Monday, February 2, 2009

Unterscharführer Josef Steinbauer (1921- ), Penjaga Bunker Hitler!

Josef Steinbauer di Belgia tahun 1943


Josef Steinbauer sebagai SS-Sturmmann



Josef Steinbauer dan teman-temannya di Italia bulan September 1943


Josef Steinbauer di Russland dekat Kharkov


Josef Steinbauer bergembira di hari pernikahannya, bulan September 1944


Josef Steinbauer berjaga di depan Reichs Chancellery



Josef Steinbauer berjaga di depan Reichs Chancellery


Oleh : Alif Rafik Khan


Josef Steinbauer dilahirkan tanggal 18 November 1921 dan bergabung dengan Waffen-SS tahun 1939 di usianya yang ke-17. Dia lalu ditempatkan dalam Resimen Adolf Hitler dan ikut dalam pertempuran-pertempuran di Prancis (selama invasi tahun 1940), Rusia, Italia, Yugoslavia dan Belgia. Selama empat minggu terakhir peperangan, Steinbauer ditugaskan untuk menjadi penjaga bangunan tempat Hitler bermarkas di Berlin, Reichskanzlei, dan juga bunker Hitler yang terkenal, Führer Bunker.


Setelah Jerman secara resmi menyerah tanggal 7 Mei 1945, dia berhasil lolos dari kota yang dikuasai pasukan Rusia tersebut, berusaha untuk kembali ke kampung halaman dan bertemu dengan istri yang belum lama dinikahinya. Tapi nasib berkata lain, Pasukan Merah berhasil menangkapnya 50 mil sekeluarnya dari Berlin. Hebatnya, Steinbauer berhasil melarikan diri (kembali) 15 hari kemudian dan akhirnya pulang ke kampung halaman yang sangat dirindukannya, hanya untuk ditangkap yang kedua kalinya, kali ini oleh pasukan Amerika! Setelah menghabiskan beberapa waktu lamanya di penjara, Steinbauer bebas dan langsung kembali ke istrinya. Mereka lalu memulai hidup baru yang damai di Jerman bagian barat sampai saat ini (setidaknya saat tulisan ini dibuat, Februari 2009, Josef Steinbauer masih sehat walafiat).


Kisah hidup ini berhasil disarikan dari www.iss.lssah.com. Saya kutip artikel pembukanya : Kami telah dihubungi oleh anak dari seorang mantan Unterscharführer Waffen-SS. Anaknya tersebut telah berkata kepada ayahnya tentang unit reenactment dan juga website kita di Amerika Serikat ini, dan ayahnya sangat bangga mengetahui bahwa ada yang tidak melupakan perjuangan dan pengorbanan yang harus dihadapi oleh para anggota Leibstandarte Adolf Hitler selama berlangsungnya Perang Dunia II. Unterscharführer Steinbauer telah mengizinkan website kami untuk menceritakan biografinya, bahkan dengan senang hati mengirimkan foto-foto koleksi pribadinya, yang sebelumnya belum pernah terpublikasikan, untuk dipasang di website ini. Unterscharführer Steinbauer adalah manusia yang luar biasa yang telah mencicipi banyak pertempuran di semua front dalam Perang Dunia II, dan kami dengan bangga memasang biografi dan fotonya di website ini!

No comments: