Dua buah emblem yang pernah digunakan oleh U-995 sebagai simbol di kapalnya. Yang pertama (atas) yang berbentuk kapal viking adalah lambang dari 13. Unterseebootsflottille yang berpangkalan di Trondheim/Norwegia dimana U-995 pernah menjadi bagiannya, sementara yang kedua (bawah) adalah sebagai penggambaran dari salah satu permainan populer anak-anak Jerman yang bermula dari tahun 1927 dan masih dimainkan sampai saat ini: "Fang den Hut"
Das Boot (Data Kapal) :
Tipe: VIIC
Perintah kerja: 14 Oktober 1941
Pembuatan: 25 November 1942 (Blohm und Voss, Hamburg - werk 195)
Peluncuran: 22 Juli 1943
Penugasan: 16 September 1943 (Oberleutnant zur See Walter Köhntopp)
Kommandanten (Komandan) :
16.09.1943 - 09.10.1944 Kapitänleutnant Walter KöhntoppTipe: VIIC
Perintah kerja: 14 Oktober 1941
Pembuatan: 25 November 1942 (Blohm und Voss, Hamburg - werk 195)
Peluncuran: 22 Juli 1943
Penugasan: 16 September 1943 (Oberleutnant zur See Walter Köhntopp)
Kommandanten (Komandan) :
18.06.1944 - 09.07.1944 Oberleutnant zur See Hans-Georg Hess
Flottillen (Flotilla) :
16.09.1943 - 31.05.1944 - Ausbildungsboot - 5. U-Flottille, Kiel
01.06.1944 - 28.02.1945 - Frontboot - 13. U-Flottille, Trondheim
01.03.1945 - 08.05.1945 - Frontboot - 14. U-Flottille, Narvik
Die Fahrt (Patroli) :
9 patroli perang (168 hari di lautan).
Die Leistung (Prestasi) :
6 kapal ditenggelamkan dengan total tonase 9.474 ton.
Die Besatzung (Awak Kapal) :
Arand, Fritz ● Behnke, Helmut ● Beusch, Heinz ● Bittner, Johann ● Böhm, Karl-Heinz ● Böhnert, Siegfried ● Böse, Karl ● Brachmann, Karl ● Bremen, Fritz von ● Brückner, Herbert ● Burg, Theo van den ● Clemens, Fritz ● Cordes, Waldemar ● Dilling, Horst ● Dittner, Johann ● Dopke, Bernhard ● Dreyer, Heinrich ● Düffels, Heinz ● Eckstein, Konrad ● Feigenbutz, Peter ● Fessel, Horst ● Freese, Heinrich ● Friedrich, Arthur ● Geißler, Fritz ● Gläser, Heinrich ● Graf, Josef ● Grafe, Horst ● Gürke, Joachim ● Haase, Konrad ● Heinz, Franz ● Herweg, Ernst ● Hess, Hans-Georg ● Hofmann, Wolfgang ● Homscheid, Peter ● Immenroth, Erich ● Klapf, Josef ● Knop, Bernhard ● Köhntopp, Walter ● Kriechel, Peter ● Kuhn, Edgar ● Künne, Heinz ● Leonhard, Willi ● Malik, Eduard ● Marx, Günter ● Meier, Heinrich ● Mohn, Hubert ● Motyka, Ludwig ● Mühlberger, Martin ● Müller, E. ● Müssener, Rudolf ● Nowak, Bernhard ● Orgelmeister, Willi ● Ottine, Alfred ● Otto, Georg ● Peters, Karl-Heinz ● Peters, Willi ● Pforr, Norbert ● Reising, Peter ● Ritzek, Kurt ● Röhling, Karl-Heinz ● Ruperti, Günter ● Schiel, Willi ● Schlörit, Günther ● Schmidt, Alfred ● Schröder, Rüdiger ● Schwedhelm, Richard ● Silberbach, Günther ● Springer, Bruno ● Sterzinger, Theodor ● Streicher, Josef ● Strempel, Karl ● Urbas, Josef ● Weiß, Karl ● Wellnitz, Rudolf ● Wenzel, Otto ● Winkler, Hein ● Zumsteg, Hermann
Awak kapal yang terbunuh : Brachmann, Karl ● Malik, Eduard (2 orang)
Das Schicksal (Nasib/Takdir) :
Die Leistung (Prestasi) :
6 kapal ditenggelamkan dengan total tonase 9.474 ton.
Die Besatzung (Awak Kapal) :
Arand, Fritz ● Behnke, Helmut ● Beusch, Heinz ● Bittner, Johann ● Böhm, Karl-Heinz ● Böhnert, Siegfried ● Böse, Karl ● Brachmann, Karl ● Bremen, Fritz von ● Brückner, Herbert ● Burg, Theo van den ● Clemens, Fritz ● Cordes, Waldemar ● Dilling, Horst ● Dittner, Johann ● Dopke, Bernhard ● Dreyer, Heinrich ● Düffels, Heinz ● Eckstein, Konrad ● Feigenbutz, Peter ● Fessel, Horst ● Freese, Heinrich ● Friedrich, Arthur ● Geißler, Fritz ● Gläser, Heinrich ● Graf, Josef ● Grafe, Horst ● Gürke, Joachim ● Haase, Konrad ● Heinz, Franz ● Herweg, Ernst ● Hess, Hans-Georg ● Hofmann, Wolfgang ● Homscheid, Peter ● Immenroth, Erich ● Klapf, Josef ● Knop, Bernhard ● Köhntopp, Walter ● Kriechel, Peter ● Kuhn, Edgar ● Künne, Heinz ● Leonhard, Willi ● Malik, Eduard ● Marx, Günter ● Meier, Heinrich ● Mohn, Hubert ● Motyka, Ludwig ● Mühlberger, Martin ● Müller, E. ● Müssener, Rudolf ● Nowak, Bernhard ● Orgelmeister, Willi ● Ottine, Alfred ● Otto, Georg ● Peters, Karl-Heinz ● Peters, Willi ● Pforr, Norbert ● Reising, Peter ● Ritzek, Kurt ● Röhling, Karl-Heinz ● Ruperti, Günter ● Schiel, Willi ● Schlörit, Günther ● Schmidt, Alfred ● Schröder, Rüdiger ● Schwedhelm, Richard ● Silberbach, Günther ● Springer, Bruno ● Sterzinger, Theodor ● Streicher, Josef ● Strempel, Karl ● Urbas, Josef ● Weiß, Karl ● Wellnitz, Rudolf ● Wenzel, Otto ● Winkler, Hein ● Zumsteg, Hermann
Awak kapal yang terbunuh : Brachmann, Karl ● Malik, Eduard (2 orang)
Das Schicksal (Nasib/Takdir) :
Menyerahkan diri pada tanggal 9 Mei 1945 di Trondheim, Norwegia. Karena dianggap sudah tidak layak beroperasi, kapal selam ini dibiarkan di Norwegia dan tidak dikirim ke Inggris. U-995 dinamai ulang oleh Angkatan Laut Norwegia menjadi "Kaura" pada tanggal 1 Desember 1952. Dipensiunkan pada tahun 1965, dia kemudian dikembalikan ke Jerman dan menjadi kapal museum pada bulan Oktober 1971.
-----------------------------------------------------------------------
Kompartemen mesin diesel dari U-995, kapal selam Jerman yang dirampas Sekutu secara utuh dan kemudian dijadikan sebagai museum teknis di Jerman. Mesin berkapasitas 3.000-4.000 tenaga kuda ini menimbulkan suara yang begitu bisingnya sehingga bahkan bel alarm pun tak dapat terdengar dengan jelas dan fasilitas lampu petunjuk tambahan ikut dipasang di ruangan mesin yang akan menyala manakala bel berbunyi!
Kompartemen mesin diesel dari U-995 yang dilihat dari bagian belakang. Di bagian tengah yang berbentuk lingkaran adalah tabung torpedo tunggal dengan roda kemudi darurat terpasang di bagian kanan. Bagian atas dari motor elektrik terlihat berada diatas permukaan lantai dan panel kontrol dari tipe akhir bisa kita lihat ke arah atasnya. Dalam masa perang, torpedo biasanya digeletakkan di lantai, di ruang kosong diantara dua motor penggerak
Kompartemen mesin diesel dari U-995, kapal selam Jerman yang dirampas Sekutu secara utuh dan kemudian dijadikan sebagai museum teknis di Jerman. Mesin berkapasitas 3.000-4.000 tenaga kuda ini menimbulkan suara yang begitu bisingnya sehingga bahkan bel alarm pun tak dapat terdengar dengan jelas dan fasilitas lampu petunjuk tambahan ikut dipasang di ruangan mesin yang akan menyala manakala bel berbunyi!
Kompartemen mesin diesel dari U-995 yang dilihat dari bagian belakang. Di bagian tengah yang berbentuk lingkaran adalah tabung torpedo tunggal dengan roda kemudi darurat terpasang di bagian kanan. Bagian atas dari motor elektrik terlihat berada diatas permukaan lantai dan panel kontrol dari tipe akhir bisa kita lihat ke arah atasnya. Dalam masa perang, torpedo biasanya digeletakkan di lantai, di ruang kosong diantara dua motor penggerak
Sumber :
Buku "Wolfpacks At War: The U-Boat Experience In WWII" karya Jak Mallmann Showell
www.en.wikipedia.org
www.uboat.net
www.ubootarchiv.de
No comments:
Post a Comment