Saturday, January 8, 2011

Major Eduard Kiefer alias Til Kiwe (1915-1995), Peraih Ritterkreuz Yang Menjadi Aktor Terkenal Setelah Perang!


Eduard-Heinrich Kiefer dengan medali Ritterkreuz


Kini ia berganti nama dengan nama "artis" Til Kiwe!


Til Kiwe (nomor dua dari kanan) dalam film "Auferstehung" bersama dengan Edith Mill


Til Kiwe (kanan) dalam film "Der Schinderhannes" bersama dengan Curd/Curt Jürgens dan Paul Esser


Oleh : Alif Rafik Khan

Eduard-Heinrich Kiefer dilahirkan di Aachen tanggal 7 Juni 1915. Dia menunjukkan ketertarikan di dunia seni dari sejak kecil dengan mengambil pelatihan suara di Konservatorium Aachen sampai dengan lulus SMA tahun 1934. Dari tahun itu sampai dengan tahun 1937 dia melanjutkan pendidikannya di Köln lalu di Baltimore (Amerika Serikat). Disini dia dilatih sebagai aktor oleh Adolf Manz (Köln) dan di Studio of Dramatic Art (Baltimore) jurusan akting.

Sebelum pecahnya Perang Dunia II, Kiefer sempat melakukan perjalanan ke berbagai negara, termasuk di antaranya ikut dalam ekspedisi Tibesti ke gurun Sahara di Afrika tahun 1938.

Ketika perang pecah, Kiefer bergabung dengan General Göring Regiment dan Führer Wachbataillon. Dia kemudian dipindahkan ke grup tempur Fallschirmjäger pimpinan jenderal Eugen Meindl sebagai ajudan. Disini dia loncat lagi ke Hermann Göring division (satu-satunya divisi di seantero Wehrmacht yang menggabungkan Fallschirmjäger dengan Panzertruppen!) bulan Juli 1942 dan ikut bertempur di Afrika Utara. Disinilah dia mempertunjukkan keheroikannya sehingga mendapatkan anugerah medali Ritterkreuz yang diterimanya tanggal 18 Mei 1943 sebagai seorang Hauptmann dan komandan 2. Kompanie dari Panzeraufklärungsabteilung "Hermann Göring". Uniknya, medali ini dia dapatkan saat dia sudah berstatus sebagai tawanan perang Sekutu, sehingga medalinya dikirimkan oleh Wehrmacht melalui perantaraan Palang Merah Internasional ke kamp tempat Kiefer dikurung!

Setelah dia dibebaskan tahun 1946, Kiefer secara tidak sengaja masuk ke dunia pertunjukan Jerman dan mengubah namanya menjadi "Til Kiwe" (yang merupakan singkatan dari Tilman Kiver, nama kecilnya). Dia memulai peran barunya sebagai seorang aktor di Münich di teater Eksperimental "Die Spieler" (pemain). Dia aktif bermain disana sampai dengan tahun 1972, dan terutama bermain tetap di Jungen Theater (Teater Muda), Münchner Kammerspielen (Permainan Münich) dan Bayerischen Staatsschauspiel (Teater Negara Bavaria). Beberapa perannya yang paling dikenang adalah: sebagai Ruprecht dalam Der zerbrochne Krug (Teko Patah), sebagai Leander dalam Des Meeres und der Liebe Wellen (Lautan dan Gelombang Cinta) besutan Franz Grillparzer, sebagai Eilif dalam Mutter Courage (Keberanian Ibu), sebagai Jim dalam Die Glasmenagerie (Manajer Gelas), sebagai John Rand dalam Schluck und Jau (Menghirup dan Jau, nggak tahu terjemahannya!) besutan Gerhart Hauptmann, dan sebagai Profesor Higgins dalam Pygmalion.

Selain aktif di teater, Kiwe juga ikut membintangi banyak film layar lebar. Uniknya, apabila ia kebagian main film perang, maka biasanya peran yang dimainkannya adalah sebagai seorang perwira Wehrmacht! Contohnya, dalam film buatan tahun 1955 Es geschah am 20. Juli (Dia Datang Tanggal 20 Juli) Ngewe eh Kiwe berperan sebagai ajudannya Oberst Stauffenberg, Werner von Haeften, sementara dalam film buatan tahun 1959 Nacht fiel über Gotenhafen (Malam di atas Gotenhafen) dia berperan sebagai seorang perwira SS. Dalam miniseri TV klasik Jerman buatan tahun 1960 yang terdiri dari dua bagian berjudul Am grünen Strand der Spree (Saat Yang Menyenangkan Di Pantai Hijau) Kiwe dipasangkan dengan aktor-artis terkenal seperti Wolfgang Büttner, Hans Pössenbacher dan Anneli Granget. Disini Kiwe berperan sebagai Major Illing yang bertugas sebagai staff divisi di markas Wehrmacht di utara Norwegia.

Dasar orang pinter, selain sebagai aktor dan mantan pahlawan perang, Kiwe juga terkenal sebagai seorang antropologis dan melanjutkan hobi berpetualang ke tempat-tempat terpencilnya seperti saat sebelum Perang Dunia II. Pada tahun 1953/1954 dia menjelajah gurun pasir Atacama, Pulau Paskah dan dataran tinggi Mato-Grosso. Juga ikut disambanginya adalah negara Sudan dan (kembali lagi) di Tibesti. Dia juga tercatat telah membuat 17 buah film dokumenter sebagai produser dan sutradara untuk kepentingan badan PBB UNESCO. Di antara film bikinannya tersebut adalah Wüste, Kupfer und die heilige Carmen (Gurun, Tembaga dan St. Carmen); Menschen, Technik und moderne Waffen (Manusia, Teknik dan Senjata Modern); Wege aus dem Dunkel (Jalan Keluar Dari kegelapan); The Call of the Condor (Panggilan Kondor); Assuan und seine Folgen (Aswan dan Konsekwensinya) juga Pealstring of the Gods.

Dari tahun 1972 Kiwe bekerja sebagai sutradara teater. Judul-judul besutannya antara lain adalah Der zerbrochne Krug, Pygmalion, Volpone dan Finden Sie, dass Konstanze sich richtig verhält? karya William Somerset Maugham. Belum cukup? Dia juga menulis beberapa skenario untuk televisi dan film, termasuk Auf den Wegen nach Rom (1959), Stahlschrank SG 3 (1966) dan Flut über Polesine (1967).

Seperti lazimnya negara-negara Eropa, film-film berbahasa Inggris didubing sesuai dengan negara asalnya, begitu pula Jerman. Di bidang ini Kiwe tidak ketinggalan ikut nimbrung, dan tercatat suara-suara aktor terkenal yang berhasil didubingnya: Errol Flynn, David Niven, Douglas Fairbanks, Jr. dan Jean Marais. Di kehidupan pribadinya sendiri Kiwe menjadi seorang suami dan ayah dari satu putra dan satu putri.

Eduard-Heinrich Kiefer alias Til Kiwe meninggal dunia tanggal 30 November 1995 di München, Bavaria.

Daftar film yang dibintanginya:
* 1949: Das goldene Edelweiß
* 1950: Wer fuhr den grauen Ford?
* 1951: Eva und der Frauenarzt
* 1951: Entscheidung vor Morgengrauen (Decision Before Dawn)
* 1954: Gefangene der Liebe
* 1955: Parole Heimat
* 1955: Der Schmied von St. Bartholomae / Ein Edelweiß vom Königssee
* 1955: Es geschah am 20. Juli
* 1956: Wo die alten Wälder rauschen
* 1956: Die Geierwally
* 1957: Saranno uomini
* 1957: Der Stern von Afrika
* 1958: Der Arzt von Stalingrad
* 1958: Auferstehung
* 1958: Der Schinderhannes
* 1959: Nacht fiel über Gotenhafen
* 1959: Rommel ruft Kairo
* 1959: Die Brücke
* 1959: Der Schatz vom Toplitzsee
* 1960: Am grünen Strand der Spree - 2. Teil
* 1961: Treibjagd
* 1961: Eins, zwei, drei (One, Two, Three)
* 1962: Der längste Tag (The Longest Day)
* 1963: Gesprengte Ketten (The Great Escape)
* 1963: Hafenpolizei (Serie)
* 1964: Columbus - Bericht und Bildnis
* 1966: Die rote Rosa
* 1968: König Richard II.
* 1969: Stewardessen (Serie)
* 1969: Hannibal Brooks
* 1969: Ehepaar sucht gleichgesinntes
* 1970: Der Röhm-Putsch
* 1974: Die Akte Odessa (The Odessa File)
* 1975: Champagner aus dem Knobelbecher
* 1976: Der Adler ist gelandet (The Eagle Has Landed)
* 1978: Hitlers Sohn (Son of Hitler)


Sumber :
www.cinema.de
www.de.wikipedia.org
www.forum.axishistory.com
www.rommel-lebt.com



No comments: