Friday, August 15, 2014

Foto Mobil Opel

OPEL OLYMPIA

Seorang perwira Heer berpose dengan mobil Opel Olympia yang kemungkinan besar bukan punya tetangganya. Mobil ini diproduksi oleh raksasa otomotif Jerman Opel periode 1935-1940, 1947-1953, dan 1967-1970. Di sparkboard-nya tercantum inisial "WH" yang berarti "Wehrmacht Heer", sementara huruf HH di plat nomornya menunjukkan bahwa mobil tersebut berasal dari Hamburg. Dari Tali pinggang yang melingkar di seragamnya, diketahui bahwa foto ini diambil di masa sebelum atau awal-awal perang, karena dari tahun 1940 penggunaannya sudah tidak diteruskan

------------------------------------------------------------

OPEL SUPER 6 CABRIOLET

 Sebuah mobil staff berjenis Opel Super 6 dari 2. Panzer-Division berhenti di dekat Volga. Dari marking yang terletak di fender bagian kanan kita bisa mengetahui bahwa mereka berasal dari unit artileri, dan unit artileri yang dimiliki divisi tersebut adalah Artillerie-Regiment 74 yang dikomandani oleh Oberst Karl Fabiunke. Perhatikan lampu mobil ini yang ditutupi oleh kanvas!


Seorang prajurit Jerman di Westende, Belgia, sedang sibuk mencuci sebuah Opel 1937 Super 6 cabriolet, jenis mobil sipil yang seringkali digunakan oleh Wehrmacht. Simbol taktis Pionier-Kompanie motorisiert (Kompi Zeni Bermotor) terdapat di fender kanan, bersama dengan huruf "K" berukuran kecil serta di atas "WH" yang merupakan singkatan dari "Wehrmacht Heer". Fender di sebelah kiri memajang simbol yang tidak diketahui. Mobil ini belum lama digunakan oleh Wehrmacht, yang terlihat dari masih dipakainya plat nomor sipil: IZ-226285, dimana IZ merujuk pada Rhine Provinz. Biasanya sesudah secara resmi menjadi bagian dari Wehrmacht, plat nomornya pun akan dirubah. Plat nomor yang digunakan oleh militer dan pemerintahan Jerman dalam Perang Dunia II adalah: WH = Wehrmacht Heer (Angkatan Darat), WM = Wehrmacht Marine (Angkatan Laut), WL = Wehrmacht Luftwaffe (Angkatan Udara), rune SS = Schutzstaffel, OT = Organization Todt, Pol = Polizei (Kepolisian), DR = Deutsche Reichsbahn (Jawatan Kereta Api), dan RP = Reichspost (Jawatan Pos)



Sumber :
Buku "Stalingrad Inferno: The Infantryman's War" karya Gordon Rottman dan Ronald Volstad

No comments: