37 km/jam

Sumber : Buku Kendaran Tempur PD II, Muh. Daud Darmawan




No comments: