Wednesday, August 22, 2012

Album Foto Senapan Karabiner 98 Kurz (Kar98k, K98, atau K98k)

Seorang prajurit Heer menembakkan senapan mesin MG-34 di wilayah terluar kota Stalingrad sementara di latar belakang adalah deretan bekas rumah tinggal para pekerja Rusia, Oktober 1942. Di dekatnya tergeletak sebuah mitraliur ringan PPSh-41 hasil rampasan dari tangan Rusia serta sebuah senapan Mauser Kar.98k 7,92mm yang merupakan senjata infanteri standar Wehrmacht. Meskipun notabene berjenis karabin, para Landser tetap menyebutnya sebagai "Gewehr" (senapan), "Mauser Büchse" (Büchse=kontainer, meskipun bisa juga berarti senjata api dalam penyebutan kuno), "Mauser Karabiner", "Flint" (penyebutan umum untuk shotgun), atau "Knarre" (penyebutan umum untuk senapan)


Prajurit-prajurit Jerman menyerahkan senjata mereka kepada pihak Sekutu dalam upacara penyerahan di Soest, Utrecht, Belanda, tanggal 10 Mei 1945. Tampaknya mereka berasal dari unit Sturmartillerie atau Panzerjäger, yang terlihat dari seragam StuG wrap yang mereka kenakan. Foto oleh Willem van de Poll dari Nationaal Archief Belanda



Sumber :
Buku "Stalingrad Inferno: The Infantryman's War" karya Gordon Rottman dan Ronald Volstad
Foto koleksi Nationaal Archief Belanda
www.flickr.com
www.nationaalarchief.nl

2 comments:

Reza Akbari said...

gan, saya baca artikel di kaskus jerman pernah mengirim senjata untuk pejuang di indonesia dalam 1942 - 45, apa benar? karena tiap ke museum saya jarang sekali melihat senjata pejuang dari jenis kar98k serta MG42, justru kebanyakan dari hasil rampasan sekutu dan jepang seperti arisaka dan M1 garand serta browning M1919 saja, jarang sekali melihat Kar98k serta dari jenis mauser.

albert julius said...

@ reza : kalo jerman tdk ... tpi klo rusia iya ... liat di museum" ... pasti banyak mosin nagant