Meskipun
foto yang ditampilkan disini bukanlah dari jenis yang mempunyai
kualitas mumpuni, tapi dia tetap merupakan salah satu dari foto berwarna
asli super langka yang memperlihatkan penampakan pasukan kapal selam
Jerman dalam Perang Dunia II. Foto ini kemungkinan besar diambil pada
saat pengujian crash dive (selam cepat) di Laut Baltik pada bulan
November 1941. Diambil dari dek U-595, terlihat kapal selam lain yang
memakai emblem putih UAK (Unterseebootsabnahmekommando) di atas menara
pengawasnya, sedang berlayar menuju fjord Kiel. Emblem putih UAK sendiri
hanya disematkan di kedua belah sisi menara pengawas selama
berlangsungnya ujicoba ketahanan U-boat. Setelah lolos ujicoba UAK pada
tanggal 11 Desember 1941, U-595 berangkat menuju Agru-Front (Hela) di
perairan dalam Teluk Danzig untuk menjalani pelatihan lanjutan yang
berlangsung dari tanggal 12 s/d 22 Desember 1941. Lalu, tanggal 23
Desember-nya, kapal selam tersebut bergabung dengan 8.
Unterseebootsflottille (8th Submarine Flotilla) di Königsberg. Bersama
Flotila ini, yang pada bulan Februari 1942 pindah ke pangkalan baru di
Danzig, U-595 menjalani serangkaian ujicoba selam kedalaman, pengukuran
kecepatan, antisipasi bom barel, perbaikan kerusakan, penembakan torpedo
siang dan malam hari, serta pelatihan penggunaan senjata dek. Tes-tes
tersebut, yang berlanjut sampai dengan tanggal 31 Juli 1942, mencakup
juga beberapa pelatihan taktis di darat. Tes terakhir adalah sesi
monitor suara yang dilangsungkan di Rönne/Bornholm. U-595 sendiri dibuat
oleh Blohm & Voss di Hamburg. U-boat dari Tipe VIIC ini
kemudian mulai bertugas pada tanggal 6 November 1941 dengan komandan
pertamanya adalah Oberleutnant zur See Jürgen Quat-Faslem. Dari Hamburg,
U-595 berlayar menyusuri sungai Elbe dan Kanal Kaiser-Wilhelm sampai ke
Laut Baltik. Perjalanan pertama ini bukannya tanpa kendala, dan kapal
selam tersebut beberapa kali membawa serta pilot Luftwaffe untuk
membantu dalam masalah navigasi. Setelah tiba di Kiel, U-595 menjalani
14 hari ujicoba UAK, yang diantaranya adalah tes selam kedalaman,
penggunaan kompas gyro, dan pengawasan suara kapal oleh UAG-Schall di
Sonderburg, Denmark. Mikrofon bawah-air menangkap suara yang dikeluarkan
oleh kapal selam tersebut, yang berlayar dalam kecepatan yang
berbeda-beda. Tujuannya adalah untuk membuat U-595 lebih sulit untuk
dideteksi manakala dia sudah mulai bertugas
Foto ini diambil pada bulan Januari/Februari 1942 di salah satu pangkalan pelatihan U-boat di Teluk Danzig, dan memperlihatkan
Obersteuermann Georg Schwarz sedang bertugas di depan menara pengawas
U-595. Kita bisa melihat dengan jelas emblem "Frosch" (Kodok) dari U-595
yang didesain dan dicat oleh 1. Wachtoffizier (Perwira Pengawas
Pertama) Leutnant zur See Friedrich Kaiser saat kapal selam tersebut
masih menjalani serangkaian ujicoba di Agru-Front. Pada tanggal 14
November 1942, U-595 rusak berat setelah mendapat serangan bom Sekutu di
lepas pantai Oran di Mediterania, sehingga pada akhirnya terpaksa
ditenggelamkan oleh awaknya sendiri demi menghindari jatuh ke tangan
musuh. Dua awaknya gugur, sementara sisanya menjadi tawanan perang
Majalah "U-Boot im Focus" edisi no.4 - 2008
No comments:
Post a Comment