Sunday, October 28, 2012

Larisch-Stickerei, Tanda Pangkat Kerah Jenderal Heer dan Polizei

Kragenspiegel dengan pola Larisch-Stickerei untuk jenderal Heer yang memakai latar warna merah


Kragenspiegel dengan pola Larisch-Stickerei untuk jenderal Polizei yang memakai latar warna hijau. Pada tahun 1942 Kragenspiegel-nya disamakan dengan yang SS punya dengan warna latar tetap


Kragenspiegel dengan pola Larisch-Stickerei untuk Generalfeldmarschall Heer yang berukuran lebih panjang dari standar dan terdiri dari tiga "bunga"


Kragenspiegel dengan pola Larisch-Stickerei untuk jenderal artileri pantai atau zeni laut Kriegsmarine yang memakai latar warna biru


 Seragam milik General der Infanterie Franz Beyer (1892-1968) yang memperlihatkan satu pips di schulterklappen (menandakan pangkatnya masih Generalleutnant). Dalam foto ini kita bisa melihat dengan jelas pola bordiran dari Larisch-Stickerei di Kragenspiegel-nya. Seragam asli ini dijual di Hermann-Historica seharga 9.500 Euro, yang sama dengan 267 blek kerupuk!


Oleh : Alif Rafik Khan

Larisch-Stickerei (atau dikenal juga dengan nama Altpreußische Stickerei) adalah pola bordir khusus klasik di kerah yang biasa digunakan oleh jenderal-jenderal Prusia zaman Kekaisaran. Pola ini kemudian berlanjut sampai sekarang dan terus dipakai oleh Angkatan Darat Reichswehr, Wehrmacht, dan Bundeswehr.

Kaiser Wilhelm II pertama kali mengeluarkan bordiran ini tahun 1900 untuk dikenakan oleh semua jenderal Heer (AD) di Kekaisaran Jerman sebagai penanda khusus. Background dasarnya adalah warna merah, warna yang dari sejak tahun 1900 menjadi warna "resmi" korps jenderal Jerman.

Awalnya, pola ini hanya dipakai oleh Infanterie-Regiment Nr. 26 dari AD Prusia dan berfungsi sebagai ornamen di bagian Kragenspiegel (lapel/kerah).Sebutan "Larisch-Stickerei" sendiri dimbil dari nama komandan terakhir Infanterie-Regiment Nr. 26, Johann Karl Leopold von Larisch (pangkat terakhir Generalleutnant), yang kemudian namanya juga diambil sebagai nama resimennya. Resimen ini dibubarkan pada tanggal 7 November 1806 seiring dengan menyerahnya jenderal Gebhard Leberecht von Blücher kepada Napoleon di Ratekau.

Pada tahun 1940, dikeluarkan Larisch-Stickerei edisi khusus untuk Generalfeldmarschall Heer yang bentuknya lebih panjang dengan tiga tonjolan di badannya


 Foto ini diambil di Nimes (selatan Prancis) pada tanggal 20 Juni 1943 sewaktu berlangsungnya parade Panzergrenadier-Division "Feldherrnhalle", sebuah divisi baru yang dibentuk dari sisa-sisa 60. Infanterie-Division dan mengambil anggotanya dari sukarelawan anggota SA (Sturmabteilung). Unit ini dibentuk dan dilatih di sekitar wilayah Nimes Montpellier sampai dengan bulan Agustus 1943, sebelum kemudian diberangkatkan ke Italia untuk tugas pengamanan. Pada bulan September 1943 Italia berpindah haluan memihak Sekutu, dan Panzergrenadier-Division "Feldherrnhalle" kemudian digunakan untuk melucuti AD ke-8 Italia di wilayah Monako/Ventimiglia. Kembali ke foto, memberi hormat di podium, dari kiri ke kanan: General der Infanterie Hans-Gustav Felber (Oberbefehlshaber Armeegruppe Felber), SA-Obergruppenführer Max Jüttner (Stellvertretender SA-Stabschef), dan Generalmajor Otto Kohlermann (Kommandeur 60. Panzergrenadier-Division "Feldherrnhalle"). Uniknya, dalam foto ini Felber menggunakan larisch-stickerei (tanda pangkat kerah untuk jenderal Heer dan Polizei) berbiji tiga layaknya Generalfeldmarschall, yang lebih panjang ukurannya bila dibandingkan dengan larisch-stickerei berbiji dua (perhatikan dengan insignia yang sama yang terdapat di kerah milik Kohlermann!)


Sumber :
Foto koleksi pribadi Georges M. Croisier



No comments: