Sunday, November 25, 2018

Neubaufahrzeug (NBFZ), Generasi Tank Berat Pertama Jerman



Oleh : Alif Rafik Khan

Neubaufahrzeug (kendaraan konstruksi baru, sebuah nama samaran) adalah nama dari beberapa prototipe tank Jerman yang pada awalnya dimaksudkan untuk menjadi generasi panzer kelas berat pertama Wehrmacht setelah Adolf Hitler naik ke tampuk kekuasaan pada tahun 1933. Dengan tampilan turet ganda, kendaraan lapis baja yang lamban dan berat ini dianggap sebagai sebuah kegagalan, sehingga hanya lima buah yang masuk proses produksi. Mereka kemudian digunakan hanya untuk kepentingan propaganda, meskipun tiga diantaranya sempat ambil bagian dalam penyerbuan ke Norwegia pada musim semi tahun 1940.


Generaloberst Walther von Brauchitsch (Oberbefehlshaber des Heeres) berpidato di depan para pekerja pabrik mesin perang Rheinmetall-Borsig-Werke di Düsseldorf, Jerman, tanggal 10 September 1939. Dia berbicara di atas sebuah tank Neubaufahrzeug (NBFZ), sementara di kiri dan kanannya adalah meriam lapangan Jerman dari jenis schwere Feldhaubitze 18 (sFH 18) kaliber 150mm. Kedua mesin perang ini - sudah tentu - merupakan salah satu hasil produksi dari Rheinmetall-Borsig-Werke


 Sebuah panzer Jerman dari jenis Neubaufahrzeug Typ B (Pz.Kpfw. Nb.Fz. VI) yang sedang dalam perjalanan menggunakan kapal laut menuju Norwegia, bulan April 1940. Tank dalam foto ini adalah satu dari tuga buah Neubaufahrzeug milik Panzer Abteilung z.b.V. 40 yang terlibat dalam invasi Jerman atas Norwegia. Dari ketiganya, hanya satu yang sempat merasakan medan pertempuran, sementara dua lainnya keburu mogok di jalan karena masalah mesin!



Sumber :
www.kulturpool.at
www.tanks-encyclopedia.com

No comments: