FOCKE-WULF FW 190
Focke-Wulf Fw 190 A-7 "Gelbe 12" yang diterbangkan oleh Major Heinz Bär (Staffelkapitän 6.Staffel / Jagdgeschwader 1) tanggal 21 Februari 1944. Di hari itu dia menembak jatuh tiga buah pesawat USAAF (sebuah Boeing B-17 "Flying Fortress" dan dua buah North American P-51 "Mustang"). Bär nantinya akan menembak jatuh tujuh P-51 lainnya, termasuk empat yang menjadi korban Messerschmitt Me 262 yang dipilotinya. Skor ini terbilang sedikit dibandingkan dengan total 220 pesawat yang telah ditembak jatuhnya. Penyebabnya seperti yang diutarakan oleh Bär sendiri: "P-51 mungkin adalah pesawat tersulit yang kuhadapi dari seluruh pesawat Sekutu. Mustang mempunyai kecepatan, manuver, serta sulit diidentifikasi karena bentuknya yang mirip dengan Me 109 saat sedang berada di udara... Bila dia mempunyai keuntungan taktis, maka besar kemungkinan dia akan menang dalam setiap pertempuran.."
Focke-Wulf Fw 190 A-7 "weisse 7" (werknummer 430354) dari I.Gruppe / Jagdgeschwader 1 (JG 1) yang dipiloti oleh Unteroffizier Fritz Rathofer dan dinyatakan hilang pada tanggal 21 Februari 1944, kemungkinan ditembak jatuh oleh Lieutenant John Mattie dari USAAF. Rathofer sendiri berhasil bail-out dan terluka, sementara pesawatnya jatuh di wilayah Steinheim, sekitar 48km selatan Stadthagen. Dia nantinya akan mengklaim sembilan kemenangan sebelum gugur dalam pertempuran udara di Caen (Normandia) tanggal 30 Juni 1944
Focke-Wulf Fw 190 A-7 "Gelbe 12" yang diterbangkan oleh Major Heinz Bär (Staffelkapitän 6.Staffel / Jagdgeschwader 1) tanggal 21 Februari 1944. Di hari itu dia menembak jatuh tiga buah pesawat USAAF (sebuah Boeing B-17 "Flying Fortress" dan dua buah North American P-51 "Mustang"). Bär nantinya akan menembak jatuh tujuh P-51 lainnya, termasuk empat yang menjadi korban Messerschmitt Me 262 yang dipilotinya. Skor ini terbilang sedikit dibandingkan dengan total 220 pesawat yang telah ditembak jatuhnya. Penyebabnya seperti yang diutarakan oleh Bär sendiri: "P-51 mungkin adalah pesawat tersulit yang kuhadapi dari seluruh pesawat Sekutu. Mustang mempunyai kecepatan, manuver, serta sulit diidentifikasi karena bentuknya yang mirip dengan Me 109 saat sedang berada di udara... Bila dia mempunyai keuntungan taktis, maka besar kemungkinan dia akan menang dalam setiap pertempuran.."
Focke-Wulf Fw 190 A-7 "weisse 7" (werknummer 430354) dari I.Gruppe / Jagdgeschwader 1 (JG 1) yang dipiloti oleh Unteroffizier Fritz Rathofer dan dinyatakan hilang pada tanggal 21 Februari 1944, kemungkinan ditembak jatuh oleh Lieutenant John Mattie dari USAAF. Rathofer sendiri berhasil bail-out dan terluka, sementara pesawatnya jatuh di wilayah Steinheim, sekitar 48km selatan Stadthagen. Dia nantinya akan mengklaim sembilan kemenangan sebelum gugur dalam pertempuran udara di Caen (Normandia) tanggal 30 Juni 1944
-------------------------------------------------------
GOTHA GO 244

-------------------------------------------------------
MESSERSCHMITT BF 109

Messerschmitt Bf 109 F-4 ((+ (werknummer 13376) milik Stab I.Gruppe / Jagdgeschwader 77 (JG 77) yang dpiloti oleh Gruppenkommandeur Hauptmann Heinz Bär di atas udara Krimea (Rusia) bulan Mei 1942. Ekornya menunjukkan jumlah kemenangan 103 buah, yang diraihnya tanggal 19 Mei 1942 dimana Bär menembak jatuh tidak kurang dari lima pesawat Soviet! Di hari yang sama General der Jagdflieger Adolf Galland melakukan inspeksi ke I./JG 77, yang bersamaan waktunya dengan kemenangan ke-2000 yang diraih oleh JG 77. Pencapaian Bär ini membuat namanya disebutkan dalam Wehrmachtbericht untuk kedua kalinya dalam edisi 20 Mei 1942
Messerschmitt Bf 109 F-4 ((+ (werknummer 13376) milik Stab I.Gruppe / Jagdgeschwader 77 (JG 77) yang dpiloti oleh Gruppenkommandeur Hauptmann Heinz Bär di atas udara Comiso (Italia) bulan Agustus 1942. Cat kamuflasenya terdiri dari RLM 74/75/76 sementara di bagian baling-baling adalah RLM 70. Chevron hitam-putih terdapat di bagian mesin. Perhatikan 13 baris putih dengan bintang merah di atasnya di bagian ekor yang merupakan tambahan dari jumlah kemenangan bersimbolkan angka "100"
Sumber :
Buku "Blue Monday: Lt John D Mattie's 21 February 1944" oleh Thierry Kleinprintz, Chris Mattie, Steve Blake dan Erik Mombeeck
Majalah "Luftwaffe im Focus" Spezial No.1 tahun 2003
Majalah "Luftwaffe im Focus" Spezial No.1 tahun 2003
No comments:
Post a Comment